Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

4 Hadits Tentang Menyayangi Kucing

Daftar Isi [Tampil]

Mustafalan.com - Hadist shahih tentang menyayangi kucing. Kucing dikatakan menjadi hewan kesayangan Nabi Muhammad SAW. Disebutkan dalam Alquran, hadist, atau dalil kucing adalah hewan yang sangat istimewa di dalam agama Islam.

hadits tentang menyayangi kucing

Kucing juga merupakan hewan yang jauh dari sifat najis. Ini membuat kucing menjadi pilihan peliharaan favorit banyak orang. Rasulullah SAW juga memiliki kucing bernama Muezza yang sangat disayangi olehnya.

Sebagai umat muslim, kita dianjurkan menyayangi semua makhluk hidup ciptaan Allah SWT, tak terkecuali kucing yang merupakan hewan istimewa. Hal ini juga banyak disebutkan dalam hadist shahih bahwa kita harus menyayangi kucing.

Adapun hadist-hadist tentang kucing, meliputi menyayangi, menjaga, mengayomi, dan sebagainya telah banyak dibahas di berbagai hadist shahih. Simak selengkapnya pada pembahasan yang akan kami ulas di bawah berikut ini.

Daftar Hadist Tentang Menyayangi Kucing

Tanpa banyak basa basi lagi, langsung saja silahkan simak pembahasan lengkap mengenai daftar kumpulan hadist shahih tentang menyayangi kucing. Simak ulasan lengkapnya di bawah berikut ini.

1. Kucing Tidak Najis

إِنَّهَا لَيْسَتْ بِنَجَسٍ إِنَّهَا مِنَ الطَّوَّافِينَ عَلَيْكُمْ وَالطَّوَّافَاتِ

Artinya:
“Kucing itu tidaklah najis. Sesungguhnya kucing merupakan hewan yang sering kita jumpai dan berada di sekeliling kita. ” (HR. At Tirmidzi, Abu Daud, An Nasa’i, Ibnu Majah, Ad Darimi, Ahmad, Malik. Syaikh Al Albani dalam Irwa’ul Gholil no. 173 mengatakan bahwa hadits ini shohih)

2. Agama Itu Mudah

إِنَّ الدِّينَ يُسْرٌ ، وَلَنْ يُشَادَّ الدِّينَ أَحَدٌ إِلاَّ غَلَبَهُ

Artinya:
“Sesungguhnya agama itu mudah. Tidak ada seorangpun yang membebani dirinya di luar kemampuannya kecuali dia akan dikalahkan.” (HR. Bukhari no. 39)

3. Mendatangkan Kemudahan

فَإِنَّمَا بُعِثْتُمْ مُيَسِّرِينَ ، وَلَمْ تُبْعَثُوا مُعَسِّرِينَ

Artinya:
“Sesungguhnya kalian diutus untuk mendatangkan kemudahan. Kalian bukanlah diutus untuk mendatangkan kesulitan.” (HR. Bukhari no. 6128)

4. Memberi Kemudahan

يَسِّرُوا وَلاَ تُعَسِّرُوا ، وَبَشِّرُوا وَلاَ تُنَفِّرُوا

Artinya:
“Berilah kemudahan, janganlah membuat sulit. Berilah kabar gembira, janganlah membuat orang lari.” (HR. Bukhari no. 69)

Kesimpulan
Sekian pembahasan singkat mengenai hadist shahih tentang menyayangi kucing, hadits tentang memelihara kucing, hadits tentang menyayangi binatang, hadits tentang kucing rumaysho, hadis kucing sahih, hadits tentang memberi makan kucing, berkah memelihara kucing, kucing mendoakan majikannya, kucing nabi muhammad.

Baca: