Bacaan Doa Setelah Sholat Sunnah Qabliyah dan Badiyah

Bacaan Doa Setelah Sholat Sunnah Qabliyah dan Badiyah
Daftar Isi Artikel
Mustafalan.com - Bacaan doa setelah sholat qabliyah dan badiyah. Sebelumnya kami telah membagikan ulasan mengenai sholat rawatib, yakni sholat yang dikerjakan pada saat sebelum dan sesudah sholat wajib.

doa setelah sholat qabliyah dan badiyah

Untuk sholat sebelum sholat wajib dinamakan qabliyah, sedangkan sholat sesudah sholat wajib disebut dengan ba'diyah. Keduanya merupakan sholat yang memiliki keutamaan luar biasa dan bisa menjadi penyempurna sholat wajib.

Agar sholat qabliyah dan ba'diyah semakin sempurna, kita pun bisa memanjatkan doa setelah sholat kedua rawatib tersebut secara istiqomah. Adapun bagi yang kurang mengetahui bagaimana bacaan doanya, di kesempatan ini kami akan mengulasnya secara lengkap.

Kami akan membagikan kumpulan bacaan, doa, teks, lafadz, setelah sholat qabliyah dan ba'diyah yang benar sesuai sunnah berdasarkan hadist shahih dalam bahasa Arab, tulisan latin, dan terjemahan Indonesia. Ulasannya bisa dilihat di bawah berikut.

Bacaan Doa Setelah Sholat Qabliyah dan Badiyah

Doa setelah sholat qabliyah dan ba'diyah (rawatib) ini memiliki teks lafadz dan bacaan yang sama. Bagi yang mengamalkannya, insyaallah akan mendapat banyak pahala, berkah, dan rahmat dari Allah SWT.

Ulasan lengkapnya silahkan simak penjelasan dari doa setelah sholat rawatib meliputi qabliyah dan ba'diyah yang benar sesuai sunnah berdasarkan hadist shahih dalam bahasa Arab, tulisan latin, dan terjemahan Indonesia lengkap.

اَللّٰهُمَّ اغْفِرْلِىْ ذُنُوْبِي وَخَطَايَاىَ كُلَّهَا اَللّٰهُمَّ اَنْعِشْنِى وَاجْبُرْنِى وَاهْدِنِى لِصَالِحِ الْاَ عْمَالِ وَالْاَخْلاَقِ اِنَّهُ لاَيَهْدِى لِصَالِحِهَاوَلاَيَصْرِفُ سَيِّئها اِلاَّاَنْتَ

Allohummaghfirlii dzunuubii wa khothooyaaya kullahaa. Allohumman’isynii wajburnii wahdinii li shoolihil a’maali wal akhlaaqi innahuu laa haydii li shoolihihaa wa laa yashrifu sayyiahaa illaa anta.

Artinya:
“Ya Allah, ampunilah aku atas segala dosaku dan kesalahanku. Ya Allah, tinggikan aku dan tutupi (aib)ku, serta berilah aku petunjuk kepada kebaikan amal dan akhlak. Sesungguhnya tidak ada seorang pun yang dapat menunjukkan kepada kebaikan amal dan akhlak, serta tidak ada seorang pun yang dapat memalingkan dari keburukan amal dan akhlak kecuali Engkau.”

Keutamaan Doa Sesudah Sholat Qabliyah dan Badiyah

Hampir sama dengan keutamaan pada sholat-sholat sunnnah lainnya, keutamaan atau manfaat dari sholat qabliyah dan badiyah bisa membuat dosa dan kesalahan kita diampuni oleh Allah SWT, baik sebelum dan sesudahnya.

Selain itu, kita juga memohon kepada Allah SWT untuk memberikan petujuk bagaimana mendapat amal kebaikan dan menjauhi amal keburukan. Sebab kita yakin bahwa tidak ada yang mampu menunjukkannya selain Allah SWT.

Intinya keutamaan dan khasiat dari doa ini ialah memohon kepada Allah SWT agar kita mendapat hal-hal baik dan menjauhi keburukan. Dengan demikian maka jika kita mengamalkannya secara istiqomah, insyaallah hidup kita akan menjadi semakin diberkahi.

Kesimpulan
Demikian penjelasan singkat tentang doa setelah sholat qabliyah dan badiyah, shalat qabliyah dan ba'diyah dalam sehari ada berapa rakaat, tata cara sholat sunnah sebelum dan sesudah shalat wajib, shalat sunnah ashar sebelum atau sesudah, niat sholat ba'diyah, 12 rakaat shalat sunnah rawatib, niat shalat qobliyah dzuhur 4 rakaat, sholat rawatib, tata cara sholat qobliyah subuh.Tr

Baca:

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>