Doa Sebelum dan Sesudah Wudhu Arab Latin dan Artinya

Doa Sebelum dan Sesudah Wudhu Arab Latin dan Artinya
Daftar Isi Artikel
Mustafalan.com - Doa sebelum dan setelah wudhu. Sebelumnya kita telah membahas tentang doa wudhu, yakni doa lengkap yang dibaca pada saat melakukan setiap gerakan-gerakan wudhu. Karena pada setiap pergantian gerakan wudhu, ada doa berbeda yang perlu diucapkan.

doa sebelum dan sesudah wudhu

Dan pada saat ini, kami akan kembali menulis tentang doa yang dipanjatkan ketika berwudhu, yakni doa sebelum dan sesudah wudhu yang dibaca pada saat mengawali dan mengakhiri kegiatan berwudhu untuk membersihkan tubuh dari hadats kecil.

Sebagai informasi tambahan, apabila kita terkena hadats besar seperti haid, nifas, dan lain-lain maka kita tidak dapat menyucikan diri dengan wudhu saja, melainkan harus melaksanakan mandi wajib laki laki atau mandi wajib perempuan.

Sedangkan apabila tidak ada air sebagai media berwudhu, maka kita bisa menggunakan pasir, debu, atau tanah yang suci dengan cara tayamum. Hal ini pun telah dibolehkan oleh Allah SWT untuk mempermudah seseorang yang ingin menyucikan diri untuk beribadah.

Di bawah ini kami akan menuliskan bacaan lafadz doa sebelum dan sesudah wudhu yang benar yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW dan telah disebutkan di berbagai hadits shahih yang benar sesuai sunnah. Silahkan disimak.

Doa Sebelum Wudhu Sesuai Sunnah

doa sebelum wudhu

Doa sebelum wudhu ini dibaca pada saat hendak berwudhu, sebelum tangan menyentuh air keran, air hujan, atau air suci lainnya yang mengalir. Namun doa ini juga dapat dibaca pada saat membasuh kedua telapak tangan.

Makna dari doa ini adalah mengucap syukur kepada Allah SWT karena telah memberikan air yang suci untuk ktia berwudhu sehingga seluruh anggota badan bisa disucikan dari najis-najis kecil yang menempel.

Berikut adalah lafadz bacaan doa sebelum wudhu yang benar sesuai sunnah berdasarkan hadits shahih ditulis menggunakan bahasa Arab, tulisan latin dan artinya atau terjemahan bahasa Indonesia singkat, pendek, ringkas.

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِي جَعَلَ اْلمَاءَ طَهُوْرًا

Al-hamdu lillahilladzi ja’alal-ma’a tahuran.

Artinya:
"Segala puji hanyalah bagi Allah yang telah menjadikan Air suci lagi menyucikan."

Doa Sesudah Wudhu yang Benar

doa sesudah wudhu

Setelah selesai berwudhu, tepatnya setelah membasuh kedua telapak kaki dilanjutkan dengan melafadzkan doa sesudah wudhu yang benar berikut ini. Caranya adalah dengan menadahkan tangan menghadap ke langit, kemudian dari dalam hati membaca lafadz doa berikut.

Makna dari doa ini adalah memohon kepada Allah SWT untuk menjadikan kita sebagai manusia yang tergolong ke dalam orang-orang yang bertaubat dan menjadikan kita sebagai hamba-Nya yang suci lagi bersih.

Di bawah ini tertera teks, lafadz, bacaan doa setelah wudhu lengkap bahasa Arab, latin dan terjemahannya yang benar sesuai sunnah menurut hadist shahih dalam agama Islam untuk anak-anak, remaja, dewasa, hingga tua.

اَشْهَدُ اَنْ لاَّاِلَهَ اِلاَّاللهُ وَحْدَهُ لاَشَرِيْكَ لَهُ وَاَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًاعَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ. اَللّٰهُمَّ اجْعَلْنِىْ مِنَ التَّوَّابِيْنَ وَاجْعَلْنِىْ مِنَ الْمُتَطَهِّرِيْنَ، وَجْعَلْنِيْ مِنْ عِبَادِكَ الصَّالِحِيْ

Asyhadu allaa ilaaha illalloohu wahdahuu laa syariika lahu wa asyhadu anna muhammadan ‘abduhuuwa rosuuluhuu, alloohummaj’alnii minat tawwaabiina waj’alnii minal mutathohhiriina, waj’alnii min ‘ibadikash shaalihiina.

Artinya:
"Aku bersaksi, tidak ada Tuhan selain Allah Yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagi-Nya, dan aku mengaku bahwa Nabi Muhammad itu adalah hamba dan Utusan Allah. Ya Allah, jadikanlah aku dari golongan orang-orang yang bertaubat dan jadikanlah aku dari golongan orang-orang yang suci dan jadikanlah aku dari golongan hamba-hamba-Mu yang shaleh."

Kesimpulan
Sekian pembahasan tentang doa sebelum dan sesudah wudhu, latin, muhammadiyah, nu, bahasa arab, indonesia, yang benar, lengkap pdf, tata cara, syarat, bacaan wudhu dan maknanya, urutan, doa setelah selepas seusai sesudah wudhu.

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>