Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

4 Hadits Tentang Pengendalian Diri Arab dan Latinnya

Daftar Isi [Tampil]

Mustafalan.com - Hadits tentang pengendalian diri. Menjadi orang yang terkontrol bukanlah hal yang mudah dilakukan. Sebab kita harus berusaha semaksimal mungkin untuk menjadi orang yang penyabar, pemaaf, dan mudah mengendalikan diri.

hadits tentang pengendalian diri

Pada kesempatan sebelumnya kami telah membagikan hadits tentang orang sabar, kami juga telah menginformasikan perihal hadits tentang pemaaf. Menjadi sabar dan pemaaf merupakan kunci agar kita bisa mengendalikan diri.

Dalam agama Islam, ketika kita berhasil mengendailkan diri akan ada banyak manfaat dan keutamaan yang bisa kita dapatkan. Salah satunya terhindar dari hal buruk, menjauhi dendam, dan mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Nabi Muhammad SAW pun menjelaskan agar kita turut berusaha mengendalikan diri, jangan mudah terpancing emosi. Hal tersebut telah banyak dijelaskan dalam hadits shahih tentang pengendalian diri yang akan kami tulis di bawah ini.

Kumpulan Hadits Tentang Pengendalian Diri

Di bawah ini ada beberapa daftar hadits dan dalil shahih tentang pengendalian diri, dirangkum dari berbagai sumber dan ditulis dalam bahasa Arab, latin, dan terjemahan Indonesia sesuai sunnah. Simak ulasan lengkapnya pada pembahasan berikut.

1. Orang Kuat

قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : لَيْسَ الشَّدِيدُ بِالصُّرَعَةِ ، إِنَّمَا الشَّدِيدُ الَّذِى يَمْلِكُ نَفْسَهُ عِنْدَ الْغَضَبِ

Artinya: “Rasulullah SAW bersabda : Bukanlah orang kuat itu yang (biasa menang) saat bertarung atau bergulat, tetapi orang kuat itu adalah yang (mampu) mengendalikan nafsunya ketika marah“ (HR. Bukhari, Muslim, Ahmad)

عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ رَضِيَ الله عَنْهُ أنَّ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى الله عَلَيْهِ وَ آلِهِ وَسَلَّم قَالَ (لَيْسَ الشَدِيْدُ بِالصُّرَعَةِ إِنَّمَا الشَّدِيْدُ الَّذِيْ يَمْلِكُ نَفْسَهُ عِنْدَ الغَضَبِ) متفق عليه

'an abii hurairata radhi allahu 'anhu anna rasulullahi shallallahu 'alaihi wa aalaihi wasallam, qaala ( Laisas syadiidu bish shur'ati innamaash shadiidul ladzi yamliku nafsahu 'indal ghadhab) Mutttafaqun 'alaih

Artinya : Dari Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda “Bukanlah orang yang kuat yang menang dalam pergulatan akan tetapi orang yang kuat ialah yang mampu menahan hawa nafsunya saat marah” (Mutttafaqun 'alaih)

2. Kontrol Diri

إِذَا غَضِبَ أَحَدُكُمْ فَلْيَسْكُتْ

Artinya : “Jika kalian marah, diamlah.” (HR. Ahmad dan Syuaib Al-Arnauth menilai Hasan lighairih).

لَا يَمُوتَنَّ أَحَدُكُمْ إِلَّا وَهُوَ يُحْسِنُ الظَّنَّ بِاللَّهِ عَزَّ وَجَلَّ

Artinya : "Janganlah salah satu diantara kalian mati, kecuali berprasangka baik terhadap Allah." (Muslim)

Kesimpulan
Demikian ulasan singkat mengenai daftar hadits nabi tentang pengendalian diri, hadits tentang pengendalian diri latin, hadits tentang kontrol diri (mujahadah an-nafs), hadits tentang prasangka baik latin, hadits tentang ukhuwah, hadits tentang persaudaraan, hadits tentang saudara sesama islam, ayat yang berhubungan dengan pengendalian diri, hadits tentang prasangka baik husnudzan.

Baca:

Posting Komentar untuk "4 Hadits Tentang Pengendalian Diri Arab dan Latinnya"