Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

6 Hadits Tentang Silaturahmi Memperpanjang Umur

Daftar Isi [Tampil]

Mustafalan.com - Hadist tentang silaturahmi. Allah SWT sangat membenci orang-orang yang dengan sengaja memutus silaturahminya dengan orang lain. Sebab silaturahmi itu sangat penting, hubungan antar dua mansuai menjadi wajib dibayarkan.

hadits tentang silaturahmi

Bagi yang belum tahu, sekilas informasi silaturahmi adalah cara di antara dua orang untuk menyambung hubungan ketika sudah lama tidak berjumpa. Caranya adalah dengan mengunjungi tempat orang yang dituju dan mengucapkan assalamualaikum wr.wb. sebagai doa masuk rumah.

Sebenarnya seberapa penting sih bersilaturahmi itu? Apakah sama pentingnya dengan sholat, puasa, dan lain sebagainya? Daripada terus bertanya-tanya, Anda bisa langsung menyimaknya pada hadist-hadist shahih yang telah ditulis oleh tokoh muslim terdahulu.

Di bawah ini kami akan membagikan kumpulan daftar hadist shahih untuk silaturahmi yang baik dan benar. Anda bisa mennyimaknya secara lengkap dan shahih dalam bahasa Arab, latin, dan terjemahan Indonesia yang benar.

Daftar Hadist Tentang Silaturahmi

Berikut di bawah ini adalah kumpulan daftar hadist shahih tentang silaturahmi atau bertamu ke rumah orang lain dalam bahasa Arab, latin, dan terjemahan Indonesia lengkap. Silahkan simak secara lengkap di bawah ini.

1. Hadits Perintah Silaturahmi

تَعْبُدُ اللَّهَ لاَ تُشْرِكُ بِهِ شَيْئًا، وَتُقِيمُ الصَّلاَةَ، وَتُؤْتِي الزَّكَاةَ، وَتَصِلُ الرَّحِمَ، ذَرْهَ

Artinya:
"Beribadahlah pada Allah SWT dengan sempurna jangan syirik, dirikanlah sholat, tunaikan zakat, dan jalinlah silaturahmi dengan orangtua dan saudara." (HR Bukhari).

لَيْسَ الْوَاصِلُ بِالْمُكَافِئِ، وَلَكِنِ الْوَاصِلُ الَّذِي إِذَا قَطَعَتْ رَحِمُهُ وَصَلَهَا

Artinya:
"Silaturahmi bukanlah yang saling membalas kebaikan. Tetapi seorang yang berusaha menjalin hubungan baik meski lingkungan terdekat (relatives) merusak hubungan persaudaraan dengan dirinya." (Hr Bukhari).

2. Hadits Memutus Tali Silaturahmi

مَا مِنْ ذَنْبٍ أَجْدَرُ أَنْ يُعَجِّلَ اللَّهُ تَعَالَى لِصَاحِبِهِ الْعُقُوبَةَ فِي الدُّنْيَا - مَعَ مَا يَدَّخِرُ لَهُ فِي الآخِرَةِ - مِثْلُ الْبَغْىِ وَقَطِيعَةِ الرَّحِمِ

Artinya:
"Tidak ada dosa yang lebih pantas disegerakan balasannya bagi para pelakunya di dunia -bersama dosa yang disimpan untuknya di akhirat- daripada perbuatan zalim dan memutus silaturahmi." (HR Abu Daud).

قَالَ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ‏:‏ أَنَا الرَّحْمَنُ، وَأَنَا خَلَقْتُ الرَّحِمَ، وَاشْتَقَقْتُ لَهَا مِنَ اسْمِي، فَمَنْ وَصَلَهَا وَصَلْتُهُ، وَمَنْ قَطَعَهَا بَتَتُّهُ

Artinya:
Allah SWT yang Maha Besar dan Maha Kuasa berfirman. "Aku adalah yang Maha Pengasih (Ar-Rahman). Aku membuat ikatan persaudaraan dan memberinya nama dari namaKu. Jika siapa saja mempertahankan ikatan silaturahmi, maka mempertahankan hubungan dengannya. Dan Aku akan memutus hubungan dengan siapa saja yang memutuskan silaturahmi." (Disebut dalam kitab Al-Adab Al-Mufrad).

3. Hadits Manfaat Silaturahmi

عَنْ أَبِي، هُرَيْرَةَ أَنَّ رَجُلاً، قَالَ يَا رَسُولَ اللَّهِ إِنَّ لِي قَرَابَةً أَصِلُهُمْ وَيَقْطَعُونِي وَأُحْسِنُ إِلَيْهِمْ وَيُسِيئُونَ إِلَىَّ وَأَحْلُمُ عَنْهُمْ وَيَجْهَلُونَ عَلَىَّ ‏.‏ فَقَالَ ‏ "‏ لَئِنْ كُنْتَ كَمَا قُلْتَ فَكَأَنَّمَا تُسِفُّهُمُ الْمَلَّ وَلاَ يَزَالُ مَعَكَ مِنَ اللَّهِ ظَهِيرٌ عَلَيْهِمْ مَا دُمْتَ عَلَى ذَلِكَ ‏

Artinya:
Abu Huraira melaporkan seseorang berkata, "Ya Rasulullah SAW, saya punya keluarga yang jika saya berusaha menyambung silaturrahmi maka mereka berusaha memutuskannya. Dan jika saya berbuat baik pada mereka, maka mereka balik berbuat jelek kepadaku dan bersikap acuh tak acuh padahal saya bermurah hati pada mereka." Rasulullah SAW kemudian menjawab, "Jika seperti yang dikatakan, maka engkau melempar debu panas ke wajah mereka dan tetap di sana atas kehendak Allah SWT. Allah SWT (serta malaikat yang selalu membantu) akan membuatnya terus menang atas mereka selama kamu mengikuti jalan yang baik ini." (HR Muslim).

مَنْ سَرَّهُ أَنْ يُبْسَطَ لَهُ فِي رِزْقِهِ، وَأَنْ يُنْسَأَ لَهُ فِي أَثَرِهِ، فَلْيَصِلْ رَحِمَهُ

Artinya:
"Siapa saja yang senang diberi lebih banyak kemakmuran (wealth) dan umur panjang, maka dia harus menjalin hubungan baik dengan orangtua dan saudaranya." (HR Bukhari).

Kesimpulan
Itu dia pembahasan lengkap mengenai daftar hadist tentang silaturahmi, hadits tentang silaturahmi rumaysho, hadits tentang silaturahmi latin, hadits tentang silaturahmi diriwayatkan oleh imam, hadits tentang silaturahmi memperpanjang umur, hadits tentang memutuskan tali silaturahmi, hadits memutus silaturahmi, hadits silaturahmi latin dan artinya, hadits silaturahmi arab dan artinya.

Baca:

Posting Komentar untuk "6 Hadits Tentang Silaturahmi Memperpanjang Umur"