Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

6 Hadits Tentang Derajat Wanita Arab dan Artinya

Daftar Isi [Tampil]

Mustafalan.com - Hadits tentang derajat wanita. Dalam agama Islam, wanita memiliki derajat yang begitu istimewa. Ini tak lain disebabkan karena peran wanita yang begitu besar dalam kelangsungan hidup manusia.

hadits tentang derajat wanita

Tentu saja kita mengetahui bahwa wanita adalah pihak yang melahirkan anak. Nantinya anak ini akan berkembang menjadi hamba Allah SWT dan meneruskan agama Islam kepada anak cucunya terus menerus.

Nabi Muhammad SAW pernah ditanya oleh seorang sahabat, mana yang beliau pilih antara ibu dan ayah. Ia menjawab ibu sebanyak tiga kali, baru kemudian ayah. Ini membuktikan bahwa kedudukan wanita, ibu, atau perempuan begitu ebsar dalam Islam.

Dalam hadits pun dijelaskan betapa besarnya derajat wanita dalam agama Islam. Untuk lebih mengetahuinya, di sini kami akan membagikan daftar kumpulan hadits dan dalil shahih tentang derajat wanita secara lengkap.

Kumpulan Hadits Tentang Derajat Wanita

Berikut adalah kumpulan hadits tentang derajat wanita, perempuan, dan cewek dalam dunia dan agama Islam dibanding laki-laki. Simak dalam bahasa Arab, latin, dan hadits shahih lengkap.

1. Perempuan Shalihah adalah Perhiasan Dunia

“Dunia adalah perhiasan, dan sebaik-baik perhiasan dunia adalah istri yang salihah.” (HR. Muslim).

2. Perempuan Shalihah Lebih Baik dari Bidadari Surga

“Dalam hadits disebutkan, Rasulullah SAW bersabda, ‘Perempuan berjenis manusia asal dunia lebih utama daripada para bidadari surga 70.000 kali lipat.’”

3. Perempuan Diberi Pengecualian Khusus dalam Beribadah

“Siapa saja wanita yang mengalami haid, maka sakitnya haid yang mereka alami akan menjadi kafarah (tebusan) bagi dosa–dosanya yang terdahulu.”

4. Dapat Masuk Surga dari Pintu Manapun

“Jika seorang wanita menunaikan salat lima waktu, berpuasa di bulan Ramadan, menjaga kemaluannya, dan menaati suaminya; niscaya akan dikatakan padanya: ‘Masuklah ke dalam surga dari pintu mana pun yang kau mau.’” (HR. Ahmad).

5. Perempuan Hamil dan Melahirkan Setara Jihad

“Mati syahid ada 7 selain yang terbunuh di jalan Allah. Orang yang mati karena thaun, orang yang mati tenggelam, orang yang mati karena ada luka parah di dalam perutnya, orang yang mati sakit perut, orang yang mati terbakar, orang yang mati karena tertimpa benda keras, dan wanita yang mati, sementara ada janin dalam kandungannya.” (HR. Abu Daud 3111).

6. Derajat Ibu Lebih Tinggi Dibanding Ayah

“Seorang sahabat bertanya kepada Rasulullah: ‘Wahai Rasulullah, kepada siapakah seharusnya aku harus berbakti pertama kali?’. Rasulullah memberikan jawaban dengan ucapan ‘Ibumu’ sampai diulangi tiga kali, baru kemudian yang keempat Nabi mengatakan ‘Ayahmu’.” (HR. Bukhari no. 5971 dan Muslim no. 2548).

Kesimpulan
Sekian pembahasan singkat mengenai hadits tentang derajat wanita, hadits tentang wanita kuat, hadits tentang wanita sholehah, hadits tentang memuliakan wanita, hadits tentang wanita rumaysho, hadits tentang wanita terbaik, hadits tentang perasaan wanita, hadits menjaga kehormatan wanita, ayat alquran tentang kedudukan wanita.

Baca:

Posting Komentar untuk "6 Hadits Tentang Derajat Wanita Arab dan Artinya"