Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

7 Hadits dan Dalil Tentang Kuasa Allah

Daftar Isi [Tampil]

Mustafalan.com - Hadits tentang kuasa Allah SWT. Perlu diketahui bahwa apa yang terjadi di dunia ini semuanya adalah atas kehendak Allah SWT. Kita mungkin memiliki rencana, namun Allah SWT lah yang memiliki kuasa menentukan apa yang terjadi.

hadits tentang kuasa allah

Kadang mungkin kita beranggapan bahwa rencana kita adalah yang terbaik, sehingga ketika tidak terwujud sesuai harapan kita menyalahkan-Nya. Padahal, rencana Allah SWT lebih baik dibanding apa yang kita sadari.

Untuk itu, selalu bersyukurlah seperti dalam doa mensyukuri nikmat rezeki atau dengan menunaikan ibadah sholat dhuha di pagi hari. Insyaallah dengan bersyukur, kuasa yang Allah SWT berikan kepada kita akan baik-baik.

Penjelasan lengkap mengenai kuasa Allah SWT dapat Anda temui di dalam hadits-hadits shahih serta dalil yang akan kami bagikan di kesempatan ini. Tanpa banyak basa basi lagi, langsung saja simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Daftar Hadits Tentang Kuasa Allah SWT

Berikut adalah kumpulan daftar hadist dan dalil shahih tentang kuasa Allah SWT yang luar biasa, tiada duanya. Hadits shahih ditulis dalam bahasa Arab, latin, dan terjemahan Indonesia atau artinya.

1. Kebesaran dan Kekuasaan Allah

 الْخَلْقَ كَتَبَ فِي كِتَابِهِ فَهُوَ عِنْدَهُ فَوْقَ الْعَرْشِ إِنَّ رَحْمَتِي تَغْلِبُ غَضَبِي (رواه المسلم)

Artinya:
Dari Abu Hurairah ra. “Bahwa Nabi Saw bersabda: Ketika Allah SWTmenyelesaikan ciptaan, dia memutuskan dalam ketetapannya atas diri-Nya sehingga keputusan itu ada disisi-Nya: Sesungguhnya rahmatKu akan mengatasi/mengalahkan amarah-Ku “( HR Imam Muslim)

عَنْ أَبِي هُرَيْرَ  رضى  الله  عنه عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ قال  اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ
سَبَقَتْ رَحْمَتِي غَضَبِي )رواه البخاري(

Artinya:
Dari Abu Hurairah ra. Rasulullah  saw telah bersabda tentang sesuatu yang telah diriwayatkan dari Tuhannya (Alla SWT): ” Rahmadku mendahului kemarahanKu”. (HR. Bukhari)

2. Kuasa-Nya itu Nyata

عَنْ عِمْرَانَ بْنِ حُصَيْنٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَاقال قال رسول الله صلى الله وعليه وسلم كان الله ولم يكن شيئ غيره وكان عرشه على الماء وكتب في الذكر كل شيئ (رواه البخارى)

Artinya:
Dari Imran bin husain semoga Allah meridhai keduanyaRasulullah Saw bersabda : Allah ada dan tidak sesuatupun selainNya dan tidak ada sesuatupun sebelumnya di atas air, kemudian dia menciptakan langit dan bumi dan ditetapkannya segala sesuatu dalam kitabnya (HR Bukhari)

عَنْ عَبْدِ اللَّهِ قَالَ حَدَّثَنَا رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَهُوَ الصَّادِقُ الْمُصَدَّقُ إِنَّ أَحَدَكُمْ يُجْمَعُ خَلْقُهُ فِي بَطْنِ أُمِّهِ فِي أَرْبَعِينَ يَوْمًا ثُمَّ يَكُونُ عَلَقَةً مِثْلَ ذَلِكَ ثُمَّ يَكُونُ مُضْغَةً مِثْلَ ذَلِكَ ثُمَّ يُرْسَلُ إِلَيْهِ الْمَلَكُ فَيَنْفُخُ فِيهِ الرُّوحَ وَيُؤْمَرُ بِأَرْبَعِ كَلِمَاتٍ رِزْقِهِ وَأَجَلِهِ وَعَمَلِهِ وَشَقِيٌّ أَمْ سَعِيدٌ فَوَالَّذِي لَا إِلَهَ غَيْرُهُ إِنَّ أَحَدَكُمْ لَيَعْمَلُ بِعَمَلِ أَهْلِ الْجَنَّةِ حَتَّى مَا يَكُونُ بَيْنَهُ وَبَيْنَهَا إِلَّا ذِرَاعٌ فَيَسْبِقُ عَلَيْهِ الْكِتَابُ فَيُخْتَمُ لَهُ بِعَمَلِ أَهْلِ النَّارِ فَيَدْخُلُهَا وَإِنَّ الرَّجُلَ لَيَعْمَلُ بِعَمَلِ أَهْلِ النَّارِ حَتَّى مَا يَكُونُ بَيْنَهُ وَبَيْنَهَا إِلَّا ذِرَاعٌ فَيَسْبِقُ عَلَيْهِ الْكِتَابُ فَيُخْتَمُ لَهُ بِعَمَلِ أَهْلِ الْجَنَّةِ فَيَدْخُلُهَا (رواه أحمد)

Artinya:
Dari Abdullah bin Masud ra ia berkata : telah menceritakan kepada kami rasulullah Saw seorang yang selalu benar dan dibenarkan, sesungguhnya seseorang kamu dikumpulkan kejadiannya dalam rahim ibunya selama 40 hari kemudian menjadi khalaqah, kemudian menjadi mudghah, kemudian diutuslah malaikat kemudian ditiupkan roh kepadanya dan diperintahkannya  kepada mereka menuliskan  empat  hal  rezkinya, ajalnya, amalnya, dan celaka atau bahagia. Demi Allah yang tiada Tuhan selain Dia sungguh seorang  kalian benar-benar telah beramal dengan penghuni surga sampai antara ia dan surga itu hanya satu hasta, kemudian disampaikan  kepada kitab (takdirnya), maka beramal dengan amalan  penghuni  neraka maka ia akan masuk neraka, sungguh seorang kalian benar-benar  telah beramal dengan amal penghuni neraka sampai antara dia dan penghuni neraka satu hasta, kemudian disampaikan kepadanya kitab (takdirnya) maka ia beramal dengan amal penghuni surga maka ia akan masuk surga itu. (HR. Bukhari Muslim)

3. Kuasa Allah SWT yang Terbaik

عن ابن عمر رضي الله عنه قال : قال رسول الله صلى االله وعليه وسلم : تفكروا فى خلق الله ولا تفكروا فى الله فتهلكوا(روه البخاري)

Artinya:
“Dari Ibnu Umar semoga Allah meridhainya ia berkata : telah bersabda Rasulullah saw “Pikirkanlah olehmu  tentang ciptaan Allah SWT dan jangan kamu pikirkan tentang  zat Allah, maka binasalah kamu (HR. Imam Bukhari)

عن أبي هريرة رضي الله عنه قال : قال رسول الله صلى الله عليه و سلم قال الله عز وجل : الكبرياء ردائي والعظمة أزاري فمن نازعني واحدا منهما قذفته فى النار (رواه أبو داود)

Artinya:
Dari Abi Hurairah semoga Allah SWT meridhainya, Ia berkata : telah bersabda Rasulullah saw : Allah SWT berfirman : Sombong adalah pakaian-Ku, keagungan adalah sarung-Ku, siapapun yang menyaingi-Ku salah satu dari keduanya pasti Ku lempar ia ke neraka ( HR. Imam Abu Daud)

عن أبي سعيد الخليل بن أحمد القاضي قال رسول الله صلى الله وعليه وسلم  : من سره أن يكون أعز الناس فليتق الله ومن سره أن يكون أقوى الناس فليتوكل على الله ومن سره أن يكون أغنى الناس فليكن بما فى يد الله أوثق منه بما في يده

Artinya:
Bersabda Rasulullah saw “ Siapa  yang menyukai menjadi manusia yang paling mulia, maka hendaklah ia bertakwa kepada Allah SWT, siapa yang menyukai menjadi orang yang paling kuat, hendaklah ia bertawal  kepada Allah SWT, Siapa yang menyukai menjadi orang yang terkaya, maka hendaklah sesuatu yang menjadi kekuasaan Allah lebih ia percaya dari pada sesuatu yang ada ditangannya (HR. Imam Turmizi)

Kesimpulan
Sekian pembahasan dari kumpulan hadits tentang kuasa allah, kuasa allah adalah, contoh kuasa allah, contoh tanda kekuasaan allah, tanda kekuasaan allah dalam kehidupan manusia, ayat alquran tentang kebesaran allah swt, bukti kekuasaan allah dalam al quran, kuasa allah di dunia, bukti kebesaran allah swt di alam semesta.

Baca: