Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Hadits Tentang 3 Amalan yang Tidak Terputus Pahalanya

Daftar Isi [Tampil]

Mustafalan.com - Hadits tentang 3 amalan yang tidak terputus. Manusia tidak akan hidup selamanya di dunia, ia akan kekal di akhirat kelak setelah meninggal dunia. Namun, meski tidak lagi di dunia, manusia tetap bisa memberikan amalannya.

hadits tentang 3 amalan yang tidak terputus pahalanya

Ibarat sebuah investasi, ada beberapa amalan yang tidak akan terputus bahkan meski manusia telah tiada. Amalan tersebut bisa menjadi penambah pahala, pemberat amal timbangan dan menjadi bekal yang sangat berarti di akhirat kelak.

Amalan tersebut adalah sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan doa anak sholeh. Hal tersebut juga telah banyak dibahas dalam hadits dan dalil shahih, kerap diajarkan kepada anak-anak untuk selalu mengutamakan ketiga amalan tersebut.

Di sini, kami ingin memberikan atau menjelaskan mengenai amalan yang tidak terputus itu, dari hadits yang diriwayatkan oleh Nabi Muhammad SAW. Simak lebih jelas lafadz dan bacaan hadits shahih tersebut di bawah ini.

Kumpulan Hadits Tentang 3 Amalan yang Tidak Terputus

Tanpa banyak basa basi kembali, langsung saja silahkan simak ulasan lengkap mengenai daftar kumpulan hadits dan dalil shahih tentang 3 amalan yang tidak terputus dalam bahasa Arab, latin, dan artinya atau terjemahan Indonesia.

1. Sedekah Jariyah

إِذَا مَاتَ الْإِنْسَانُ انْقَطَعَ عَمَلُهُ إِلَّا مِنْ ثَلَاثَةٍ مِنْ صَدَقَةٍ جَارِيَةٍ وَعِلْمٍ يُنْتَفَعُ بِهِ وَوَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُو لَهُ

Artinya:
“Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara (yaitu): sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau do’a anak yang sholeh” (HR. Muslim no. 1631)

2. Ilmu yang Bermanfaat

"Barangsiapa membaca al-qur'an dan mengamalkannya maka kedua orang tuanya pada hari kiamat akan dipakaikan mahkota yang cahayanya lebih bagus daripada cahaya matahari menembus rumah-rumah di dunia." (HR. Abu Dawud dan al-Hakim dari Mu'adz bin Jabal. Shahih. Al- Matjarur-Rabih hlm. 524 nomor 1084).

3. Doa Anak Sholeh

Dari Abdullah bin Umar RA, Rasulullah SAW bersabda: "Keridhaan Allah bergantung kepada keridhaan kedua orangtua dan murka Allah juga bergantung kepada murka kedua orang tua." (HR At-Tirmidzi (no. 1900)).

Kesimpulan
Sekian pembahasan singkat mengenai hadits tentang 3 amalan yang tidak terputus, hadis 3 amalan tidak terputus, 3 amalan yang tidak terputus setelah meninggal dunia, hadits 3 perkara yang dibawa mati, pahala yang terus mengalir disebut, sebutkan 3 perkara apabila manusia sudah meninggal dunia, jika anak cucu adam meninggal maka terputuslah semua amalnya kecuali, amal jariyah, ilmu yang bermanfaat, sedekah jariyah adalah.

Baca: