Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

5 Hadits Tentang Anak Sholeh Beserta Artinya

Daftar Isi [Tampil]

Mustafalan.com - Hadist tentang anak sholeh. Ketika menjadi seorang anak, kita haruslah menjadi anak yang sholeh. Maksud dari anak sholeh adalah anak yang rajin beribadah, ingat selalu larangan Allah SWT, dan berbakti kepada orangtua.

hadist tentang anak sholeh

Anak yang sholeh pasti akan mendapat ganjaran yang setimpal dari Allah SWT. Berupa pahala yang tinggi, kelancaran dan kesuksesan dalam hidup, segala urusan dipermudah, dan apa yang diinginkannya dapat menjadi terkabul.

Namun menjadi anak sholeh bukanlah hal yang mudah dilakukan. Pasalnya dalam kehidupan ini ada banyak tantangan dan godaan dari berbagai pihak, salah satunya adalah syaitan atau iblis yang bisa datang kapan saja dan di mana saja.

Meski demikian bila kita mengikuti petunjuk yang diberikan oleh hadist-hadits shahih berikut, insyaallah kita bisa menjadi anak yang sholeh dan mebanggakan orangtua serta agama. Selengkapnya simak pembahasan mengenai hadist tentang anak sholeh di bawah ini.

Daftar Hadist Tentang Anak Sholeh

Langsung saja silahkan simak pembahasan lengkap mengenai daftar hadist tentang anak sholeh yang kami tulis dalam bahasa Arab, tulisan latin, dan terjemahan Indonesia lengkap. Simak pembahasannya di bawah ini.

1. Amalan Anak Sholeh

إِذَا مَاتَ الإِنْسَانُ انْقَطَعَ عَنْهُ عَمَلُهُ إِلاَّ مِنْ ثَلاَثَةٍ إِلاَّ مِنْ صَدَقَةٍ جَارِيَةٍ أَوْ عِلْمٍ يُنْتَفَعُ بِهِ أَوْ وَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُو لَهُ

Artinya:
"Apabila manusia mati maka amalnya terputus kecuali karena tiga hal: sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak soleh yang mendoakan orang tuanya." (HR. Ahmad 9079, Muslim 4310, Abu Daud 2882 dan yang lainnya).

2. Pahala Anak Sholeh

“Siapa menyeru kepada petunjuk, ia mendapatkan pahalanya seperti pahala yang diperoleh orang yang mengikutinya tanpa dikurangi sedikitpun dari pahala mereka. Dan siapa yang menyeru kepada kesesatan, ia mendapatkan dosa seperti dosa yang didapatkan pengikutnya tanpa dikurangi sedikitpun dari dosa-dosa mereka.” (HR. Muslim)

3. Amalan Pahala yang Terus Mengalir

“Atau meninggalkan anak yang memintakan ampunan untuknya setelah meninggalnya.” (HR. Al-Bazzar dalam Kasyful Astar dari Anas bin Malik. Dihassankan Syaikh Al-Albani di Shahih Al-Jami’, no. 3602)

“Dan laki-laki yang meninggalkan anak sholeh, anak itu mendoakan kebaikan untuknya.” (HR. Ahmad dan Al-Thabrani, dihasankan Al-Albani di Shahih al-Jami’, no. 877)

“Tidaklah berfaedah kepadanya harta bendanya dan apa yang ia usahakan.” (TQS. Al-Masad: 2).

Kesimpulan
Sekian dulu pembahasan mengenai hadist tentang anak sholeh, ayat al-qur'an tentang anak sholeh, hadits anak, doa anak sholeh, anak sholeh quotes, anak soleh adalah, perbedaan sholeh dan sholehah.

Baca: