Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

7 Hadits Tentang Mempermainkan Wanita

Daftar Isi [Tampil]

Mustafalan.com - Hadist tentang mempermainkan wanita. Di dunia ini, ada dua tipe laki-laki ketika berhadapan dengan wanita. Ada yang tulus sepenuh hati dan ada yang hanya mempermainkannya saja tanpa memiliki kesungguhan hati.

hadist tentang mempermainkan wanita

Sejatinya, wanita adalah makhluk yang lemah. Namun demikian, wanita adalah makhluk yang sangat diistimewakan oleh Allah SWT sehingga siapapun yang mengganggunya pasti akan diberi hukuman yang setimpal oleh Allah SWT.

Maka dari itu sebagai laki-laki kita tidak boleh sekalipun mempermainkan wanita. Kita jangan sekali-kali memberi harapan palsu kepadanya, bersikap bohong, memalsukan hubungan, fitnah, dan lain sebagainya yang menyebabkan dia merugi.

Sebab ada banyak keburukan yang bisa didapatkan seseorang jika mempermainkan wanita seperti yang tercantum dalam hadist-hadist shahih tentang mempermalukan wanita. Untuk lebih lengkapnya silahkan simak pembahasan di bawah ini.

Daftar Hadist Tentang Mempermainkan Wanita

Tanpa banyak basa basi kembali, langsung saja silahkan simak pembahasan lengkap mengenai daftar kumpulan hadist shahih tentang mempermainkan wanita. Simak dalam bahasa Arab, latin, dan terjemahan Indonesia berikut ini.

1. Hukum Menyakiti Wanita

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah Shalallahu ‘alayhi Wasallam bersabda: “Berbuat baiklah kepada Wanita, karena sesungguhnya mereka diciptakan dari Tulang Rusuk, dan sesungguhnya Tulang Rusuk yang paling bengkok adalah yang paling atas. Maka sikapilah para Wanita dengan baik.” (HR al- Bukhari)

2. Hukum Menyakiti Hati Ibu

Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda: “Dosa-dosa besar yang paling besar adalah: syirik kepada Allah, membunuh, durhaka kepada orang tua, dan perkataan dusta atau sumpah palsu” (HR. Bukhari-Muslim dari sahabat Anas bin Malik)

3. Kedudukan Wanita dalam Islam

“Sesungguhnya dunia ini seluruhnya adalah perhiasan dan sebaik-baik perhiasan dunia adalah wanita yang sholihah.” (HR. Ahmad)

4. Pintu Surga untuk Orangtuanya

“…Barangsiapa yang diuji dengan anak-anak perempuan, kemudia dia berbuat baik kepada mereka, maka anak-anak perempuan tersebut akan menjadi penghalang dari siksa api neraka” (H.R Muslim)

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata: “Barangsiapa yang mengayomi dua anak perempuan hingga dewasa maka ia akan datang pada hari kiamat bersamaku”. Anas bin Malik berkata: Nabi menggabungkan jari-jari jemari beliau. (HR Muslim)

5. Surga di Telapak Kaki Ibu

Wahai Rasulullah, siapa orang yang paling berhak bagi aku untuk berlaku bajik kepadanya?” Nabi menjawab, “Ibumu.” Orang itu bertanya lagi, “Kemudian setelah dia siapa?” Nabi menjawab, “Ibumu.” Orang itu bertanya lagi, “Kemudian setelah dia siapa?” Nabi menjawab, “Ibumu.” Orang itu bertanya lagi, “Kemudian setelah dia siapa?” Nabi menjawab, “Ayahmu.” (HR. Bukhari-Muslim)

6. Cara Memperlakukan Wanita

Mu’awiyah bin Haidah ra. berkata : “wahai Rasulullah, apakah hak istri salah seorang di antara kami atas suaminya ?” Beliau menjawab : “kamu harus memberinya makan bila kamu makan, kamu harus memberinya pakaian bila kamu berpakaian, kamu tidak boleh memukul mukanya dan tidak boleh menjelek-jelekanya serta kamu tidak boleh mendiamkanya kecuali dalam rumah”. (Riwayat Abu Dawud)

Kesimpulan
Sekian dulu pembahasan mengenai hadist tentang mempermainkan wanita, hadits tentang memuliakan wanita, hadits tentang kemuliaan wanita, hadits tentang keistimewaan wanita, hadits tentang wanita kuat, hadits tentang wanita sholehah, hadits menjaga kehormatan wanita, hadits jika seorang wanita menangis karena disakiti oleh pria, hadits tentang lelaki yang menyakiti hati wanita.

Baca: