Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

12 Hadits Tentang Kesehatan dan Kebersihan

Daftar Isi [Tampil]

Mustafalan.com - Hadits tentang kesehatan. Allah SWT menganjurkan umatnya untuk menjalani setiap hari dengan baik dan maksimal, tentu saja kita membutuhkan kesehatan dan tubuh yang prima untuk bisa memperoleh hal ini.

hadits tentang kesehatan

Kesehatan, sebuah hal yang sangat sulit ditemukan bila kita hanya bermalas-malasan. Kerjanya tidur makan dan bermain saja. Tanpa olahraga, pola makan yang baik dan cukup gizi, kesehatan tampaknya bukan sesuatu yang bisa kita raih.

Nabi Muhammad SAW pun juga menganjurkan kita untuk hidup sehat. Pasalnya ada banyak keutamaan jika kita bisa hidup dengan tubuh yang tanpa penyakit, salah satunya bisa tetap beribadah kepada Allah SWT dengan khusyuk.

Hal tersebut juga telah banyak dibahas dan dijelaskan dalam hadits dan dalil shahih tentang kesehatan. Bagi yang belum mengetahuinya, Anda bisa menyimak kumpulan hadits tentang menjaga kesehatan yang penting dan shahih berikut ini.

Kumpulan Hadits Tentang Kesehatan

Silahkan langsung saja simak ulasan lengkap mengenai daftar hadits dan dalil shahih tentang kesehatan, Anda bisa langsung menyimak ulasan lengkapnya pada pembahasan berikut dalam bacaan lafadz bahasa Arab, latin, dan terjemahan Indonesia.

1. Kesehatan Perkara Penting

نعمتان مغبون فيهما كثير من الناس الصحة والفراغ

“Dua kenikmatan yang sering dilupakan oleh kebanyakan manusia adalah kesehatan dan waktu luang.” (HR. Al-Bukhari: 6412, at-Tirmidzi: 2304, Ibnu Majah: 4170)

ما ملأ آدمي وعاء شرا من بطن, بحسب ابن آدم أكلات يقمن صلبه, فإن كان لا محالة فثلث لطعامه, وثلث لشرابه, وثلث لنفسه

“Tidaklah anak Adam memenuhi wadah yang lebih buruk dari perut, cukup baginya beberapa suapan yang menegakkan tulang punggungnya, apabila tidak mampu maka sepertiga untuk makanannya, sepertiga untuk minumnya, dan sepertiga untuk nafasnya.” (HR. At-Tirmidzi: 2380, Ibnu Majah: 3349. Hadits ini dinyatakan shahih oleh Syaikh al-Albani)

كان رسول الله صلى الله عليه وسلم يأكل بثلاث أصابع ويلعق يده قبل أن يمسحها

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam makan dengan tiga jari, dan beliau menjilatinya sebelum mencuci tangannya.” (HR. Muslim: 2032)

2. Anjuran Menjaga Kesehatan

Abu Malik Al-Ash`ari meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW mengatakan: “Kebersihan adalah sebagian dari iman (iman).“

Aisyah meriwayatkan bahwa Nabi SAW mengatakan, ” Siwak (ranting yang digunakan untuk menyikat gigi) membersihkan dan memurnikan mulut dan menyenangkan Tuhan.” (HR An-Nasa’i dan Ibn Khuzaimah; disahihkan oleh Al-Albani)

Abu Hurairah (semoga Allah senang dengan dia) melaporkan bahwa Rasulullah (saw) berkata, “Siwak membersihkan gigi dan ini menyenangkan Allah. Setiap kali Jibril mengunjungiku, dia menyuruhku menggunakan siwak, hingga aku pun khawatir bahwa menggunakan siwak diwajibkan. Seandainya tidak khawatir akan membebani (merepotkan) umatku, aku akan mewajibkannya.” (HR Bukhari dan Muslim)

Abu Hurairah meriwayatkan bahwa Nabi SAW mengatakan: “Ada lima macam fitrah , yaitu : khitan, mencukur bulu kemaluan, memotong kumis, memotong kuku, dan mencabut bulu ketiak.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Abu Dzarr melaporkan bahwa Nabi SAW mengatakan: “Barangsiapa mandi pada hari Jum’at lalu membaguskan mandinya, ia bersuci dan bagus dalam bersucinya, ia memakai pakaian yang terbaik yang dimilikinya, ia memakai wewangian keluarganya yang dia mampu, lalu mendatangi Jum’atan dan tidak berkata sia-sia, serta tidak memisahkan antara dua orang, akan diampuni (dosanya) antara hari itu dan Jum’at berikutnya.” (HR Ibnu Majah)

Nabi SAW pernah memberikan peringatan: “Takutlah terhadap dua perkara yang penuh laknat! Para sahabat bertanya, “Apa dua perkara laknat itu wahai Rasulullah ? » Rasul bersabda : « yaitu yang buang hajat di jalan umum atau di halaman mereka.”

Usamah ibn Sharik menceritakan: Saya datang kepada Nabi SAW dan para sahabatnya. Saya memberi hormat dan duduk. Orang-orang Arab gurun kemudian datang dari sana-sini. Mereka bertanya: Utusan Allah, haruskah kita menggunakan perawatan medis? Nabi SAW menjawab: “Manfaatkan perawatan medis, karena Allah tidak membuat penyakit tanpa menunjuk obat untuknya, dengan pengecualian satu penyakit, yaitu usia tua.” (HR Abu Dawud)

Abu Hurairah  meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW berkata, “Seorang mukmin yang kuat lebih baik dan lebih disukai Allah daripada yang lemah, dan keduanya baik. Tertarik mengejar apa yang menguntungkanmu, mencari bantuan hanya dari Allah, dan jangan menyerah. Jika ada sesuatu yang menimpamu, jangan katakan, ‘Seandainya aku melakukan sebaliknya.’ Alih-alih mengatakan, ‘Allah begitu bertekad dan melakukan apa yang Dia kehendaki,’ karena (kata) ‘seandainya’ itu membuka pintu bagi pekerjaan Setan.” (HR Bukhari)

Al-Miqdam meriwayatkan bahwa Nabi SAW mengatakan, “Tidak ada orang yang mengisi wadah yang lebih buruk dari perutnya. Beberapa potongan yang menjaga punggungnya tegak cukup untuknya. Jika dia harus, maka dia harus menyimpan sepertiga untuk makanan, sepertiga untuk minum dan sepertiga untuk bernafas.” (HR Ahmad dan At-Tirmidzi).

Kesimpulan
Demikian ulasan singkat mengenai daftar hadits nabi tentang kesehatan, hadits menjaga kesehatan, hadits shahih tentang kebersihan, hadits tentang olahraga, hadits tentang kebersihan sebagian dari iman, hadits tentang kebersihan bahasa arab, ayat al-qur'an tentang pola hidup sehat, hadis tentang kebersihan rumah, ayat al qur'an tentang kebersihan.

Baca:

Posting Komentar untuk "12 Hadits Tentang Kesehatan dan Kebersihan"