Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

5 Hadits Tentang Kelahiran Imam Mahdi

Daftar Isi [Tampil]

Mustafalan.com - Hadits tentang imam mahdi. Seluruh umat Islam mengetahui, bahwa imam mahdi merupakan sosok muslim berusia muda yang akan dipilih oleh Allah SWT untuk menghancurkan segala kezaliman dan menegakkan keadilan di muka bumi ini.

hadits tentang imam mahdi

Kemunculannya akan datang sebelum hari kiamat, dikatakan bahwa kala itu umat muslim sedang banyak yang melupakan Islam, agama Allah SWT dan memperbanyak larangan-Nya. Imam mahdi menjadi pemimpin yang jujur dan adil menggunakan harta kekayaannya untuk kemajuan umat.

Imam mahdi sebenarnya bukan nama orang, melainkan gelar sebagaimana gelar khalifah, amirul mukmimin, dan sebagainya. Imam mahdi juga bisa dikatakan secara bebas bermakna pemimpin yang telah diberi petunjuk. Dalam bahasa Arab imam berarti pemimpin, sedangkan mahdi artinya orang yang mendapat petunjuk.

Dalma hadits yang diriwayatkan oleh Nabi Muhammad SAW, ia menjelaskan banyak hal mengenai imam mahdi yang mungkin belum kita ketahui. Mari kita mempelajari imam mahdi dengan membaca hadits-hadits shahih berikut.

Kumpulan Hadits Tentang Imam Mahdi

Tanpa banyak basa basi kembali, langsung saja silahkan simak kumpulan hadits dan dalil shahih tentang kemunculan dan kelahiran imam mahdi ditulis dalam bahasa Arab, latin, dan terjemahan Indonesia sesuai sunnah. Simak di bawah ini.

1. Kedatangan Imam Mahdi

Diriwayatkan oleh Ibnu Mas'ud RA, Rasulullah SAW bersabda.

لاَ تَذْهَبُ أَوْ لاَ تَنْقَضِى الدُّنْيَا حَتَّى يَمْلِكَ الْعَرَبَ رَجُلٌ مِنْ أَهْلِ بَيْتِى يُوَاطِئُ اسْمُهُ اسْمِى

Artinya,
"Dunia tidak akan hilang atau tidak akan lenyap hingga seseorang dari Ahlul Baitku menguasai bangsa Arab, namanya sama dengan namaku."

Sementara Abu Sa'id Al Khudri RA meriwayatkan sebagai berikut; Rasulullah SAW bersabda.

يَخْرُجُ فِيْ آخِرِ أُمَّتِـي الْمَهْدِيُّ؛ يُسْقِيْهِ اللهُ الْغَيْثَ، وَتُخْرِجُ اْلأَرْضُ نَبَاتَهَا، وَيُعْطِى الْمَالَ صِحَاحًا، وَتَكْثُرُ الْمَاشِيَةُ، وَتَعْظُمُ اْلأُمَّةُ، يَعِيْشُ سَبْعًا أَوْ ثَمَانِيًا (يَعْنِي: حِجَجًا).

Artinya,
“Pada akhir umatku akan keluar al-Mahdi. Allah menurunkan hujan kepadanya, bumi mengeluarkan tumbuhannya, harta akan dibagikan secara merata, binatang ternak melimpah dan umat menjadi mulia, dia akan hidup selama tujuh atau delapan (yakni, musim haji).

Rasulullah SAW bersabda sebagaimana yang diriwayatkan oleh Ummu Salamah RA sebagai berikut.

اَلْمَهْدِيُّ مِنْ عِتْرَتِيْ، مِنْ وَلَدِ فَاطِمَةَ.

Artinya,
"Al-Mahdi berasal dari Ahlul Baitku, dari keturunan Fathimah."

Rasulullah SAW juga bersabda bahwa;

مِنْ أَهْلِ بَيْتِى يُوَاطِئُ اسْمُهُ اسْمِى وَاسْمُ أَبِيهِ اسْمَ أَبِى

Artinya,
“Dia berasal dari keluargaku. Namanya (yaitu Muhammad) sama dengan namaku. Nama ayahnya (yaitu ‘Abdullah) pun sama dengan nama ayahku.”

2. Ciri Fisik Imam Mahdi

Diriwayatkan oleh Abu Sa'id al Khudri RA, Rasulullah SAW bersabda.

اَلْمَهْدِيُّ مِنِّي، أَجْلَى الْجَبْهَةِ، أَقْنَى اْلأَنْفِ، يَمْلأُ اْلأَرْضَ قِسْطًا وَعَدْلاً كَمَا مُلِئَتْ ظُلْمًا وَجُوْرًا، يَمْلِكُ سَبْعَ سِنِيْنَ.

Artinya,
"Al-Mahdi dari keturunanku, dahinya lebar, hidungnya mancung. Dia akan memenuhi bumi dengan keadilan, sebagaimana bumi telah dipenuhi dengan kezhaliman dan kelaliman sebelumnya. Dia akan berkuasa selama tujuh tahun."

Kesimpulan
Sekian pembahasan mengenai hadits tentang imam mahdi, kumpulan hadits tentang imam mahdi, hadith imam mahdi, hadits tentang nafsun zakiyah, hadits imam mahdi keturunan nabi muhammad, hadis imam mahdi, tanda kemunculan imam mahdi, imam mahdi memerintah selama, siapa imam mahdi menurut al quran.

Baca:

Posting Komentar untuk "5 Hadits Tentang Kelahiran Imam Mahdi"