Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

5 Hadits Tentang Sakit dan Sabar Beserta Artinya

Daftar Isi [Tampil]

Mustafalan.com - Hadist shahih tentang sakit dan sabar. Setiap orang tentu tidak akan selamanya memiliki kekebalan tubuh yang baik. Ada kalanya imunitas menurun dan menyebabkan virus atau kuman bakteri masuk ke dalam tubuh.

hadits tentang sakit dan sabar

Hal tersebut menyebabkan tubuh melemah dan akhirnya menjadi sakit. Biasanya, kita dianjurkan minum obat dengan membaca doa minum obat sebagai pertolongan pertama. Namun jika penyakit tak kunjung sembuh sangat dianjurkan untuk berkonsultasi ke dokter.

Ketika sedang sakit, kita harus selalu berpikir optimis bahwa penyakit apapun bisa sembuh. Sebab kita memiliki dokter yang luar biasa, yakni Allah SWT. Dengan sabar dan selalu memanjatkan doa mohon kesembuhan penyakit, insyaallah penyakit akan sirna.

Ada banyak hadist yang menjelaskan tentang sakit dan kesabaran menunuggu kesembuhan. Di kesempatan ini, kami akan menjelaskan secara lengkap untuk Anda. Simak ulasannya pada pembahasan berikut ini.

Daftar Hadist Tentang Sakit dan Sabar

Tanpa banyak basa basi lagi, langsung saja silahkan simak pembahasan lengkap mengenai daftar kumpulan hadist shahih tentang sakit dan sabar. Simak dalam bahasa Arab, latin, dan terjemahan Indonesia lengkap berikut ini.

1. Sakit Penggugur Dosa

"Tidaklah seorang muslim tertimpa suatu penyakit dan sejenisnya, melainkan Allah akan mengugurkan bersamanya dosa-dosanya seperti pohon yang mengugurkan daun-daunnya". (HR. Bukhari no. 5660 dan Muslim no. 2571).

2. Sakit Penghapus Kesalahan

"Tidaklah seseorang muslim ditimpa keletihan, penyakit, kesusahan, kesedihan, gangguan, kegundah-gulanaan hingga duri yang menusuknya, melainkan Allah akan menghapuskan sebagian dari kesalahan-kesalahannya". (HR. Bukhari no. 5641).

3. Sakit Penghapus Dosa

"Tidaklah menimpa seorang mukmin rasa sakit yang terus menerus, kepayahan, penyakit, dan juga kesedihan, bahkan sampai kesusahan yang menyusahkannya, melainkan akan dihapuskan dengan dosa-dosanya". (HR. Muslim no. 2573).

4. Sakit Menghilangkan Kesalahan

"Bencana senantiasa menimpa orang mukmin dan mukminah pada dirinya, anaknya dan hartanya, sehingga ia berjumpa dengan Allah dalam keadaan tidak ada kesalahan pada dirinya". (HR. Tirmidzi no. 2399, Ahmad II/450, Al-Hakim I/346 dan IV/314, Ibnu Hibban no. 697, disahihkan Syeikh Albani dalam kitab Mawaaridizh Zham-aan no. 576).

5. Penyakit Menghapus Dosa

"Sesungguhnya Allah benar-benar akan menguji hamba-Nya dengan penyakit, sehingga ia menghapuskan setiap dosa darinya". (HR. Al-Hakim I/348, dishohihkan Syeikh Albani dalam kitab Shohih Jamiis Shoghirno.1870).

Kesimpulan
Sekian pembahasan singkat mengenai hadist shahih tentang sakit dan sabar, hadits pendek tentang sabar, hadist tentang sabar dan bersyukur, hadits allah bersama orang yang sabar, hadist tentang sabar dan ikhlas, hadist tentang sabar dalam cinta, hadist tentang sabar menghadapi cobaan, hadist tentang sabar tidak ada batasnya,dalil tentang sabar menghadapi ujian.

Baca:

Posting Komentar untuk "5 Hadits Tentang Sakit dan Sabar Beserta Artinya"