Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

3 Hadits Tentang Menghargai dan Tepat Waktu

Daftar Isi [Tampil]

Mustafalan.com - Hadits tentang tepat waktu. Ada yang mengatakan bila ingin bekerja maka harus bangun pagi-pagi buta, biar rezekinya tidak dipatok ayam. Sebenarnya peribahasa tersebut tidak salah, justru memang benar.

hadits tentang tepat waktu

Ketika mungkin kita tengah tertidur, banyak orang di luar sana yang menggelar lapaknya mempersiapkan usaha atau berangkat kerja. Sementara di siang hari kita baru siap-siap, mungkin mereka telah mendapat banyak rezeki terlebih dahulu.

Itulah pentingnya tepat waktu. Dengan bekerja sesuai waktu yang ditentukan, niscaya Allah SWT juga akan memperlancar rezeki kita. Apalagi jika kita mengawali hari dengan sholat dhuha, pasti hari-hari yang dijalani akan menjadi semakin baik.

Di kesempatan yang indah ini kami ingin berbagi sedikit hadits dan dalil shahih yang diriwayatkan oleh sahabat Nabi Muhammad SAW hingga tokoh muslim terkenal dunia. Anda bisa menyimak ulasan lengkapnya di bawah berikut ini.

Kumpulan Hadits Tentang Tepat Waktu

Tanpa banyak basa basi kembali, langsung saja silahkan simak pembahasan lengkap mengenai daftar kumpulan hadits shahih tentang tepat waktu. Simak dalam bahasa Arab, latin, dan terjemahan Indonesia berikut ini.

1. Jangan Tertipu Waktu Luang

نِعْمَتَانِ مَغْبُوْنٌ فِيْهِمَا كَثِيْرٌ مِنَ النَّاسِ: الصِّحَّةُ وَالفَرَاغُ

Artinya:
"Dua nikmat yang banyak manusia tertipu di dalam keduanya, yaitu nikmat sehat dan waktu luang." (HR. Bukhari, Tirmidzi dan Ibnu Majah).

2. Jaga Lima Perkara Sebelum Lima Perkara

اغْتَنِمْ خَمْسًا قَبْلَ خَمْسٍ: شَبَابَكَ قَبْلَ هَرَمِكَ، وَصِحَّتَكَ قَبْلَ سَقَمِكَ، وَغِنَاكَ قَبْلَ فَقْرِكَ، وَفَرَاغَكَ قَبْلَ شُغْلِكَ، وَحَيَاتِكَ قَبْلَ مَوْتِكَ

Artinya:
"Jagalah lima perkara sebelum (datang) lima perkara (lainnya). Mudamu sebelum masa tuamu, sehatmu sebelum sakitmu, kayamu sebelum miskinmu, waktu luangmu sebelum sibukmu dan hidupmu sebelum matimu." (HR Nasai dan Baihaqi).

3. Usia Nabi Muhammad

أَعْمَارُ أُمَّتِى مَا بَيْنَ السِّتِّينَ إِلَى السَّبْعِينَ وَأَقَلُّهُمْ مَنْ يَجُوزُ ذَلِكَ

Artinya:
"Usia umatku (Muslim) antara 60 hingga 70 tahun, dan sedikit sekali dari mereka yang melewatinya." (HR Ibnu Majah dan Tirmidzi).

Kesimpulan
Sekian pembahasan singkat mengenai hadits tentang tepat waktu, ayat dan hadits tentang menghargai waktu, hadits keutamaan shalat tepat waktu, ayat al-qur'an tentang memanfaatkan waktu, menghargai waktu dalam islam, ayat alkitab tentang menghargai waktu, hadits memanfaatkan waktu, hadits tentang waktu luang, manfaat menghargai waktu.

Baca: