Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

7 Hadits Tentang Munafik Beserta Artinya

Daftar Isi [Tampil]

Mustafalan.com - Hadits tentang munafik. Pada kesempatan yang lalu kami telah menjelaskan beberapa hadits tentang dendam. Kemudian di sini, kami akan membagikan hadits mengenai munafik yang memiliki arti tak jauh berbeda.

hadits tentang munafik

Perlu diketahui, munafik adalah terminologi dalam agama Islam untuk merujuk pada mereka yang berpura-pura mengikuti ajaran agama Islam, tapi sebenarnya hati mereka memungkirinya. Berdasarkan hadits Nabi Muhammad SAW, ciri-ciri orang munafik ada tiga, yaitu bila berbicara dia berdusta, bila berjanji dia mengingkari, dan terakhir bila dipercaya maka ia akan berkhianat.

Tidak hanya dalam Islam saja, di kehidupan ini juga banyak contoh orang munafik lainnya. Dia mengaku A, tapi sebenarnya B, dia bilang punya C, tapi sebenarnya hanya punya D, itulah beberapa contoh bentuk munafik di kehidupan sehari-hari.

Munafik ini sangat dilarang oleh Allah SWT. Nabi Muhammad SAW pun demikian, dijelaskan dalam banyak hadits dan dalil shahih tentang munafik, ada banyak penjelasan yang menyebut bahwa munafik itu bukan perbuatan yang terpuji.

Daftar Hadits Tentang Munafik

Di sini kami akan membagikan kumpulan daftar hadits shahih tentang munafik. Anda bisa menyimak ulasan lengkapnya pada pembahasan di bawah dalam bahasa Arab, latin, dan teks terjemahan bahasa Indonesia atau artinya.

1. Buruknya Munafik

إِنَّ بَيْنَ الرَّجُلِ وَبَيْنَ الشِّرْكِ وَالكُفْرِ ، تَرْكَ الصَّلاَةِ

Artinya:
“Sesungguhnya batas antara seseorang dengan syirik dan kufur itu adalah meninggalkan shalat.” (HR. Muslim, no. 82)

Namun, Islam dibangun di atas kemudahan. Imam Syafii rahimahullah berkata dalam kitabnya Al-Umm,

إِذَا ضَاقَ الأَمْرُ اِتَّسَعَ

Artinya:
“Jika perkara itu sempit, maka jadilah lapang.” Artinya, jika ada kesulitan, pasti ada kemudahan dalam Islam.

2. Perubahan Orang Munafik

وَلَا يَضُرُّ تَغَيُّرٌ بِمُكْثٍ وَتُرَابٍ وَطُحْلُبٍ وَمَا فِي مَقَرِّهِ وَمَمَرِّهِ

Artinya:
“Perubahan air sebab diamnya air (dalam waktu lama), sebab debu, lumut, dan sebab sesuatu yang menetap dalam tempat menetapnya air dan tempat berjalannya air merupakan hal yang tidak dipermasalahkan” (Al-Muqaddimah Al-Hadhramiyyah fii Fiqh As-Saadah Asy-Syafi’iyyah, hlm. 53, Penerbit Darul Minhaj).

الْمَاءُ طَهُورٌ لاَ يُنَجِّسُهُ شَىْءٌ

Artinya:
“Air itu suci tidak ada yang dapat menajiskannya.” (HR. Abu Daud, no. 66; An-Nasa’i, no. 326; Tirmidzi, no. 66. Syaikh Al-Albani mengatakan bahwa hadits ini sahih).

3. Ciri-ciri Munafik

الحَدِيْثُ الثَّامِنُ وَالأَرْبَعُوْنَ
عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ عَمْرٍو رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا ، عَنِ النَّبيِّ – صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ – ، قَالَ : أَربعٌ مَنْ كُنَّ فِيْهِ كَانَ مُنَافِقاً ، وَإِنْ كَانَتْ خَصْلَةٌ مِنْهُنَّ فِيْهِ كَانَتْ فِيْهِ خَصْلَةٌ مِنَ النِّفاقِ حَتَّى يَدَعَهَا : مَنْ إِذَا حَدَّثَ كَذَبَ ، وَإِذَا وَعَدَ أَخْلَفَ ، وَإِذَا خَاصَمَ فَجَرَ ، وَإِذَا عَاهَدَ غَدَرَ  خَرَّجَهُ البُخَارِيُّ  وَمُسْلِمٌ

Artinya:
Dari ‘Abdullah bin ‘Amr radhiyallahu ‘anhuma, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda, “Ada empat tanda seseorang disebut munafik. Jika salah satu perangai itu ada, ia berarti punya watak munafik sampai ia meninggalkannya. Empat hal itu adalah: (1) jika berkata, berdusta; (2) jika berjanji, tidak menepati; (3) jika berdebat, ia berpaling dari kebenaran; (4) jika membuat perjanjian, ia melanggar perjanjian (mengkhianati).” (HR. Bukhari dan Muslim) [HR. Bukhari, no. 2459, 3178 dan Muslim, no. 58]

مِنْ عَلاَمَاتِ الْمُنَافِقِ ثَلاَثَةٌ إِذَا حَدَّثَ كَذَبَ وَإِذَا وَعَدَ أَخْلَفَ وَإِذَا ائْتُمِنَ خَانَ

Artinya:
“Di antara tanda munafik ada tiga: jika berbicara, berdusta; jika berjanji, tidak menepati; jika diberi amanat, berkhianat.” (HR. Muslim, no. 59)

آيَةُ الْمُنَافِقِ ثَلاَثٌ وَإِنْ صَامَ وَصَلَّى وَزَعَمَ أَنَّهُ مُسْلِمٌ

Artinya:
“Tanda munafik itu ada tiga, walaupun orang tersebut puasa dan mengerjakan shalat, lalu ia mengklaim dirinya muslim.” (HR. Muslim, no. 59)

Kesimpulan
Sekian pembahasan lengkap mengenai daftar hadits tentang munafik, hadits 4 ciri orang munafik, kumpulan hadits tentang orang munafik, hadits ciri-ciri orang munafik latin, hadits tentang orang munafik diriwayatkan oleh, 4 ciri-ciri orang munafik, hadits orang munafik arab, 3 ciri orang munafik, contoh orang munafik.

Baca: