Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

4 Hadits Tentang Investasi Arab Latin Artinya

Daftar Isi [Tampil]

Mustafalan.com - Hadits tentang investasi. Investasi merupakan salah satu cara mendapatkan uang dengan cara yang cukup mudah. Caranya ialah dengan meletakkan sejumlah uang pada instrumen investasi kemudian menunggu nilai asetnya bertumbuh.

hadits tentang investasi

Namun dalam investasi Anda harus menentukan metode penilaian investasi yang tepat. Jangan sampai salah metode dan strategi membuat kita merugi, alhasil bukan keuntungan yang didapat melainkan kerugian karean salah langkah.

Lalu bagaimana sih pandangan Islam terhadap investasi? Ada yang mengatakan ini boleh dengan beberapa syarat, ada pula yang tegas menolak. Pada perkembangannya, muncul pula istilah investasi syariah, yaitu investasi yang mengikuti syariat Islam, apa bedanya?

Daripada bingung, pada kesempatan ini kami akan membagikan beberapa hadits shahih tentang investasi. Seperti diketahui, hadits adalah salah satu sumber hukum Islam yang dapat dijadikan petunjuk. Silahkan disimak.

Daftar Hadits Tentang Investasi

Berikut adalah kumpulan daftar hadist tentang investasi. Ditulis dalam bahasa Arab, latin, dan terjemahan Indonesia secara lengkap.

1. Penipuan

إِذَا بَايَعْتَ فَقُلْ لَا خِلَابَةَ

“Apabila kamu menjual, maka katakanlah:‘Tidak ada penipuan’.” (HR. Bukhari).

2. Penimbunan

وعن معمر بن عبد الله رضي الله عنه عن رسول الله صلي الله عليه وسلم لا يحتكر الا خاطئي )رواه مسلم(

“Tidaklah menimbun barang kecuali orang yang berdosa”. (HR. Muslim)

3. Kunci Gaib

عن ابن رعمر رضي الله عنهما عن الني صلي الله علبه وسلم انه قال مفاتيح الغيب خمس لا يعلمها الا الله لا يعلم ما تغيض الارحام الا الله ولا يعلم ما في غد الا الله ولا يعلم متي ياتي المطر حد الا الله ولاتدري نفس باي ارض تموت الا الله ولا يعلم متي تقوم الساعة الا الله  )رواه البخار(

“Kunci-kunci gaib ada 5 (lima) yang tidak seorang pun mengetahui kecuali Allah Shubahanahu wa ta’ala semata:
1. Tidak ada yang mengetahui apa yang akan terjadi pada hari esok kecuali Allah.
2. Tidak ada yang dapat mengetahui kapan terjadi hari kiamat kecuali Allah.
3. Tidak ada yang dapat mengetahui apa yang terjadi atau yang ada dalam kandungan rahim kecuali Allah.
4. Tidak ada yang dapat mengetahui kapan turunnya hujan kecuali Allah.
5. Tidak ada yang dapat mengetahui di bumi mana seseorang akan wafat. (HR. Bukhari)

4. Investasi Akhirat

إِذَا مَاتَ الْإِنْسَانُ انْقَطَعَ عَمَلُهُ إِلَّا مِنْ ثَلَاثَةٍ مِنْ صَدَقَةٍ جَارِيَةٍ وَعِلْمٍ يُنْتَفَعُ بِهِ وَوَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُو لَهُ) رواه مسلم(

”Apabila manusia mati, maka  terputuslah amalnya, kecuali tiga perkara yaitu, Sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat atau anak yang saleh yang mendoakannya.” (HR. Muslim)

Kesimpulan
Sekian pembahasan dari kumpulan hadits tentang investasi, hukum jual beli saham - ustadz erwandi, hukum investasi saham dalam islam, hukum reksadana erwandi, hukum trading forex erwandi, hukum investasi emas dalam islam, khalid basalamah saham, hukum investasi reksadana dalam islam, investasi syariah erwandi, investasi dalam islam pdf, deposito syariah.

Baca: