Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

5 Hadits Tentang Iri Hati dan Dengki

Daftar Isi [Tampil]

Mustafalan.com - Hadist tentang iri. Iri adalah sikap yang tidak terpuji. Iri artinya kita memiliki perasaan tidak suka terhadap apa yang dimiliki oleh orang lain, seperti harta, jodoh, kekayaan, kesuksesan, kewibawaan, dan hal-hal lainnya.

hadist tentang iri dan dengki

Iri hati, terkadang juga dinamakan dengan dengki atau hasad. Iri merupakan suatu emosi yang timbul ketika seseorang yang tidak memiliki keunggulan, baik prestasi, kekuasaan, dan lainnya.

Sikap iri hati juga dapat disamakan dengan sikap menginginkan yang tidak dimilikinya, atau mengharapkan orang lain yang memilikinya agar kehilangannya. Untuk itu kita harus senantiasa membaca doa terhindar dari sifat iri dan dengki.

Untuk lebih jauh memahami makna dan wawasan tentang iri, maka Anda bisa membacanya secara lengkap pada pembahasan hadist-hadist shahih yang akan kami bahas pada kesempatan di bawah ini. Anda bisa menyimak selengkapnya di bawah ini.

Daftar Hadist Tentang Iri

Tanpa banyak basa basi lagi, langsung saja silahkan simak pembahasan lengkap mengenai daftar kumpulan hadist shahih tentang iri hati. Anda bisa menyimak selengkapnya di bawah berikut ini dalam bahasa Arab, tulisan latin, dan terjemahan Indonesia.

1. Iri Terhadap Dua Perkara

Dalam sebuah hadits, Rasulullah shallallahu’ alaihi wa sallam bersabda : “Tidak ada iri hati kecuali terhadap dua perkara, yakni seorang yang diberi Allah harta lallu dia belanjakan pada jalan yang benar (sedekah), dan seorang diberi Allah ilmu dan kebijaksanaan lalu dia melaksanakan dan mengajarkannya.” (HR. Bukhari)

2. Pengaruh Iri

“Apabila seseorang melihat dirinya, harta miliknya atau saudaranya, sesuatu yang menarik hatinya (dikaguminya) maka hendaklah dia mendoakannya dengan limpahan barokah. Sesungguhnya pengaruh iri adalah benar.” (HR. Abu Ya’la)

3. Jauhi Dengki

“Dari Abu Hurairah bahwa Nabi saw. bersabda: “Jauhilah hasad (dengki), karena hasad dapat memakan kabaikan seperti api memakan kayu bakar.” (HR Abu Dawud).

4. Dengki Memakan Kebaikan

“Dari Anas, bahwa Rasulullah saw (beliau) bersabda: “Kedengkian akan memakan kebaikan sebagaimana api memakan kayu bakar, dan sedekah akan menghapus kesalahan sebagaimana air dapat mematikan api. Shalat adalah cahaya seorang mukmin, sedangkan puasa adalah perisai dari api neraka.” (HR. Ibnu Majah).

5. Kerugian Dengki

“Dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah saw bersabda: “Tidak akan berkumpul di neraka, seorang muslim yang membunuh orang kafir kemudian bersikap istiqamah dan berlaku sederhana, dan tidak akan berkumpul dalam diri orang yang beriman, debu di jalan Allah dan panasnya Jahannam, dan tidak akan berkumpul di hati seorang hamba, keimanan dan rasa dengki.” (HR. an-Nasa’i).

Kesimpulan
Sekian dulu pembahasan mengenai hadist tentang iri, hadits tentang iri yang diperbolehkan, kumpulan hadits tentang qolbu, hadits tentang hasad, ayat al-qur'an tentang sifat iri, ayat tentang iri hati alkitab, hasad artinya, dalil tentang ujub, penyakit hati dalam islam.

Baca: