Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

6 Hadits Tentang Kewajiban Berjilbab bagi Wanita

Daftar Isi [Tampil]

Mustafalan.com - Hadits tentang berjilbab. Seperti diketahui umat muslimah diwajibkan untuk menjaga dan menutup aurat dari pandangan lawan jenis yang bukan muslim. Ada aturan mengenai batas pakaian wanita yang harus dipatuhi.

hadits tentang berjilbab

Salah satu bagian dari aurat wanita adalah rambut. Muslimah bisa menutupnya dengan menggunakan jilbab. Meski berjilbab ada banyak gaya agar bisa tetap tampil modis, misalnya seperti model kerudung pagar ayu dan model kerudung segi empat.

Mungkin masih banyak yang ingin belajar mengenai jilbab dan kewajiban menjaga aurat bagi seorang wanita Islam. Maka dari itu pada kesempatan ini kami ingin membagikan beberapa daftar kumpulan hadits shahih tentang berjilbab.

Di sini akan dijelaskan mengenai aturan dan larangan dalam berjilbab atau berkerudung. Apa poin-poin penting yang boleh dan tidak boleh dilakukan, serta bagaimana manfaat, faedah, keutamaan, dan keistimewaan menggunakan jilbab bagi perempuan muslimah.

Daftar Hadits Tentang Berjilbab

Tanpa banyak basa basi kembali langsung saja silahkan simak pembahasan lengkap mengenai daftar kumpulan hadits shahih tentang berjilbab. Anda bisa menyimak selengkapnya pada pembahasan di bawah berikut ini.

1. Alasan Wanita Berjilbab

ذَاقَ طَعْمَ الإِيماَنِ مَنْ رَضِيَ بالله رَباًّ وَبالإسْلامِ دِيْناً وَبِمُحَمَّدٍ رَسُوْلًا. 

“Sungguh akan merasakan manisnya iman, seseorang yang telah rela Allah sebagaiRabb, Islam sebagai agama, dan Muhammad sebagai Rasul utusan Allah”. [HR Muslim].

كُلُّ أُمَّتِي مُعَافىً إلاَّ المُجَاهِرُن.

“Setiap umatku (yang bersalah) akan dimaafkan, kecuali orang yang secara terang-terangan (berbuat maksiat)”. [Muttafaqun alaih].

نظرة فإبتسامة فسلام * فكلام فموعد فلقاء.

“Berawal dari pandangan lalu senyuman kemudian salam disusul pembicaraan lalu berakhir dengan janji dan pertemuan”.

2. Syarat Berjilbab

من لبس ثوب شهرة في الدنيا ألبسه الله ثوب مذلة يوم القيامة ثم ألهب فيه النار.

“Barangsiapa yang mengenakan pakaian kesombongan di dunia maka Allah akan mengenakan pakaian kehinaan nanti pada hari kiamat kemudian ia dibakar dalam Neraka”. [HR Abu Daud dan Ibnu Majah, dan hadits ini hasan]

أَيُّماَ امْرَأَةٍ اسْتَعْطَرَتْ فَمَرَّتْ عَليَ قَوْمٍ لِيَجِدوُا رِيْحَهَافهي زَانِيَةٌ. 

“Siapapun wanita yang mengenakan wewangian lalu melewati segolongan orang agar mereka mencium baunya, maka ia adalah wanita pezina”. [HR Abu Daud, Nasa’i dan Tirmidzi, dan hadits ini Hasan]

مَنْ تَشَبَّهَ بِقَوْمٍ فَهُوَ مِنْهُمْ.

“Barangsiapa yang menyerupai kaum maka dia termasuk bagian dari mereka”. [HR Ahmad dan Abu Daud]

Kesimpulan
Sekian pembahasan dari kumpulan hadits tentang berjilbab, hadits tentang berhijab yang benar, hadits tentang hijab, hadits tentang menutup aurat, kewajiban menutup aurat bagi wanita muslimah, hadits tentang hijab dan ayah, hadis sahih tentang menutup aurat, dalil tentang menutup aurat, ayat al qur'an tentang perintah berhijab.

Baca: