Bacaan Doa Niat Bayar Fidyah Ibu Hamil dan Orang Sakit

Bacaan Doa Niat Bayar Fidyah Ibu Hamil dan Orang Sakit
Daftar Isi Artikel
Mustafalan.com - Bacaan doa niat bayar fidyah. Seorang wanita bisa saja meninggalkan puasa wajib karena berhalangan. Demikian pula dengan laki-laki, ketika dia hilang akal, kecelakaan, atau seusuatu yang amat mendesak menjadikan mereka tidak bisa berpuasa.

bayar fidyah

Ketika ada puasa yang ditinggalkan, maka orang tersebut harus menggantinya di hari lain dengan puasa ganti. Misalnya untuk wanita adalah dengan puasa ganti bayar hutang haid. Tidak hanya itu, puasa wajib juga bisa diganti dengan membayar fidyah.

Nah pada kesempatan ini kami ingin membagikan teks lafadz bacaan bayar fidyah lengkap dalam bahasa Arab, tulisan latin, dan terjemahan Indonesia yang benar sesuai dengan hadist yang shahih dirangkum dari sumber terpercaya.

Namun sebelum masuk ke pembahasan mengenai bacaan niat bayar fidyah, ada baiknya kita mengetahui pengertian dan tata cara membayar fidyah yang benar terlebih dahulu. Silahkan simak pembahasan lengkapnya di bawah ini.

Pengertian dan Tata Cara Bayar Fidyah

Membayar fidyah adalah mengganti satu hari puasa yang ditinggalkan dengan memberi makan satu orang miskin. Hal ini dapat dilakukan dengan dua cara, yakni memasak atau membuatkan makanan, dan memberikan kepada orang miskin berupa makanan yang belum dimasak.

Orang yang wajib membayar fidyah terdiri dari tiga golongan, yakni orang yang telah sakit parah dan diperkirakan tidak akan bisa sembuh, orang tua yang sudah renta, dan orang hamil serta menyusui.

Ulama Malikiyah dan Syafiiyah berpendapat bahwa kadar membayar fidyah adalah 1 mud bagi setiap hari tidak bisa puasa. Sedangkan Ulama Hanafiyah berpendapat bahwa kadarnya adalah 1 sho kurma atau gandum. 1 sho setara 4 mud, kira-kira 3 kg. Maka setengah sho kita-kira 1 kg.

Seseorang bisa membayar fidyah pada hari di mana dia tidak meaksanakan puasa atau batas akhirnya sampai hari terakhir bulan Ramadhan. Yang tidak boleh dilakukan adalah membayar fidyah sebelum Ramadhan atau ketika memasuki bulan Sya'ban.

Doa Niat Bayar Fidyah Puasa

Pembacaan niat membayar fidyah puasa terdiri dari dua macam, yakni doa untuk ibu hamil dan menyusui serta doa untuk orang yang sakit parah dan diperkirakan tidak akan bisa disembuhkan. Keduanya akan kami tulis di bawah ini.

Berikut adalah ladafz teks bacaan doa niat membayar fidyah yang benar, sesuai sunnah, dan berdasarkan hadist shahih dalam bahasa Arab, tulisan latin, dan terjemahan Indonesia yang benar.

1. Bagi Ibu Hamil dan Menyusui


نَوَيْتُ أَنْ أُخْرِجَ فِدْيَةَالْمُرْضِعِ فَرْضًاشَرْعًا لِلّٰهِ تَعَالٰى

"Sengaja aku mengeluarkan fidyah bagi orang yang menyusui fardhu pada hukum syara' karena Allah Ta'ala"

2. Bagi Orang Sakit Parah


نَوَيْتُ أَنْ أُخْرِجَ فِدْيَةَالْمَرَضِ الَّذِيْ لاَ يُرْجٰى بَرَؤُهُ فَرْضًاشَرْعًا لِلّٰهِ تَعَالٰى

"Sengaja aku mengeluarkan fidyah bagi orang yang sakit fardhu pada hukum syara' karena Allah Ta'ala."

Kesimpulan
Itu dia pembahasan lengkap mengenai bacaan doa niat bayar fidyah, membayar fidyah online, hitungan membayar fidyah ibu menyusui, bayar fidyah rumaysho, niat membayar fidyah, bayar fidyah baznas, bayar fidyah dompet dhuafa, bayar fidyah kepada siapa.

Baca:

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>