Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Teks Lirik Sholawat Ibrahimiyah Arab Latin Terjemahan

Daftar Isi [Tampil]

Mustafalan.com - Lirik sholawat ibrahimiyah. Bersholawat merupakan hal yang lumrah dilakukan kita kebanyakan umat islam didunia. Salah satu keutamaan melakukan sholawat yaitu untuk memberi penghormatan kita kepada Nabi Muhammad Saw dan agar selalu mengingat Allah SWT.

lirik sholawat ibrahimiyah

Diantara banyak bacaan sholawat, ada salah satu sholawat yang kita bacakan tak kurang dari 5 kali setiap hari yaitu sholawat ibrahimiyah. Sholawat ini selalu kita lafalkan ketika kita melakukan tasyahud didalam shalat kita.

Sholawat ibrahimiyah merupaka sholawat yang memiliki keistimewaan lebih dibandingkan sholawat lainnya baik yang diriwayatkan nabi (ma'tsurah) atau yang tidak diriwayatkan. Karena keistimewaannya ini para ulama menetapkan sholawat ini sebagai sholawat yang dibaca ketika seorang muslim melakukan ibadah sholat disamping karena adanya perihal kesahihan haditsnya.

Tak ada larangan bagi kita untuk melafalkan bacaan sholawat ini diluar waktu sholat entah dalam keadaan apapun terkecuali dalam kondisi yang memang tidak dianjurkan untuk mengucapkan kalimat dalam alquran.

Sama halnya dengan sholawat-sholawat lainya, setiap sholawat memiliki tujuan dan doa tersendiri, adapun maksud mengamalkan sholawat ibrohimiyyah adalah untuk memberi doa kepada baginda Nabi Muhammad Saw sebagai rasa penghormatan kita atas segala sesuatu yang telah ia lakukan.

Hadist Tentang Sholawat Ibrahimiyah

Banyak hadits atau dalil sahih yang meriwayatkan tentang shalawat ibrahimiyah ini, mereka diantaranya adalah Imam Bukhari, Imam Malik, Abu Dawud, Nazai, Turmudzi, Imam As-Sakhawi, Imam Al-Iraqi dan ulama-ulama besar islam lainnya.

Imam Ahmad As-Shawi menyebutkan sebuah hadits Imam Bukhori yang mengatakan bahwa Rasulullah SAW bersabda sebagai berikut:

من قال هذه الصلاة شهدت له يوم القيامة بالشهادة وشفعت له

Artinya:
"Barangsiapa yang membaca shalawat ini maka aku bersaksi baginya di hari kiamat dengan kesaksian dan aku memberi syafaat baginya."

Keutamaan Sholawat Ibrahimiyah

Bacaan sholawat ibrahimiyah dinamakan Ibrahim menurut Imam Nawawi yaitu karena merupakan bentuk sholawat yang paling utama dan sempurna, banyak menimbulkan pengaruh manfaat bagi siapa saja yang membacanya, terutama bagi siapa saja yang ingin menunaikan ibadah haji.

Melafalkan sholawat dalam setiap waktu akan membawa kita pada ketenangan hati. Apalagi sholawat yang kita baca merupakan salah satu sholawat paling baik diantara sholawat yang lain, hal itu akan membawa faedah berlipat-lipat untuk kita.

Memperbanyak sholawat ibrahimiyah dalam kehidupan kita merupakan salah satu ibadah yang mudah bagi kita bahkan ganjaran atas hal tersebut merupakan suatu hal yang sangat bermanfaat bagi kita. Berikut adalah keutamaan-keutamaan dari sholawat ibrahimiyah.
  • Merupakan bacaan sholawat yang paling sempurna dan istimewa.
  • Satu-satunya sholawat yang dibaca saat sholat yaitu ketika melakukan tasyahud.
  • Memiliki manfaat dan pengaruh besar bila kita mengamalkannya terus-menerus.

Selain tiga diatas, masih banyak manfaat yang bisa kita dapatkan bila kita melafalkan shalawat ini seara rutin. Karena keistimewaannya pasti ada satu hal baik yang akan kita dapatkan bila kita terus melafalkannya.

Bacaan Doa Lirik Sholawat Ibrahimiyah

sholawat ibrahimiyah

Ada satu hal yang menarik dibahas dalam sholawat ini yaitu dimana ada penambahan kata sayyidina sebelum kata Muhammad pada sholawat ibrahimiyah. Apakah penambahan tersebut merupakan sesuatu yang salah?

Imam Ahmad bin Hajar menjelaskan tentang fenomena ini bahwa penambahan kata Sayyidina (artinya: baginda, tuan) sebelum kata Muhammad bukanlah sesuatu yang salah. Justru hal ini merupakan sebuah bentuk penghormatan kepada Nabi Muhammad SAW.

Rasulullah SAW merupakan orang yang paling dimuliakan, oleh karena itu akan lebih baik bila kita memerikan tambahan atas penghormatan kita dengan menambahkan kata sayyidina pada nama depan Muhammad untuk bacaan ibrahimiyah ketika sholat.

Berikut adalah lafal bacaan shalawat ibrahimiyah dalam bahasa arab, latin dan terjemahannya.

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كما صَلَّيْتَ عَلَى إبْرَاهِيمَ وعلى آلِ إبْراهِيمَ، وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كما بَاركْتَ عَلَى إبْرَاهِيمَ وَعَلَى آل إبراهيم في العالَمِينَ إنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ

Allahumma shalli ‘alaa sayyidinaa muhammad wa’alaa aali sayyidinaa muhammadin kamaa shallaita ‘alaa sayyidinaa ibraahiima wa’alaa aali sayyidinaa ibrahiia wabaarik ‘alaa aali sayyidinaa muhammadin kamaa baarakta ‘alaa sayyidinaa ’alaa sayyidinaa ibraahima wa ‘alaa aali sayyidina ibraahima, fil ‘aalamiina innaka hamiidun majiidun.

Artinya:
"Ya Allah, berilah kasih saying kepada junjungan kita nabi Muhammad dan keluarganya sebagaimana Engkau memberi kasih sayangmMu kepada junjungan kita Nabi Ibrahim dan keluarganya. Dan berkatilah kepada junjungan kita nabi Muhammad dan keluarganya sebagaimana Engkau memberkati junjungan kita nabi Ibrahim dan kelurganya diantara makhluk makhlukmu, sesungguhnya Engkau Maha Terpuji dan Maha Mulia."

Kesimpulan
Demikian penjelasan tentang lirik sholawat ibrahimiyah, keajaiban, lagu, nabi, jibril, sholawat ibrahimiyah 100x, hikmah, keutamaan, manfaat, faedah, fadhilah, bacaan, teks sholawat ibrahimiyah, sesuai sunnah, karomah, mp3 download, dan sebagainya.

Baca:

Posting Komentar untuk "Teks Lirik Sholawat Ibrahimiyah Arab Latin Terjemahan"