Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Kumpulan Hadist Tentang Shodaqoh Penolak Bala

Daftar Isi [Tampil]

Mustafalan.com - Kumpulan hadist tentang sikap shodaqoh. Tepat di kesempatan sebelumnya kami telah membagikan daftar hadist shahih tentang sedekah. Nah pada kesempatan ini kami ingin membahas hal yang tak jauh berbeda, yakni mengenai shodaqoh.

hadist tentang shodaqoh

Sebagai informasi, sebenarnya sedekah dan sodaqoh tidak memiliki perbedaan selain bahasa. Shodaqoh adalah bahasa Arab dan sedekah adalah bahasa Indonesia, keduanya sama-sama merupakan kegiatan memberi kepada orang lain.

Shodaqoh lebih ditujukan kepada seorang muslim yang memberi kepada orang lain secara ikhlas dan sukarela, tanpa dibatasi oleh waktu ataupun jumlah tertentu. Shodaqoh juga bisa diartikan lebh luas dari sekedar zakat atau infak.

Pada kesematan ini kami ingin membagikan beberapa daftar kumpulan hadist shahih tentang shodaqoh yang benar, sesuai sunnah, berdasarkan hadist shahih. Selengkapnya Anda bisa menyimak melalui daftar-daftar hadist berikut ini.

Daftar Hadist Tentang Shodaqoh

Tanpa banyak basa basi kembali langsung saja silahkan simak beberapa daftar lengkap mengenai hadist shahih tentang shodaqoh yang ditulis dalam lafadz bacaan doa bahasa Arab, tulisan latin, dan terjemahan bahasa Indonesia atau artinya yang benar.

1. Abu Hurairah RA

Dari Abu Hurairah Ra, dia berkata, “Rasulullah SAW bersabda: Tidaklah seorang hamba memasuki waktu pagi pada setiap harinya, kecuali ada dua malaikat yang turun. Salah satunya memohon, ‘Ya Allah, berikanlah ganti bagi dermawan yang menyedekahkan hartanya.’ Dan satu lagi memohon: ‘Ya Allah, musnahkanlah harta si bakhil.” (HR Al Bukhari dan Muslim). 

2. Adi bin Hatim RA

Dari Adi bin Hatim Ra, dia berkata, “Rasulullah SAW menyebutkan tentang neraka, maka wajah beliau berubah, lalu beliau berlindung darinya sebanyak tiga kali, lalu beliau bersabda: Takutlah kalian dari api neraka, walaupun bersedekah dengan sepotong kurma. Jika kalian tidak mendapatkannya, maka dengan kalimat yang baik.” HR An-Nasa’i, At Tirmidzi dan Ahmad.

3. Abu Musa

Dari Abu Musa dari Nabi SAW, beliau bersabda,” Wajib bagi setiap Muslim untuk bersedekah.” Para sahabat bertanya: ‘Wahai Nabi Allah, bagaimana jika ia tidak mendapatkan untuk bersedekah? Beliau menjawab: ‘Berusaha dengan tangannya, sehingga bermanfaat untuk dirinya dan bersedekah. ‘Mereka bertanya: Bagaimana jika ia tidak bisa melakukannya?’ Beliau bersabda: ‘Menolong orang yang sangat memerlukan bantuan. ‘ Mereka bertanya: Bangamana jika ia tidak bisa melakukannya? Beliau bersabda: Menyuruh untuk melakukan kebaikan dan menahan diri dari kejahatan, maka hal itu adalah sedekah baginya. (HR Al Bukhari, Muslim dan Ahmad). 

4. Hakim bin Hizam RA

Dari Hakim bin Hizam Radhiyallhu Anhu, dia berkata, “Rasulullah SAW bersabda: ‘Tangan di atas lebih baik daripada tangan yang di bawah. Mulailah memberi dari orang yang berada di bawah tanggunganmu, dan sebaik-baiknya sedekah ketika merasa cukup, barang siapa menjaga kehormatan dirinya niscaya Allah menjaganya, barang siapa yang merasa cukup maka Allah akan mencukupkannya.”(HR Al Bukhari, Ahmad, An-Nasa’i (dari Abu Hurairah).

Kesimpulan
Itu dia sejumlah kumpulan hadist tentang shodaqoh, hadits tentang infaq, hadist tentang sedekah jariyah, ayat al-qur'an tentang keutamaan sedekah, hadits sedekah tidak mengurangi harta, hadits sedekah makanan, hadits sedekah menolak bala, hadis kelebihan sedekah, hadist tentang sedekah di hari jumat.

Baca: