Kenapa Mobil Tidak Bisa Distarter?

Mobil yang tidak bisa distarter tentu menjadi masalah yang sangat menjengkelkan bagi pemiliknya. Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan mobil tidak bisa distarter. Berikut ini beberapa penyebab umum dan cara mengatasinya:

1. Aki Lemah atau Mati

Aki adalah sumber daya utama untuk menyalakan mesin mobil. Jika aki lemah atau mati, maka starter tidak akan berfungsi. Gejala aki lemah termasuk suara starter yang lemah atau bahkan tidak ada suara sama sekali ketika kunci diputar.

Solusi:

  • Cek Tegangan Aki: Gunakan multimeter untuk mengukur tegangan aki. Tegangan normal aki yang baik adalah sekitar 12,6 volt.
  • Charger Aki: Jika tegangan rendah, cobalah mengisi ulang aki menggunakan charger aki.
  • Ganti Aki: Jika aki sudah terlalu tua atau tidak bisa diisi ulang, pertimbangkan untuk menggantinya dengan yang baru.

2. Koneksi Kabel yang Kendur atau Korosi

Koneksi kabel yang kendur atau terkorosi dapat menghambat aliran listrik dari aki ke starter. Hal ini sering terjadi pada terminal aki.

Solusi:

  • Periksa Terminal Aki: Pastikan terminal aki terpasang dengan kuat dan bersih dari korosi.
  • Bersihkan Terminal: Gunakan sikat kawat untuk membersihkan korosi pada terminal aki.

3. Masalah pada Motor Starter

Motor starter bertanggung jawab untuk memutar mesin saat pertama kali dinyalakan. Jika motor starter rusak atau aus, mobil tidak akan bisa distarter.

Solusi:

  • Periksa Motor Starter: Dengarkan apakah ada suara klik saat mencoba menstarter. Jika ada suara klik tetapi mesin tidak berputar, kemungkinan besar masalah ada pada motor starter.
  • Perbaiki atau Ganti Motor Starter: Bawa mobil ke bengkel untuk memeriksa dan memperbaiki atau mengganti motor starter jika diperlukan.
Baca Juga:   Kenapa Hanasui Murah?

4. Sistem Pengapian Bermasalah

Sistem pengapian yang bermasalah dapat menghalangi mesin untuk menyala. Ini termasuk busi, koil pengapian, dan distribusi listrik.

Solusi:

  • Periksa Busi: Lepaskan dan periksa busi. Jika kotor atau aus, bersihkan atau ganti dengan yang baru.
  • Periksa Koil Pengapian: Jika busi dalam kondisi baik, periksa koil pengapian. Koil yang rusak harus diganti.

5. Bahan Bakar Tidak Cukup

Mobil membutuhkan bahan bakar yang cukup untuk menyala. Jika tangki bensin kosong atau pompa bahan bakar rusak, mobil tidak akan bisa distarter.

Solusi:

  • Cek Indikator Bahan Bakar: Pastikan ada cukup bahan bakar di dalam tangki.
  • Periksa Pompa Bahan Bakar: Dengarkan bunyi dengungan dari pompa bahan bakar saat kunci kontak diputar ke posisi on. Jika tidak ada bunyi, pompa bahan bakar mungkin rusak dan perlu diganti.

6. Sensor dan Modul Elektronik Rusak

Mobil modern dilengkapi dengan berbagai sensor dan modul elektronik yang mengontrol berbagai fungsi mesin. Kerusakan pada salah satu komponen ini bisa menyebabkan mobil tidak bisa distarter.

Solusi:

  • Scan Kode Error: Gunakan alat scan OBD-II untuk memeriksa kode error pada sistem mobil. Kode error ini bisa memberikan petunjuk komponen mana yang bermasalah.
  • Perbaiki atau Ganti Komponen: Berdasarkan hasil scan, perbaiki atau ganti komponen yang rusak.

Kesimpulan

Mobil yang tidak bisa distarter bisa disebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari masalah aki hingga sensor elektronik. Dengan mengetahui penyebab-penyebab umum dan solusinya, Anda bisa mengatasi masalah ini dengan lebih efektif. Jika Anda merasa kesulitan untuk memperbaikinya sendiri, jangan ragu untuk membawa mobil Anda ke bengkel terpercaya.

Tinggalkan komentar