Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

6 Hadits Tentang Waktu Berbuka Puasa

Daftar Isi [Tampil]

Mustafalan.com - Hadist tentang berbuka puasa. Pada kesempatan sebelumnya kami telah menjelaskan mengenai niat puasa ramadhan dan doa berbuka puasa. Dalam pembahasan tersebut kami juga menjelaskan apa saja yang harus diperhatikan ketika berbuka puasa.

hadist tentang waktu berbuka puasa

Beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika berbuka puasa, baik puasa wajib maupun sunnah antara lain adalah berbuka puasa harus dilakukan dengan tepat pada waktunya, berbuka secukupnya dengan yang manis-manis, minum hangat terlebih dahulu dan makan hanya untuk mengganjal perut, kemudian utamakan sholat sebelum makan besar.

Sebenarnya masih banyak petunjuk-petunjuk lain yang mungkin masih banyak belum diketahui oleh muslim dan muslimah di dunia ini. Selain di Alquran, petunjuk mengenai berbuka puasa juga dapat dijumpai dalam hadit shahih.

Untuk itu pada kesempatan ini kami ingin membagikan daftar kumpulan ayat emas Alkitab atau firman Tuhan yang menjelaskan mengenai berbuka puasa, baik puasa wajib Ramadhan maupun puasa sunnah. Simak selengkapnya di bawah berikut ini.

Daftar Hadist Tentang Berbuka Puasa

Tanpa banyak basa basi kembali langsung saja silahkan simak pembahasan lengkap mengenai daftar kumpulan hadist shahih tentang berbuka puasa dalam bacaan lafadz Arab, tulisan latin, serta artinya atau terjemahan Indonesia.

1. Kebahagiaan Berbuka

"Orang yang berbuka puasa mempunyai dua kebahagiaan yang bisa ia rasakan; kebahagiaan ketika ia berbuka dan kebahagiaan ketika ia bertemu dengan Rabb-nya karena puasa yang dilakukannya." (HR. Bukhari dan Muslim)

2. Waktu Berbuka

إِذَا أَقْبَلَ اللَّيْلُ مِنْ هَا هُنَا ، وَأَدْبَرَ النَّهَارُ مِنْ هَا هُنَا ، وَغَرَبَتِ الشَّمْسُ ، فَقَدْ أَفْطَرَ الصَّائِمُ(رواه البخاري، رقم 1954 ومسلم، رقم 1100)

Artinya:
Jika malam menjelang di sini dan siang pergi di sini, dan matahari terbenam, maka orang yang berpuasa hendaknya berbuka. (HR. Bukhari, nomor 1954, Muslim, 1100)

3. Menyegerakan Berbuka Puasa

لاَيَزَالُ النَّاسُ بِخَيْرٍ مَا عَجَّلُوا الْفِطْرَ

Artinya:
Senantiasa manusia di dalam kebaikan selama menyegerakan berbuka. (Hadits Riwayat Bukhari 4/173 dan Muslim 1093)

4. Berbuka dengan Kurma atau yang Manis

كَانَ رَسُو لُ اللِّهِ صَلَّى اللَّهً عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُفْطِرُ عَلَى رُطَبَاتٍ قَبْلَ أََنْ يُصَلِّيَ فَإِنْ لَمْ تَكُنْ رُطَبَا تٌ فَعَلَى تَمَرَاتٍ فَإِنْ لَم تَكُنْ حَسَا حَسَواتٍ مِنْ مَاءٍ

Artinya:
Adalah Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam berbuka dengan korma basah (ruthab), jika tidak ada ruthab maka berbuka dengan korma kering (tamr), jika tidak ada tamr maka minum dengan satu tegukan air.

5. Doa Berbuka Puasa

عَنْ مُعَاذِ بْنِ زُهْرَةَ، أَنَّهُ بَلَغَهُ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ كَانَ إِذَا أَفْطَرَ قَالَ: اَللَّهُمَّ لَكَ صُمْتُ، وَ عَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ

Artinya:
Dari Mu’adz bin Zuhrah, sesungguhnya telah sampai riwayat kepadanya bahwa sesungguhnya jika Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam berbuka puasa, beliau membaca (doa), ‘Allahumma laka shumtu wa ‘ala rizqika afthortu-ed’ (ya Allah, untuk-Mu aku berpuasa dan dengan rezeki-Mu aku berbuka).

Hadits lengkap riwayat Abu Dawud yang menjelaskan doa berbuka puasa berbunyi sebagai berikut:

حدثنا عبد الله بن محمد بن يحيى أبو محمد حدثنا علي بن الحسن أخبرني الحسين بن واقد حدثنا مروان يعني ابن سالم المقفع قال رأيت ابن عمر يقبض على لحيته فيقطع ما زاد على الكف وقال كان رسول الله صلى الله عليه وسلم إذا أفطر قال ذهب الظمأ وابتلت العروق وثبت الأجر إن شاء الله

Artinya:
“Kami mendapat riwayat dari Abdullah bin Muhammad bin Yahya, yaitu Abu Muhammad, kami mendapat riwayat dari Ali bin Hasan, kami mendapat riwayat dari Husein bin Waqid, kami mendapat riwayat dari Marwan, yaitu Bin Salim Al-Muqaffa‘, ia berkata bahwa aku melihat Ibnu Umar menggenggam jenggotnya, lalu memangkas sisanya. Ia berkata, Rasulullah bila berbuka puasa membaca, ‘Dzahabaz zhama’u wabtallatil ‘urûqu wa tsabatal ajru, insya Allah’,” (HR Abu Dawud)

Kesimpulan
Sekian dulu pembahasan mengenai hadist tentang berbuka puasa, hadits tentang berbuka puasa dengan kurma, hadits tentang berbuka puasa dengan yang manis, hadits tentang berbuka puasa sebelum waktunya, hadits tentang berbuka puasa bersama, hadits tentang doa berbuka puasa.

Baca: