Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

4 Hadits Tentang Bahaya Lisan Menyakiti Orang Lain

Daftar Isi [Tampil]

Mustafalan.com - Hadits tentang bahaya lisan. Lidah memang tak bertulang, namun ia bisa menyakiti siapa saja sampai menusuk ke hatinya yang paling dalam. Lidah merupakan senjata paling berbahaya di dunia ini.

hadits tentang bahaya lisan

Sehingga, kita harus menjaga lisan agar tidak salah ucap. Sekali saja kita tak berhati-hati, ucapan buruk yang menyakiti perasaan orang lain bisa saja terjadi. Melalui lisan pula, banyak pertikaian di antara manusia dimulai.

Seperti pertikaian antara sahabat karib, keluarga harmonis, suami dan istri yang saling mencintai, bahkan sesama muslim pun bisa pecah dan mengakibatkan perselisihan hingga pemutusan hubungan. Ini jelas bukan sebuah hal yang baik.

Masih ada banyak hal lain yang perlu diketahui muslim dan muslimah tentang bahaya lisan, sehingga di sini kami akan membagikan lafadz bacaan hadits tentang bahaya lisan. Silahkan simak ulasan selengkapnya di pembahasan ini.

Kumpulan Hadits Tentang Bahaya Lisan

Tanpa banyak basa basi kembali, langsung saja silahkan simak ulasan lengkap mengenai hadits dan dalil tentang bahaya lisan. Anda bisa menyimak ulasan lengkapnya dalam bahasa Arab, latin, dan terjemahan Indonesia sesuai sunnah.

1. Lisan dan Keselamatan

سلامة الإنسان في حفظ اللسان

"Keselamatan manusia tergantung pada kemampuannya menjaga lisan." (H.R. al-Bukhari).

2. Perbanyak Diam

عليك بطول الصمت فإنه مطردة الشيطان وعون لك علي أمردينك

"Hendaklah engkau lebih banyak diam, sebab diam dapat menyingkirkan setan dan menolongmu terhadap urusan agamamu." (H.R. Ahmad).

3. Jatuh dalam Neraka

إِنَّ الْعَبْدَ لَيَتَكَلَّمُ بِالْكَلِمَةِ، يَنْزِلُ بِهَا فِي النَّارِ أَبْعَدَ مَا بَيْنَ الْمَشْرِقِ وَالْمَغْرِبِ

"Sesungguhnya seorang hamba mengucapkan kalimat tanpa dipikirkan terlebih dahulu, dan karenanya dia terjatuh ke dalam neraka sejauh antara timur dan barat." (HR. Muslim no. 2988).

4. Jaminan Surga

مَنْ يَضْمَنَّ لِي مَابَيْنَ لِحْيَيْهِ وَمَا بَيْنَ رِجْلَيْهِ أَضْمَنْ لَهُ الْجَنَّةَ

"Barangsiapa bisa memberikan jaminan kepadaku (untuk menjaga) apa yang ada di antara dua janggutnya dan dua kakinya, maka kuberikan kepadanya jaminan masuk surga".

Kesimpulan
Sekian pembahasan mengenai hadits tentang bahaya lisan, cara menjaga lisan agar tidak menyakiti orang lain, hadits tentang lisan lebih tajam dari pedang, hadits menjaga lisan dan kemaluan, hadits menjaga lisan dan tangan, hadits berkata baik atau diam, hadits menjaga lisan agar tidak menyakiti orang lain, hadits jagalah lisanmu, kata bijak menjaga lisan.

Baca: