Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

6 Hadits Tentang Iman kepada Malaikat Beserta Artinya

Daftar Isi [Tampil]

Mustafalan.com - Hadits tentang iman kepada malaikat. Sebagai umat Islam, kita tidak hanya boleh beriman kepada Allah SWT. Dalam rukun iman dijelaskan bahwa ada 5 hal yang harus kita percayai dalam menjalani hidup ini.

hadits tentang iman kepada malaikat

Salah satunya adalah malaikat, keberadaannya yang mungkin belum kita lihat meski demikian kita harus mempercayainya. Sebab, di dalam Al-Quran dijelaskan ada banyak sekali malaikat di dunia ini, bahkan beberapa di antaranya sangat dekat dengan kita.

Misalnya malaikat Raqib dan Atid, yang tugasnya mencatat amal baik dan buruk manusia selama di bumi. Kemudian ada juga malaikat Munkar dan Nakir yang kelak akan kita temui di alam kubur. Selanjutnya ada Malik dan Ridwan yang menjaga neraka dan surga.

Nabi Muhammad SAW pun mengingatkan kita untuk selalu beriman kepada malaikat. Hal tersebut telah diriwayatkan dalam hadits dan dalil shahih tentang iman kepada malaikat. Anda bisa mengetahui hadits-hadits tersebut pada pembahasan di bawah ini.

Kumpulan Hadits Tentang Iman kepada Malaikat

Berikut di bawah ini merupakan kumpulan daftar hadits dan dalil shahih tentang iman kepada malaikat yang lengkap, shahih, dari Nabi Muhammad SAW, ditulis dengan menggunakan bahasa Arab, latin, dan terjemahan Indonesia.

1. Malaikat Diimani

قَالَ: فَأَخْبِرْنِي عَنِ اْلإِيْمَانِ قَالَ : أَنْ تُؤْمِنَ بِاللهِ وَمَلاَئِكَتِهِ وَكُتُبِهِ وَرُسُلِهِ وَالْيَوْمِ الآخِرِ وَتُؤْمِنَ بِالْقَدَرِ خَيْرِهِ وَشَرِّهِ .... . 

“Lalu beliau bersabda: Engkau beriman kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, rasul-rasul-Nya dan hari akhir dan engkau beriman kepada takdir yang baik maupun yang buruk.“ hadist tersebut menjelaskan tentang selurub rukun iman yang 6

2. Hukum Beriman pada Malaikat

أَنْ تُؤْمِنَ بِاللهِ وَمَلاَئِكَتِهِ وَكُتُبِهِ وَرُسُلِهِ وَالْيَوْمِ الآخِرِ وَتُؤْمِنَ بِالْقَدَرِ خَيْرِهِ وَشَرِّهِ

“Engkau beriman kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, rasul-rasul-Nya dan hari akhir dan engkau beriman kepada takdir yang baik maupun yang buruk“ (H.R. Muslim)

3. Sifat Malaikat

خُلِقَتِ الْمَلاَئِكَةُ مِنْ نُوْرٍ وَخُلِقَ الْجَانُّ مِنْ مَارِجٍ مِنْ نَارٍ وَخُلِقَ آدَمُ مِمَّا وُصِفَ لَكُمْ

“Malaikat diciptakan dari cahaya, jin diciptakan dari api, dan Adam diciptakan dari apa yang telah diceritakan pada kamu (tanah).” (HR. Muslim)

4. Ucapan Afdhal

عَنْ أَبِي ذَرٍّ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ سُئِلَ أَيُّ الْكَلَامِ أَفْضَلُ قَالَ مَا اصْطَفَى اللَّهُ لِمَلَائِكَتِهِ أَوْ لِعِبَادِهِ سُبْحَانَ اللَّهِ وَبِحَمْدِهِ

Dari abu Dzar ra. bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah ditanya, “Ucapan apa yang paling afdhal?” Rasul menjawab: “Ucapan yang paling afdhal adalah kata-kata yang telah dipilihkan oleh Allah untuk malaikat, ialah سُبْحَانَ اللهِ وَبِحَمْدِه ” (HR. Muslim).

5. Kewajiban Iman Terhadap Malaikat

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يَوْمًا بَارِزًا لِلنَّاسِ إِذْ أَتَاهُ رَجُلٌ يَمْشِي فَقَالَ يَا رَسُولَ اللَّهِ مَا الْإِيمَانُ قَالَ الْإِيمَانُ أَنْ تُؤْمِنَ بِاللَّهِ وَمَلَائِكَتِهِ وَكُتُبِهِ وَرُسُلِهِ وَلِقَائِهِ وَتُؤْمِنَ بِالْبَعْثِ الْآخِرِ

Dari Abu Hurairah radliallahu 'anhu bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Pada suatu hari Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam sedang berada bersama kami, lalu datanglah seorang laki-laki dengan berjalan kaki, lantas bertanya; "Wahai Rasulullah, apakah iman itu?" beliau menjawab: "Engkau beriman kepada Allah, malaikat-Nya, para Rasul-Nya, kitab-kitab-Nya, dan hari akhir." (H.R. Bukhari)

6. Penciptaan Malaikat

عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ خُلِقَتْ الْمَلَائِكَةُ مِنْ نُورٍ وَخُلِقَ الْجَانُّ مِنْ مَارِجٍ مِنْ نَارٍ وَخُلِقَ آدَمُ مِمَّا وُصِفَ لَكُمْ

Dari Aisyah berkata: Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa Salam bersabda: "Malaikat diciptakan dari cahaya, jin diciptakan dari api yang menyala-nyala dan Adam diciptakan dari sesuatu yang telah disebutkan (ciri-cirinya) untuk kalian." (HR. Muslim)

Kesimpulan
Demikian ulasan singkat mengenai daftar hadits nabi tentang iman kepada malaikat, hadits shahih tentang malaikat, dalil tentang iman kepada malaikat, rukun iman kepada malaikat, bukti keimanan kepada malaikat, pendapat ulama tentang malaikat, hikmah beriman kepada malaikat, dalil naqli beriman kepada malaikat, beriman kepada malaikat pdf.

Baca:

Posting Komentar untuk "6 Hadits Tentang Iman kepada Malaikat Beserta Artinya"