Teks Lirik Sholawat Nazilah Saat Menghadapi Musibah Bencana

Teks Lirik Sholawat Nazilah Saat Menghadapi Musibah Bencana
Daftar Isi Artikel
Mustafalan.com - Bacaan lirik sholawat nazilah. Pada pembahasan sebelumnya, kita telah mempelajari macam macam doa qunut, mulai dari qunut subuh, witir, hingga qunut nazilah. Nama qunut yang terakhir dikhususkan untuk ketika seseorang berada dalam musibah.

lirik sholawat nazilah

Nah pada kesempatan ini kami ingin membahas mengenai sholawat nazilah, yakni sholawat yang juga sama-sama dibacakan saat sesudah menghadapi musibah. Entah itu kecelakaan pribadi, bencana alam, permasalahan ekonomi, hingga permasalahan batin dalam hati.

Banyak sekali musibah di dunia ini yang dapat dialami manusia. Cobaan yang datang silih berganti bukan bertujuan untuk menghukum manusia, melainkan untuk membuat manusia menjadi semakin kuat baik secara fisik maupun rohani.

Melalui sholawat nazilah, kita dapat bersholawat atau memanjatkan doa kepada Nabi Muhammad SAW sekaligus memohon agar bencana atau musibah yang kita alami bisa dipermudah atau diringankan oleh Allah SWT.

Oleh karena itu di kesempatan yang baik ini kami ingin menuliskan bacaan sholawat nazilah, namun sebelum masuk ke pembahasan inti mari kita simak terlebih dahulu defisini dari sholwat nazilah lengkap beserta penjelasannya. Silahkan disimak.

Pengertian Sholawat Nazilah

Sejatinya tidak ada perbedaan antara pengertian qunut nazilah dan sholawat nazilah, karena sholawat nazilah pada dasarnya sama-sama merupakan sholawat yang dimaksudkan untuk memohon kemudahan setelah menghadapi musibah yang berat.

Bacaannya pun tidak ada berbeda. Yang membedakan hanyalah waktu pembacaannya saja, di mana qunut nazilah dibaca pada saat rakaat terakhir di dalam sholat, sedangkan sholawat nazilah dibaca kapan saja di luar sholat.

Sholawat nazilah sejatinya juga hampir mirip dengan doa tolak bala pendek sesuai sunnah, yang membedakan adalah doa tolak bala dibaca untuk menghindari musibah, sedangkan sholawat nazilah dibaca setelah terkena musibah.

Teks Lirik Sholawat Nazilah Menghadapi Bencana

Dalam doa ini kita memohon kepada Allah SWT untuk mengampuni dosa yang pernah kita perbuat, serta seluruh dosa dan kesalahan yang pernah muslimin dan muslimat perbuat. Selain itu, kita juga memohon untuk menimpakan laknat kepada orang kafir dan pendusta.

Berikut adalah lafadz bacaan sholawat nazilah secara lengkap mulai dari teks bahasa Arab, tulisan latin, serta artinya atau terjemahan dalam bahasa Indonesia lengkap sesuai sunnah berdasarkan hadist dan dalil yang shahih.

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لَنَا وَلِلْمُؤْمِنِينَ وَالْمُؤْمِنَاتِ وَالْمُسْلِمِينَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَأَلِّفْ بَيْنَ قُلُوبِهِمْ ، وَأَصْلِحْ ذَاتَ بَيْنِهِمْ وَانْصُرْهُمْ عَلَى عَدُوِّكَ وَعَدُوِّهِمْ
اللَّهُمَّ الْعَنْ كَفَرَةَ أَهْلِ الْكِتَابِ الَّذِينَ يَصُدُّونَ عَنْ سَبِيلِكَ وَيُكُذِّبُونَ رُسُلَكَ وَيُقَاتِلُونَ أَوْلِيَاءَكَ اللَّهُمَّ خَالِفْ بَيْنَ كَلِمَتِهِمَ وَزَلْزِلْ أَقْدَامَهُمْ وَأَنْزِلْ بِهِمْ بَأْسَكَ الَّذِى لاَ تَرُدُّهُ عَنِ الْقَوْمِ الْمُجْرِمِينَ بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ اللَّهُمَّ إِنَّا نَسْتَعِينُكَ

Alloohummagh firlanaa wa lilmu’miniina wal mu’minaat wal muslimiina wal muslimaat. Wa allif baina quluubihim, wa ashlih dzaata bainihim wan shurhum ‘alaa ‘aduwwika wa ‘aduwwihim. Alloohummal ‘an kafarota ahlil kitaab alladzii yashudduuna ‘an sabiilik, wa yukadzzibuuna rusulak, wa yuqootiluuna auliyaa-ak. Alloohumma khoolif baina kalimatihim, wazalzil aqdaamahum, wa anzil bihin ba’sakal ladzii laa taruddahu ‘anil qoumil mujrimiin. Bismillaahirrahmaanirrahiim, Alloohumma inaa nasta’iinuk.

Artinya:
"Ya Allah ampunilah dosa-dosa kami, dan dosa orang mukmin dan mukminat, muslimin dan muslimat. Damaikanlah di antara mereka. Tolonglah mereka untuk mengalahkan musuh-Mu dan musuh mereka. Ya Allah timpakanlah laknat kepada orang kafir ahli kitab yang telah mendustakan para utusan-Mu dan memerangi para wali-Mu. Ya Allah, gagapkanlah ucapan mereka, pecahbelahlah kekuatan mereka. Dan timpakan siksa-Mu yang tidak mungkin mampu dicegah mereka. Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Ya Allah sesungguhnya kami memohon pertolongan kepada-Mu."

Kesimpulan
Sekian pembahasan mengenai teks lirik sholawat nazilah, qunut nazilah latin dan artinya, qunut nazilah adalah, qunut nazilah, mui, doa qunut latin, doa qunut nazilah, mui, doa qunut subuh pendek, doa qunut bahasa indonesia, sholawat nariyah, sholawat nabi lirik, sholawat merdu, sholawat nabi sesuai sunnah, sholawat nabi arab.

Baca:

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>