Teks Lirik Sholawat Ummi Arab Latin Terjemahan

Teks Lirik Sholawat Ummi Arab Latin Terjemahan
Daftar Isi Artikel
Mustafalan.com - Lirik sholawat ummi. Bersholawat merupakan sebuah hal yang lumrah biasa dilakukan khususnya oleh umat islam. Banyak sekali bermacam-macam bacaan sholawat seperti sholawat nabi, sholawat munjiyat, sholawat nur al anwar dan masih banyak lagi.

lirik sholawat ummi

Salah satu bacaan sholawat yang sering di lafalkan yaitu sholawat ummi atau ummiyil. Adapun keutamaan bersholawat adalah untuk menghormati nabi Muhammad dan mendekatkan diri kepada Allah SWT sehingga kita senantiasa ingat dengan apa tujuan kita hidup di dunia ini.

Sholawat Umm dibuat oleh Syekh Abbu Abbas Al-Mursy Ra, berasal dari bahasa Arab yang artinya tidak dapat membaca dan menulis. Dalam bacaan sholawat yang satu ini tidak membutuhkan waktu yang lama bagi kita untuk bisa menghafalnya, karena sholawat ini tergolong memiliki bacaan yang pendek namun memiliki segudang manfaat bagi siapa saja yang selalu melafalkanya.

Pada kesempatan kali ini, doagama akan menjelaskan lebih rinci terkait shalawat ummi, yang termasuk didalamnya keutamaan, hadits, dan manfaat. Serta tidak ketinggalan bacaan doa shalawat ummi, teks lafadznya dalam bahasa Arab, latin dan artinya.

Hadist Tentang Sholawat Ummi

Seorang ulama Islam Al-Baihaqi pernah meriwayatkan bahwa Rasulullah bersabda barang siapa yang melaksanakan sholat ashar pada hari jumat, dan setelah selesai meninggalkan sholat tersebut kemudian membaca "ALLAHUMMA SHOLLI ALAA MUHAMMADIN UMMYYI WA ALAA ALIHI WASALLIM TASLIIMAN" sebanyak 80 kali maka dosanya selama 80 tahun akan diampuni.

Lalu kemudian At Tuhfah Al-Maldriyyah Fil-Akhbaril Qudsiyyah Wal-Ahaditsin-Nabawiyyah – As-Syikh-Abdul Majid Al-‘Adawiy juga pernah mengatakan bahwa Rasulullah bersabda barang siapa membaca salawat ummi sebanyak 100 kali, maka dia bisa melihat Allah, Rasulullah atau surga.

Kemudian ada Syeikh Abbu Abbas Al-Mursy meriwayatkan bahwa siapapun yang membaca bacaan solawat ummi secara terus menerus sepanjang hari jumat sebanyak 500 kali, maka orang tersebut akan dijaga menjelang ajalnya sebelum dipertemukan dengan Nabi Muhammad.

Dan yang terakhir ada Syeikh Yusuf An-Nabhani yang mengatakan bahwa siapapun yang mengamalkan sholawat ummi ini maka dia akan mendapatkan karunia bisa bertemu dengan Rasulullah SAW di dunia nyata, atau setidaknya di alam mimpi kita ketika tidur.

Keutamaan Sholawat Ummi

Untuk mendapatkan dan merasakan karunia yang didapatkan dari melafalkan sholawat ummi ini kita harus senantiasa mengamalkannya dengan sungguh-sungguh dan terus dilakukan dengan berserah diri kepada Allah sehingga apa yang kita dapatkan bisa memiliki makna nantinya untuk kita. Dari beberapa riwayat yang dikemukakan oleh tokoh islam diatas, maka dapat diambil kesimpulan bahwa sholawat ini memiliki keutamaan diantaranya:
  • Apabila dibaca sebanyak 80 kali setelah sholat ashar pada hari jumat, maka dosa kita akan diampuni selama 80 tahun.
  • Apabila dibaca sebanyak 100 kali, maka kita dapat bertemu dengan Allah SWT, Muhammad SAW dan surga yang indah.
  • Apabila dibaca sebanyak 500 kali pada hari jumat, maka kita tidak akan mati sebelum bertemu dengan Nabi Muhammad.
  • Apabila mengamalkannya secara istiqamah maka kita bisa betemu dengan Rasulullah di dunia nyata, atau di alam mimpi ketika tertidur.

Bacaan Doa Lirik Sholawat Ummi

sholawat ummi

Setelah melewati banyak waktu, akhirnya bacaan sholawat semacam ini juga bisa kita amalkan dengan mudah dan tahu maksud sesungguhnya dari sholawat ini.

Bacaan shalawat ini telah ditafsirkan ke dalam tulisan lati bahkan telah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia sehingga mempermudah pemahaman kita tentang maksud dari sholawat ummi ini. Berikut adalah lafalnya.

اَللَّــهُمَّ صَلِّ عَـلـٰى سَـيِّـدِنَـا مُحَمَّدٍ عَبْدِكَ وَنَـبِـيِّكَ وَرَسُوْلِكَ نَبِى الْأُمِّـى وَعَــلـٰى أَلِـهِ وَصَحْبِهِ وَسِلِّـمْ.

Allahumma sholli’alaa sayyidinaa muhammadin abdika wanabiyyika wa Rosuulika Nabil Ummi wa a’laa alihi wa shohbihi wasillam.

Artinya:
"Ya Allah, limpahkanlah rahmat kepada junjungan kami Nabi Muhammad saw, sebagai hamba, Nabi, dan utusan-Mu yang Ummi (tidak bisa membaca dan menulis) beserta keluarga dan sahabatnya dengan salam yang sesungguhnya."

Kesimpulan
Itulah penjelasan tentang lirik sholawat ummi, keutamaan, rahasia, hadist, sighat sholawat ummi, lirik lagu, mp3, chord, bacaan sholawat nabi sholawat ummi lengkap faedah, sholawat nabi muhammad rasulullah saw.

Baca:

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>