Doa Tahiyat (Tasyahud) Awal dan Akhir Dalam Sholat

Doa Tahiyat (Tasyahud) Awal dan Akhir Dalam Sholat
Daftar Isi Artikel
Mustafalan.com - Doa tahiyat awal dan akhir. Pada artikel tata cara sholat, dijelaskan bahwa salah satu gerakan sholat yang paling akhir adalah tasyahud atau tahiyat. Dalam gerakan tersebut ada doa yang dibaca dengan posisi duduk sambil mengarahkan jari tangan ke depan.

doa tahiyat awal dan akhir

Gerakan pada sholat ini sangatlah penting. Sebagaimana pentingnya gerakan sholat lainnya yang juga tidak kalah penting. Ketika melakukan gerakan ini, sambil membaca doa, harus dilakukan dengan khusyu.

Doanya pun harus dibaca dengan benar, tidak boleh salah apalagi keliru. Terutama pada bacaan tahiyat akhir yang mungkin sebagian orang (terutama anak-anak dan mualaf) yang masih baru belajar sholat suka terbolak-balik membacanya.

Nah pada kesempatan ini, kami ingin membahas mengenai bacaan doa tahiyat awal dan akhir yang benar, sesuai sunnah, berdasarkan hadist shahih pada sholat wajib maupun sholat sunnah. Namun sebelum itu mari kita simak terlebih dahulu apa itu pengertian dari tahiyat.

Pengertian Tahiyat

Takhiyat disebut juga dengan tasyahud, merupakan gerakan duduk pada sholat ketika rakat kedua dan terakhir (bisa di rakaat dua, tiga, atau empat tergantung jumlah rakaat sholat yang dijalani.

Gerakan yang dilakukan saat melakukan tahiyat awal dan akhir adalah posisi duduk yakni dengan kaki kanan ditegakkan sementara kaki kiri diduduki oleh bagian belakang tubuh sebagaimana dalam hadist:

"Rasul bila duduk pada rakaat kedua beliau duduk di atas kakinya yang kiri dan menegakkan kaki kanan, bila duduk pada rakaat terakhir beliau majukan kakinya yang kiri dan menegakkan kakinya yang kanan, dan beliau duduk di atas pinggulnya." H.R. Bukhari.

Selain itu, ada sunnah yang bisa dilakukan yakni dengan mengepalkan tangan kanan, ibu jari menyentuh jari tengah, sementara telunjukdiarahkan ke depan. Mengangkat jari telunjuk saattahiyat sampai bacaan akhir tahiyat.

Bacaan Doa Tahiyat Awal dan Akhir

Tahiyat awal dan akhir memiliki lafadz atau bacaan yang berbeda. Perlu diketahui bahwa tahiyat awal berkaitan dengan bacaan dua kalimat syahadat sedangkan tahiyat akhir berkaitan dengan sholawat ibramihiyah.

Untuk lebih jelasnya, langsung saja silahkan simak penjelasan mengenai bacaan lafadz doa teks tahiyat awal dan akhir atau tasyahud dalam bahasa Arab, tulisan latin, dan artinya atau terjemahan bahasa Indonesia yang benar sesuai sunnah.

1. Doa Tahiyat atau Tasyahud Awal

اَلتَّحِيَّاتُ الْمُبَارَكَاتُ الصَّلَوَاتُ الطَّيِّبَاتُ ِللهِ. اَلسَّلاَمُ عَلَيْكَ أَيُّهَا النَّبِيُّ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ. اَلسَّلاَمُ عَلَيْنَا وَعَلَى عِبَادِ اللهِ الصَّالِحِيْنَ. أَشْهدُ اَنْ لاَإِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَاَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللهِ

At-tahiyyaatul mubaarakatush shalawaatuth thayyibaatulillaahi. Assalaamu ‘alaika ayyuhan-nabiyyu wa rahmatullaahi wa barakaatuhu. Assalaamu ‘alainaa wa ‘alaa ‘ibaadillaahish-shaalihiina. Asyhadu an laa ilaaha illallaahu wa asyhadu anna Muhammadar Rasuulullaahi.

Artinya:
"Segala kehormatan, keberkahan, rahmat dan keselamatan, serta kebaikan hanyalah kepunyaan Allah. Keselamatan, rahmat dan berkah dari Allah semoga tetap tercurah atasmu, wahai Nabi (Muhammad). Keselamatan, rahmat dan berkah dari Allah semoga juga tercurah atas kami, dan juga atas seluruh hamba Allah yang sholeh. Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah dan bahwa Muhammad adalah utusan Allah."

2. Doa Tahiyat atau Tasyahud Akhir

اَللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ، كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى سَيِّدِنَا اِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا اِبْرَاهِيْمَ وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ كَمَا بَرَكْتَ عَلَى سَيِّدِنَا اِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا اِبْرَاهِيْمَ فِى الْعَالَمِيْنَ إِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ

Allohumma solli ‘alaa muhammad, wa ‘alaa aali muhammad, kamaa sollaita ‘alaa aali ibroohim, wa baarik ‘alaa muhammad, wa ‘alaa aali muhammad, kamaa baarokta ‘alaa aali ibroohim, fil ‘aalamiina innaka hamiidummajiid.

Artinya:
"Ya Allah, limpahkanlah rahmat dan keselamatan untuk Nabi Muhammad. Dan juga limpahkanlah rahmat dan keselamatan kepada keluarga Muhammad, sebagaimana telah Engkau limpahkan rahmat dan keselamatan kepada Ibrahim dan kepada keluarga Ibrahim. Limpahkanlah keberkahan kepada Muhammad dan kepada keluarga Muhammad, sebagaimana Engkau telah melimpahkan keberkahan kepada Ibrahim dan kepada keluarga Ibrahim. Di seluruh alam semesta, sesungguhnya Engkau adalah Maha Terpuji lagi Maha Agung."

Kesimpulan
Itu dia bacaan lafadz doa tahiyat awal dan akhir, perbedaan bacana tahiyat awal dan akhir dalam sholat, sampai salam, yang wajib dibaca, muhammaadiyah, masihid dajjal, doa setelah tahiyat akhir, bacaan, arti tasyahud, terjemahan, sesuai sunnah, awal latin, surah attahiyat in hindi, kumpulan doa sholat, dan sebagainya.

Baca:

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>