Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

3 Hadits Tentang Tolong Menolong Sesama Muslim

Daftar Isi [Tampil]

Mustafalan - Hadits tentang tolong-menolong. Tidak ada manusia yang memiliki kemampuan sempurna, bahkan Nabi Muhammad SAW sekalipun. Untuk itu setiap orang dianjurkan saling tolong menolong dalam berbagai kesempatan.

hadits tentang tolong menolong

Misalnya begini, ada orang yang bisa membuat baju, tapi tidak mampu menjualnya. Datanglah seorang distributor pakaian yang memasarkan pakaian. Ia menjualnya kepada orang yang tidak bisa membuat baju, dengan imbalan uang, dan uang tersebut diberikan kepada si pembuat baju.

Hubungan simbiosis mutualisme ini juga berlaku dalam banyak hal di kehidupan ini. Makanya, kita tidak boleh apatis terhadap kehadiran orang lain. Kita harus bersikap ramah, terbuka, dan menjalin tali silaturahmi yang baik dengan mereka.

Di sini, kami ingin membagikan beberapa daftar hadits dan dalil shahih tentang tolong-menolong. Semoga dengan adanya hadits ini kita bisa saling tolong menolong dan mengesampingkan sifat dendam, benci, atau dusta.

Kumpulan Hadits Tentang Tolong-menolong

Langsung saja tanpa banyak basa basi kembali, silahkan simak kumpulan daftar hadits dan dalil shahih tentang tolong-menolong. Simak ulasan lengkapnya pada pembahasan berikut ini dalam bahasa Arab, latin, beserta artinya.

1. Saling Menolong

أَنَّ عَبْدَ اللَّهِ بْنَ عُمَرَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا أَخْبَرَهُ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ الْمُسْلِمُ أَخُو الْمُسْلِمِ لاَ يَظْلِمُهُ وَلاَ يُسْلِمُهُ وَمَنْ كَانَ فِي حَاجَةِ أَخِيهِ كَانَ اللَّهُ فِي حَاجَتِهِ وَمَنْ فَرَّجَ عَنْ مُسْلِمٍ كُرْبَةً فَرَّجَ اللَّهُ عَنْهُ كُرْبَةً مِنْ كُرُبَاتِ يَوْمِ الْقِيَامَةِ وَمَنْ سَتَرَ مُسْلِمًا سَتَرَهُ اللَّهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ  رواه البخاري 

Bahwasanya Abdullah bin Umar r.a. mengabarkan, bahwa Rasulullah saw. bersabda: ” Muslim yang satu adalah saudara muslim yang lain; oleh karena itu ia tidak boleh menganiaya dan mendiamkannya. Barang siapa memperhatikan kepentingan saudaranya, maka Allah akan memperhatikan kepentingannya. Barang siapa membantu kesulitan seorang muslim, maka Allah akan membantu kesulitannya dari beberapa kesulitannya nanti pada hari kiamat. Dan barang siapa menutupi (aib) seorang muslim, maka Allah akan menutupi (aib)nya pada hari kiamat ” . (HR. Bukhari)

الْمُؤْمِنُ لِلْمُؤْمِنِ كَالْبُنْيَانِ يَشُدُّ بَعْضُهُ بَعْضًا وَشَبَّكَ بَيْنَ أَصَابِعِه  . صحيح البخاري

Artinya:"Mukmin yang satu dengan yang lainnya bagaikan sebuah bangunan yang saling  memperkuat antara sebagian dengan sebagian yang lainnya. (Rasulullah SAW. sambil memasukkan jari-jari tangan ke sela jari- jari lainnya) (HR. Bukhari)

2. Menolong Secara Ikhlas

مَنْ نَفَّسَ عَنْ مُؤْمِنٍ كُرْبَةً مِنْ كُرَابِ الدُّنْياَ نَفْسَ اللهُ عَنْهُ كُرْبَةً مِنْ كُرَابِ يَوْمِ اْلقِيَامَةِ وَمَنْ   يَسَّرَ عَلَى مُعْسِرٍ يَسَّرَ اللهُ عَلَيْهِ فِى الدُّنْيَا وَالْاَخِرَةِ وَمَنْ سَتَرَ مُسْلِمًا سَتَرَهُ اللهُ فِى الدُّنْيَا   وَالْاَخِرَةِ وَاللهُ فِى عَوْنِ الْعَبْدِ مَا كَانَ اْلعَبْدُ فِى عَوْنِ اَخِيهِ. رَوَاهُ مُسْلِمٌ عَنْ اَبِى هُرَيْرَةَ

"Barang siapa melapangkan seorang mukmin dari satu kesusahan dunia, Allah akan melapangkannya dari salah satu  kesusahan di hari kiamat. Barang siapa meringankan penderitaan seseorang, Allah akan meringankan penderitaannya di dunia dan akhirat. Barang siapa menutupi (aib) seorang muslim, Allah akan menutupi (aib)nya di dunia dan akhirat. Allah akan menolong seorang hamba selama hamba itu mau menolong saudaranya." (HR. Muslim dari Abu Hurairah).

Kesimpulan
Demikian pembahasan singkat mengenai hadits tentang tolong-menolong, contoh tolong menolong, hadits tentang tolong menolong diriwayatkan oleh, manfaat tolong menolong, pengertian tolong menolong dalam islam, hadits meringankan beban orang lain, hadits tolong menolong latin, membantu orang lain dalam islam, ayat al-qur'an tentang menolong orang lain.

Baca: