Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

6 Hadits Tentang Maulid Nabi Muhammad SAW Singkat

Daftar Isi [Tampil]

Mustafalan.com - Hadits tentang maulid Nabi. Umat Islam sudah mengetahui, maulid Nabi adalah peringatan hari lahirnya Nabi Muhammad SAW yang jatuh pada setiap tanggal 12 Rabiul Awal penanggalan kalender hijriyah.

hadits tentang maulid nabi

Maulid atau maulud sendiri berasal dari bahasa Arab yang artinya hari lahir. Perayaan maulid Nabi merupakan tradisi panjang yang dilaksanakan jauh usai Rasulullah SAW wafat. Dalam peringatannya biasanya diselingi doa dan ceramah.

Kemudian dalam ceramah, biasanya ustadz kerap memberikan hadits dan dalil untuk memperkuat topik ceramahnya. Namun bagi orang yang ditunjuk menjadi penceramah maulid nabi, masih belum menemukan ide mau bicara soal apa besok.

Untuk itu pada kesempan ini kami ingin membagikan daftar kumpulan hadits dan dalil shahih tentang maulid Nabi di bawah ini. Simak ulasan lengkapnya pada pembahasan berikut.

Daftar Hadits Tentang Maulid Nabi

Langsung saja tanpa banyak basa basi kembali, silahkan simak kumpulan daftar hadits shahih dan dalil lengkap tentang maulid Nabi. Ditulis dalam bahasa Arab, latin, dan terjemahan Indonesia yang benar sebagai berikut.

1. Mengagungkan Kelahiran Nabi

قَالَ النَّبِيُّ صَلَّي اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: مَنْ عَظَّمَ مَوْلِدِي كُنْتُ شَفِيْعًا لَهُ يَوْمَ اْلقِيَامَةِ، وَمَنْ أَنْفَقَ دِرْهَمًا فِي مَوْلِدِي فَكَأَنَّمَا أَنْفَقَ جَبَلاً مِنْ ذَهَبٍ فِي سَبِيْلِ اللهِ.

Artinya: Nabi saw bersabda: “Barang siapa mengagungkan hari kelahiranku, niscaya aku akan memberi syafa’at kepadanya kelak pada hari kiamat. Dan barang siapa mendermakan satu dirham di dalam menghormati hari kelahiranku, maka seakan-akan dia telah mendermakan satu gunung emas di jalan Allah’.”

2. Berdusta Atas Nama Nabi

حَدَّثَنَا أَبُو نُعَيْمٍ حَدَّثَنَا سَعِيدُ بْنُ عُبَيْدٍ عَنْ عَلِيِّ بْنِ رَبِيعَةَ عَنْ الْمُغِيرَةِ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ سَمِعْتُ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ إِنَّ كَذِبًا عَلَيَّ لَيْسَ كَكَذِبٍ عَلَى أَحَدٍ مَنْ كَذَبَ عَلَيَّ مُتَعَمِّدًا فَلْيَتَبَوَّأْ مَقْعَدَهُ مِنْ النَّارِ

Artinya: Telah menceritakan kepada kami Abu Nu’aim telah menceritakan kepada kami Sa’id bin ‘Ubaid dari ‘Ali bin Rabi’ah dari Al Mughirah ra berkata; Aku mendengar Nabi saw bersabda: “Sesungguhnya berdusta kepadaku tidak sama dengan orang yang berdusta kepada orang lain. Barangsiapa yang berdusta atas namaku dengan sengaja maka hendaklah dia bersiap-siap mendapat tempat duduknya di neraka. “. (HR Imam al-Bukhari, hadits nomor – 1209)

3. Hadist dari Para Pecinta Maulid

Menurut para pencinta maulid, mereka menyatakan bahwa Abu Bakar pernah berkata:

من انفق درهما فى مولد النبى صلى الله عليه وسلم كان رفيقى فى الجنه

“Siapa yang menginfaqkan satu dirham dalam maulid Nabi Saw, maka ia akan menjadi pendampingku di surga.”

Masih menurut pecinta maulid, Umar bin al-Khattab juga mengungkapkan:

من عظم مولد النبى صلى الله عليه وسلم فقداحيا الا سلام

“Siapa yang mengagungkan Maulid Nabi Saw, maka ia benar-benar telah menghidupkan Islam.”

Masih menurut pecinta maulid, Usman bin Affan juga diklaim pernah mengatakan:

من انفق درهما فى فراءة مولد النبى صلى الله عليه وسلم فكأنما شهد يوم وقعة بدر و حنين

“Barang siapa yang menginfaqkan satu dirham untuk membaca maulid Nabi Saw, maka seakan akan ia syahid dalam perang Badar dan Hunain.”

Masih menurut pecinta maulid, selanjutnya nama Ali bin Abi Thalib yang dicatut pernah menyatakan:

من انفق درهما فى قراءة مولد النبى صلى الله عليه وسلم لا يخرج من الدنيا الا با لايمان

“Barang siapa mengagungkan maulid Nabi Saw, maka ia tidak akan meninggalkan dunia, kecuali dengan Iman.”

Kesimpulan
Sekian pembahasan lengkap mengenai daftar hadits tentang maulid nabi, hadits tentang nabi muhammad, ayat al-quran tentang kelahiran nabi muhammad, ayat alquran tentang maulid nabi, sejarah maulid nabi, hikmah maulid nabi, ayat al quran tentang nabi muhammad, ucapan maulid nabi.

Baca:

Posting Komentar untuk "6 Hadits Tentang Maulid Nabi Muhammad SAW Singkat"