Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

6 Hadits Tentang Olahraga yang Dianjurkan Rasulullah SAW

Daftar Isi [Tampil]

Mustafalan.com - Hadits tentang olahraga. Setiap manusia tentu harus rajin berolahraga agar tubuhnya menjadi bugar dan tidak sakit-sakitan. Dengan berolahraga, kesehatan akan terjaga, imun terkendali, dan penyakit tidak akan mudah menyerang.

hadits tentang olahraga

Olahraga pun bermacam-macam jenisnya, bisa olahraga ringan dengan jogging, berenang, atau olahraga berat seperti sprint, main bulu tangkis, sepakbola, bersepeda, dan masih banyak lagi. Dan bagi muslim, tetap penting menjaga pakaiannya ketika berolahraga.

Jangan pernah menunjukkan aurat ketika berolahraga, terutama bagi wanita. Biasanya dalam kondisi tertentu, karena untuk kenyamanan, ada banyak yang mengabaikan hal tersebut. Berolahraga juga harus menjaga pandangan dari lawan jenis yang bukan mukhrimnya.

Masih banyak hal penting yang perlu diketahui tentang olahraga, dan kita bisa belajar dari kumpulan daftar bacaan lafadz hadits dan dalil shahih tentang olahraga. Selengkapnya Anda bisa langsung menyimak pembahasan di bawah ini.

Kumpulan Hadits Tentang Olahraga

Silahkan langsung saja tanpa banyak basa basi lagi, berikut ulasan lengkap tentang hadits dan dalil shahih tentang olahraga, keutamaan menjaga kesehatan dan mengolah tubuh agar bugar, dalam bacaan lafadz bahasa Arab, latin, beserta artinya.

1. Lari

Diceritakan oleh Aisyah RA: “Rasulullah SAW mendahuluiku, kemudian aku mendahului beliau, begitulah seterusnya. Hingga saat badanku sudah gemuk, kami pernah berlomba dan beliau yang memenangkan perlombaan itu. Kata beliau, “Kemenangan kali ini merupakan balasan atas kekalahan yang lalu.” (HR. Ahmad dan Abu Daud).

2. Panahan

Rasulullah bersabda : “Lemparlah panahmu itu, dan saya bersama kamu sekalian.” (HR. Bukhari).

Rasulullah bersabda : “Kamu harus belajar memanah, karena memanah itu termasuk sebaik-baik permainanmu.” (HR. Bazzar dan Thabrani).

Ibnu Umar mengatakan: “Sesungguhnya Rasulullah melaknat orang yang menjadikan sesuatu yang bernyawa sebagai sasaran memanah.” (HR. Bukhari dan Muslim).

3. Gulat

“Sesungguhnya Rasulullah gulat dengan Rukanah yang terkenal kekuatannya itu, kemudian ia berkata; Domba lawan domba. Kemudian Rasulullah bergulat dan beliau bersabda : Berjanjilah denganku untuk (melakukan gulat) lagi di lain waktu. Kemudian Rasulullah bergulat seraya bersabda: Berjanjilah denganku, lalu Rasulullah saw bergulat untuk ketiga kalinya. Kemudian orang itu bertanya; apa yang harus saya katakan kepada keluargaku? Rasulullah saw menjawab: Katakan “domba telah dimakan oleh serigala, dan seekor dombapun lari.” Kemudian apa pula yang saya katakan untuk yang ketiga? Rasulullah saw menjawab : Kami tidak dapat mengalahkan kamu untuk bergulat karena itu ambillah hadiahmu.” (HR. Abu Daud).

4. Berkuda

“Sesungguhnya Rasulullah pernah mengadakan pacuan kuda dan memberi hadiah kepada pemenangnya.” (HR. Muslim).

Dalam riwayat Ibnu Majah: “Setiap hal yang melalaikan seorang Muslim hukumnya batil kecuali memanah dengan busur, melatih kuda, dan canda dengan istri.”

5. Berenang

Rasulullah SAW bersabda: “Ajarilah anakmu (olahraga) berenang dan memanah ” (HR. Dailami).

6. Anggar

Diriwayatkan oleh Abu Hurairah RA, ia berkata : “Ketika orang-orang Habasyah sedang bermain anggar di hadapan Nabi , tiba-tiba Umar masuk kemudian mengambil kerikil dan melemparkannya kepada mereka. kemudian Rasulullah berkata kepada Umar : Biarkanlah mereka itu, wahai Umar.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Kesimpulan
Sekian pembahasan singkat mengenai hadits tentang olahraga, hadits tentang menjaga kesehatan, hadits olahraga sunnah, hadits tentang berenang, hadits shahih tentang memanah berkuda dan berenang, hadits tentang kesehatan, olahraga rasulullah, ayat al-qur'an tentang kesehatan.

Baca: