4 Hadits Tentang Kehamilan Arab Latin Artinya

Mustafalan.com – Hadist tentang kehamilan. Ketika seorang wanita hamil, itu akan menjadi kabar yang begitu menggembirakan. Sangat besar anugerah dari Allah SWT ini yang patut disyukuri melalui doa, sholat, dan amalan lainnya.

Pada saat menjalani kehamilan, tentu saja seorang wanita sebagai calon ibu harus memperhatikan janin yang ada di dalam kandungannya. Memperhatikan nutrisi, kesehatan, hingga yang lainnya. Ada banyak hadist dan dalil shahih yang menjelaskan tentang kehamilan.

Maka dari itu pada kesempatan ini kami akan menjelaskan berbagai hadist shahih tentang kehamilan. Semoga dapat menjadi acuan dan petunjuk para ibu ketika mengandung agar menjadi wanita muslimah yang lebih baik. Simak ulasannya di bawah ini.

Daftar Hadist Tentang Kehamilan

Di bawah ini ada kumpulan daftar hadist tentang kehamilan atau hamil. Ditulis dalam bahasa Arab, latin, dan terjemahan Indonesia atau artinya lengkap.

1. Mati Syahid

شهداء أمتي إذاً لقليل ، القتل في سبيل الله عز وجل شهادة ، والطاعون شهادة ، والغرق شهادة ، والبطن شهادة ، والنفساء يجرها ولدها بسرره إلى الجنة

Artinya:

“Berarti orang yang mati syahid di kalangan umatku cuma sedikit. Orang yang mati berjihad di jalan Allah, syahid, orang yang mati karena Tha’un, syahid. Orang yang mati tenggelam, syahid. Orang yang mati karena sakit perut, syahid. Dan wanita yang mati karena nifas, dia akan ditarik oleh anaknya menuju surga dengan tali pusarnya.” (HR. Ahmad dalam musnadnya 15998. Dan dinilai Shahih li Ghairih oleh Syuaib Al-Arnauth).

وَالمَرْأَةُ تَمُوتُ بِجُمعٍ شَهِيدة (رواه أبو داود،  رقم 3111،  و صححه النووي فى شرح مسلم 13/62)

Artinya:

“Dan wanita yang meninggal dunia karena melahirkan itu syahid.’ (HR. Abu Daud, 3111, dishahihkan oleh An-Nawawi di Syarh Muslim, 13/62)

2. Keutamaan Mengandung

إِنِّي أَصَبْتُ امْرَأَةً ذَاتَ حَسَبٍ وَجَمَالٍ ، وَإِنَّهَا لا تَلِدُ ؛ أَفَأَتَزَوَّجُهَا ؟ قَالَ : لا !!  ثُمَّ أَتَاهُ الثَّانِيَةَ فَنَهَاهُ .  ثُمَّ أَتَاهُ الثَّالِثَةَ فَقَالَ :  تَزَوَّجُوا الْوَدُودَ الْوَلُودَ فَإِنِّي مُكَاثِرٌ بِكُمْ الأُمَمَ  (رواه أبو داود، رقم 2050 والنسائى، رقم 3227 و صححه الألباني )

Artinya:

‘Saya mendapatkan seorang wanita yang kaya dan cantik. Akan tetapi dia tidak melahirkan (mandul). Apakah saya nikahi? (Beliau) menjawab; ‘Tidak.’ Kemudian ada orang kedua mendatanginya, kemudian beliau melarangnya. Kemudian datang orang ketiga, maka beliau bersabda: ‘Nikahilah (wanita) yang  mempunyai penuh kasih sayang dan yang banyak melahirkan. Karena sunguh Aku bangga dengan banyaknya kalian di hadapan umat-umat lain.’ (HR. Abu Daud, 2050, Nasa’i, 3227 dan dishahihkan oleh Al-Albany)

3. Ibu

جَاءَ رَجُلٌ إِلَى رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ :يَا رَسُوْلَ اللهِ، مَنْ أَحَقُّ النَّاسِ بِحُسْنِ صَحَابَتِي؟ قَالَ أُمُّكَ، قَالَ ثُمَّ مَنْ؟ قَالَ أُمُّكَ، قَالَ ثُمَّ مَنْ؟ قَالَ أُمُّكَ، قَالَ ثُمَّ مَنْ، قَالَ أَبُوْكَ

Artinya:

“Seseorang datang kepada Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam dan berkata, ‘Wahai Rasulullah, kepada siapakah aku harus berbakti pertama kali?’ Nabi shalallaahu ‘alaihi wasallam menjawab, ‘Ibumu!’ Dan orang tersebut kembali bertanya, ‘Kemudian siapa lagi?’ Nabi shalallaahu ‘alaihi wasallam menjawab, ‘Ibumu!’ Orang tersebut bertanya kembali, ‘Kemudian siapa lagi?’ Beliau menjawab, ‘Ibumu.’ Orang tersebut bertanya kembali, ‘Kemudian siapa lagi,’ Nabi shalallahu ‘alaihi wasallam menjawab, ‘Kemudian ayahmu.’” (HR. Bukhari 5971 dan Muslim  2548)

Kesimpulan

Demikian pembahasan daftar hadist tentang kehamilan, apa yang dirasakan ibu saat janin ditiupkan ruh, hadits tentang wanita hamil, ayat alquran tentang kehamilan, wanita hamil dijaga malaikat, kapan ruh ditiupkan pada janin menurut islam, ayat alquran tentang janin dalam kandungan, surat al-qur’an untuk 4 bulan kehamilan, cara menghitung syukuran 4 bulanan.

Baca:

Tinggalkan komentar