Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

5 Hadits Tentang Membaca Alquran dengan Tajwid

Daftar Isi [Tampil]

Mustafalan.com - Hadist shahih tentang membaca. Setiap orang diwajibkan untuk menuntut ilmu, bahkan ada pepatah yang mengatakan tuntutlah ilmu sampai ke negeri China. Artinya, menuntut ilmu harus dilakukan bahkan hingga ke tempat yang jauh sekalipun.

hadits tentang membaca alquran

Pada kesempatan sebelumnya kami juga telah menjelaskan mengenai hadist tentang pendidikan. Salah satu pentingnya pendidikan adalah agar seseorang bisa membaca. Dengan membaca, seseorang pun bisa mengetahui ilmu lainnya dalam kehidupan di dunia.

Ketika pertama kali menerima wahyu, Nabi Muhammad SAW pun diminta untuk membaca. Malaikat Jibril yang langsung turun ke bumi memberikan wahyu tersebut meminta Rasulullah SAW untuk membaca, bahkan sampai tiga kali diulangi perintah tersebut.

Pentingnya membaca juga telah banyak dibahas di berbagai hadist shahih tentang membaca Alquran lengkap dengan tajwid. Anda bisa menyimak selengkapnya mengenai membaca pada pembahasan lengkap di bawah berikut ini. Simak ulasan lengkapnya berikut.

Daftar Hadist Tentang Membaca

Tanpa banyak basa basi lagi, langsung saja silahkan simak pembahasan lengkap mengenai daftar kumplan hadist shahih tentang membaca Alquran dengan tajwid. Anda bisa menyimak pembahasan lengkapnya dalam lafadz Arab, teks latin, dan terjemahan bahasa Indonesia atau artinya.

1. Satu Huruf Sepuluh Kebaikan

عَنْ عَبْد اللَّهِ بْنَ مَسْعُودٍ رضى الله عنه يَقُولُ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- « مَنْ قَرَأَ حَرْفًا مِنْ كِتَابِ اللَّهِ فَلَهُ بِهِ حَسَنَةٌ وَالْحَسَنَةُ بِعَشْرِ 
أَمْثَالِهَا لاَ أَقُولُ الم حرْفٌ وَلَكِنْ أَلِفٌ حَرْفٌ وَلاَمٌ حَرْفٌ وَمِيمٌ حَرْفٌ »

Artinya:
“Abdullah bin Mas’ud radhiyallahu ‘anhu berkata: “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Siapa yang membaca satu huruf dari Al Quran maka baginya satu kebaikan dengan bacaan tersebut, satu kebaikan dilipatkan menjadi 10 kebaikan semisalnya dan aku tidak mengatakan الم satu huruf akan tetapi Alif satu huruf, Laam satu huruf dan Miim satu huruf.” (HR. Tirmidzi dan dishahihkan di dalam kitab Shahih Al Jami’, no. 6469) 

عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بن مسعود رضى الله عنه قَالَ : تَعَلَّمُوا هَذَا الْقُرْآنَ ، فَإِنَّكُمْ تُؤْجَرُونَ بِتِلاَوَتِهِ بِكُلِّ حَرْفٍ عَشْرَ حَسَنَاتٍ ، أَمَا إِنِّى لاَ أَقُولُ بِ الم وَلَكِنْ بِأَلِفٍ وَلاَمٍ وَمِيمٍ بِكُلِّ حَرْفٍ عَشْرُ حَسَنَاتٍ

Artinya:
“Abdullah bin Mas’ud radhiyallahu ‘anhu berkata: “Pelajarilah Al Quran ini, karena sesungguhnya kalian diganjar dengan membacanya setiap hurufnya 10 kebaikan, aku tidak mengatakan itu untuk الم , akan tetapi untuk untuk Alif, Laam, Miim, setiap hurufnya sepuluh kebaikan.” (Atsar riwayat Ad Darimy dan disebutkan di dalam kitab Silsilat Al Ahadits Ash Shahihah, no. 660).

2. Kebaikan Menghapuskan Kesalahan

إِنَّ الْحَسَنَاتِ يُذْهِبْنَ السَّيِّئَاتِ

Artinya:
“Sesungguhnya perbuatan-perbuatan yang baik itu menghapuskan (dosa) perbuatan-perbuatan yang buruk.” (QS. Hud: 114)

3. Banyak Baca Banyak Ganjaran

عنْ تَمِيمٍ الدَّارِىِّ رضى الله عنه قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- « مَنْ قَرَأَ بِمِائَةِ آيَةٍ فِى لَيْلَةٍ كُتِبَ لَهُ قُنُوتُ لَيْلَةٍ»

Artinya:
“Tamim Ad Dary radhiyalahu ‘anhu berkata: “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Siapa yang membaca 100 ayat pada suatu malam dituliskan baginya pahala shalat sepanjang malam.” (HR. Ahmad dan dishahihkan di dalam kitab Shahih Al Jami’, no. 6468).

4. Makin Mulia di dalam Sholat

عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ رضى الله عنه قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- « أَيُحِبُّ أَحَدُكُمْ إِذَا رَجَعَ إِلَى أَهْلِهِ أَنْ يَجِدَ فِيهِ ثَلاَثَ خَلِفَاتٍ عِظَامٍ سِمَانٍ قُلْنَا نَعَمْ. قَالَ « فَثَلاَثُ آيَاتٍ يَقْرَأُ بِهِنَّ أَحَدُكُمْ فِى صَلاَتِهِ خَيْرٌ لَهُ مِنْ ثَلاَثِ خَلِفَاتٍ عِظَامٍ سِمَانٍ

Artinya:
“Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu meriwayatkan bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Maukah salah seorang dari kalian jika dia kembali ke rumahnya mendapati di dalamnya 3 onta yang hamil, gemuk serta besar?” Kami (para shahabat) menjawab: “Iya”, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Salah seorang dari kalian membaca tiga ayat di dalam shalat lebih baik baginya daripada mendapatkan tiga onta yang hamil, gemuk dan besar.” (HR. Muslim).

Kesimpulan
Sekian pembahasan singkat mengenai hadist shahih tentang membaca, hadits tentang membaca al qur'an terbata bata, hadits tentang membaca buku, hadits tentang membaca al-qur'an dengan tartil, ayat tentang keutamaan membaca al-qur'an, hadits keutamaan membaca al-qur'an latin, manfaat membaca alquran, pahala membaca al-quran, keutamaan membaca al-quran.

Baca: