Doa Agar Lingkungan Aman Tentram Arab Latin dan Artinya

Doa Agar Lingkungan Aman Tentram Arab Latin dan Artinya
Daftar Isi Artikel
Mustafalan.com - Doa mohon ketentraman dan keamanan lingkungan. Semua orang tentu ingin tinggal di lingkungan yang aman, tentram dan bahagia. Setiap orang mendambakan rumah tinggal yang nyaman, damai, dan sehat.

doa agar lingkungan aman dan tentram

Maka dari itu, ketika membeli rumah, apartemen, atau jenis properti tinggal lainnya, harus kita perhatikan dulu apakah tempat tinggal yang ingin kita beli berada di lokasi yang strategis, aman, dan dijaga selama 24 jam atau tidak.

Selain itu, ketika sudah ditempati, jangan lupa terus berdoa kepada Tuhan agar lingkungan sekitar rumah tetap aman, tentram, dan sejahtera. Karena setiap saat kondisi lingungan bisa berubah-ubah, bisa saja lingkungan yang tadinya baik berubah menjadi buruk, begitu pula sebaliknya.

Rasulullah SAW mencontohkan beberapa doa yang dapat dijadikan amalan atau wirid supaya lingkungan tetap aman dan sejahtera. Doa singkat yang bersumber dari berbagai hadits shahih, ayat Al-Quran maupun sabda langsung dari Baginda Rasul.

Di bawah ini kami akan menuliskan beberapa doa untuk memohon keamanan, ketentraman, dan kesejahteraan lingkungan sesuai sunnah berdasarkan hadits shahih. Silahkan simak dan pelajari doa berikut dan jangan lupa amalkan secara istiqomah.

Doa Agar Lingkungan Aman

doa agar lingkungan aman

Bacalah doa untuk memohon supaya lingkungan aman, bebas dari tindak kriminal, kejahatan, dan sebagainya. Termasuk untuk rumah yang berada di kota agar tetap aman ketika ditinggal mudik ke kampung halaman.

Doa ini memiliki banyak sekali makna dan manfaat, diantaranya ialah memohon kepada Allah SWT untuk mengeluarkan kita dari hal-hal dzalim dan memohon perlindungan kepada Allah SWT untuk setiap hal termasuk perlindungan agar lingkungan aman.

Langsung saja simak bacaan lafadz doa supaya lingkungan aman dalam bahasa Arab, tulisan latin dan artinya atau terjemahan bahasa Indonesia secara singkat, pendek, dan ringkas sesuai sunnah yang benar berdasarkan hadist shahih.

رَبَّنَا أَخْرِجْنَا مِنْ هَٰذِهِ الْقَرْيَةِ الظَّالِمِ أَهْلُهَا وَاجْعَلْ لَنَا مِنْ لَدُنْكَ وَلِيًّا وَاجْعَلْ لَنَا مِنْ لَدُنْكَ نَصِيرًا

Robbanaa akhrijnaa min haadzihil qoryatidz dzoolimi ahluhaa waj’al lanaa min ladunka waliyyan waj’al lanaa min ladunka nashiiroo

Artinya:
"Ya Allah, keluarkanlah kami dari tempat ini yang zholim penduduknya ini, dan berilah kami pelindung dari sisi‐Mu serta berilah kami penolong dari Mu."

Doa Agar Ligkungan Tentram

Berbeda dengan kata aman, istilah tentram yang dimaksud di sini ialah lingkungan yang damai, tidak bising, menyenangkan, dan membuat hati menjadi gembira dan bahagia. Ketentraman hadir apabila memiliki tetangga yang baik dan saling mendukung.

Makna khasiat atau keutamaan dari doa ini ialah memohon kepada Allah untuk melindungi kita dari kejahatan, karena kita yakin Allah SWT akan melindungi semua hamba-Nya yang memohon kepada-Nya secara tulus.

Doa ini sangat baik dibaca untuk diamalkan, dijadikan wirid atau dzikir memohon lingkungan tentram seperti contohnya setelah menunaikan sholat dhuha, sholat tahajud, atau puasa senin kamis. Silahkan simak doa di bawah ini.

أَعُوْذُ بِكَلِمَاتِ اللهِ التَّامَّاتِ مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَ

A'uudzubikalimaa tillah hittammati minsyarrimaa khalaq.

Artinya:
"(Aku berlindung dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna dari kejahatan apa yang diciptakan-Nya) niscaya tidak akan ada yang memudharatkannya."

Kesimpulan
Demikianlah penjelasan doa agar lingkungan aman, tentram, damai, bahagia, sejahtera, nyaman ditinggali, bebas dari kejahaatan, aman ditinggalkan, doa supaya tetangga, masyarakat, warga sekitar baik dan saling tolong menolong.

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>