Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

4 Hadits Tentang Keindahan Alam Ciptaan Allah SWT

Daftar Isi [Tampil]

Mustafalan.com - Hadits tentang keindahan alam. Indonesia memiliki alam yang begitu indah, dan ingat itu merupakan nikmat Allah SWT yang patut kita syukuri. Beragam laut biru dan ikan-ikan di dalamnya, serta pegunungan hijau lengkap dengan faunanya, membuat Indonesia begitu indah.

hadits tentang keindahan alam

Namun keindahan alam tersebut tak hanya dimiliki Indonesia saja. Di Eropa, Jepang, Amerika, China, India, Arab, dan masih banyak negara di dunia ini yang tak kalah memiliki keindahan alam menakjubkan ciptaan Allah SWT semata.

Sebagai seorang manusia, tentu kita harus bersyukur diberi kesempatan untuk melihat karya ciptaan-Nya yang luar biasa. Kemudian sebagai khalifah di muka bumi, kita bertugas menjaganya, bukan merusaknya demi egoisme pribadi.

Nah pada kesempatan ini, kami ingin membagikan sejumlah kumpulan hadits dan dalil shahih tentang keindahan alam yang ada di Indonesia. Anda bisa menyimak ulasan lengkapnya dalam pembahasan di bawah berikut ini.

Kumpulan Hadits Tentang Keindahan Alam

Tanpa banyak basa basi, langsung saja silahkan simak ulasan lengkap mengenai daftar hadits dan dalil shahih tentang keindahan alam di Indonesia dan dunia. Simak dalam bahasa Arab, latin, dan terjemahan Indonesia berikut ini.

1. Alam Harus Dijaga

إِنَّ اللهَ يُحِبُ أَنْ يُرَى أَثَرُ نِعْمَتِهِ عَلىَ عَبْدِهِ

" Sesungguhnya Allah suka melihat (tampaknya) bekas nikmat (yang dilimpahkan-Nya) kepada hamba-Nya."   (HR. At-Tirmidzi & Al Hakim)

مَنْ أَحْيى أَرْضًا مَيِّتَةً فَهِيَ لَهُ

"Barangsiapa menghidupkan bumi yang mati maka (bumi) itu menjadi miliknya." (HR. Tirmidzi)

2. Alam Ciptaan Allah SWT

أَنَّ الْمَاءَ خُلِقَ قَبْلَ الْعَرْشِ

“Sesungguhnya air diciptakan sebelum arasy” (H.R. Ahmad dan at-Tirmidzi)

عَنِ بْنِ عَبَّاسٍ قَالَ قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صلى الله عليه وسلم إِنَّ أَوَّلَ مَا خَلَقَ اللَّهُ تعالى الْقَلَمُ وَالْحُوْتُ قَالَ مَا أَكْتُبُ قَالَ كُلَ شَيْءٍ كَانَ إِلَى يَوْمِ الْقِيَامَةِ ثُمَّ قَرَأَ ن وَالْقَلَمِ فَالنُّوْنُ الْحُوْتُ وَالْقَلَمُ القَلَمُ

Dari Ibnu Abas, ia berkata, “Rasulullah saw. Bersabda, ‘Awal makhluk yang Allah swt. Ciptakan adalah pena dan ikan, (lalu Dia berkata kepada pena, ‘Tulislah.’) Pena berkata, ‘Apa yang aku tulis?’ Allah berkata, ‘Segala sesuatu yang terjadi hingga hari kiamat’ Lalu Nabi membaca: Nun wal qalam. Nun adalah ikan, dan al-Qalam adalah pena.” (H.R. H.r. At-Thabrani, al-Mu’jamul Kabir, XI: 433, hadis No. 12.227)

Kesimpulan
Sekian pembahasan mengenai hadits tentang keindahan alam, doa melihat keindahan ciptaan allah, ayat al-qur'an tentang keindahan alam, ayat alkitab tentang keindahan alam, hadits tentang keindahan pantai, ayat alquran tentang kebesaran allah swt, ayat al-qur'an tentang keindahan langit, keindahan alam ciptaan allah, ayat al-qur'an tentang keindahan gunung.

Baca: