Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

2 Hadits Tentang Toleransi Umat Beragama

Daftar Isi [Tampil]

Mustafalan.com - Hadits tentang toleransi. Islam lahir sekitar 1.400 tahun yang lalu. Namun sebelum itu, banyak agama dan kepercayaan lahir terlebih dahulu. Sebut saja Budha, Hindu, Kristen, Katolik, dan Kong Hu Chu.

hadits tentang toleransi

Di Indonesia, bahkan tidak hanya dikenal satu agama saja, melainkan begitu beragam. Keanekaragaman inilah yang membuat Indonesia menjadi indah, apalagi jika ditambah dengan dukungan toleransi antarumat beragama di Indonesia.

Toleransi ialah sikap saling menghargai. Dalam Al-Quran dijelaskan bahwa agamaku agamaku, agamamu agamamu. Artinya, agama kita adalah urusan kita, dan agama orang lain adalah urusan orang lain. Kita tidak boleh ikut campur dalam urusan agama lain.

Dalam hadits juga banyak dijelaskan bahwa toleransi itu sangat diperlukan. Ada banyak manfaat, fadhilah, keutamaan, dan keuntungan jika bertoleransi di Tanah Air. Untuk lebih jelasnya, di sini kami akan membagikan daftar hadits tentang toleransi.

Daftar Hadits Tentang Toleransi

Tanpa banyak basa basi kembali, langsung saja silahkan simak ulasan lengkapm mengenai daftar hadits tentang toleransi. Simak dalam bahasa Arab, teks latin, dan terjemahan bahasa Indonesia di bawah ini dengan lengkap.

1. Toleransi dan Mencintai

عَنْ أَنَسٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ أَنَّ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: وَالَّذِى نَفْسِى بِيَدِهِ لَا يُؤْمِنُ عَبْدٌ حَتَّى يُحِبَّ لِجَارِهِ مَا يُحِبُّ لِنَفْسِهِ - أَخْرَجَهُ مُسْلِمٌ وَ أَبُو يَعْلَى

Artinya:
Dari Anas bin Malik RA, sesungguhnya Rasulullah SAW bersabda, “Demi (Allah) yang nyawaku di tangan - Nya, tidaklah beriman seorang hamba sehingga dia mencintai tetangganya sebagaimana dia mencintai dirinya sendiri.” (HR. Muslim dan Abu Ya’la: 2967).

2. Agama yang Toleran

حَدَّثَنِي يَزِيدُ، قَالَ: أَخْبَرَنَا مُحَمَّدُ بْنُ إِسْحَاقَ، عَنْ دَاوُدَ بْنِ الْحُصَيْنِ، عَنْ عِكْرِمَةَ، عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ: قِيلَ لِرَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: أَيُّ الْأَدْيَانِ أَحَبُّ إِلَى اللَّهِ؟ قَالَ: الْحَنِيفِيَّةُ السَّمْحَةُ

Artinya:
Yazid berkata; telah mengabarkan kepada kami Muhammad bin Ishaq dari Dawud bin Al Hushain dari Ikrimah  dari Ibnu ‘Abbas, ia berkata; Ditanyakan kepada Rasulullah Saw. “Agama  manakah yang paling dicintai oleh Allah?” maka beliau bersabda: “Al - Hanifiyyah As - Samhah (yang lurus lagi toleran)” (HR. Abu Daud)

Kesimpulan
Sekian pembahasan lengkap mengenai daftar hadits tentang toleransi, hadis tentang toleransi brainly, hadits tentang rukun, hadits tentang toleransi kerukunan dan menghindarkan diri dari tindak kekerasan, ayat al quran tentang toleransi, hadits tentang menghindarkan diri dari tindak kekerasan

Baca: