Niat Tata Cara Mandi Wajib Laki-laki Mimpi Basah

Niat Tata Cara Mandi Wajib Laki-laki Mimpi Basah
Daftar Isi Artikel
Mustafalan.com - Niat mandi junub bagi laki-laki. Seorang muslim dapat menjalankan ibadah sholat atau puasa hanya jika dirinya dalam kondisi suci. Bagi laki-laki, ada saat di mana mereka berada dalam kondisi tidak suci dan tidak boleh melaksanakan sholat.

niat tata cara mandi wajib laki laki

Waktu tersebut ialah ketika keluar cairan dari organ vital tubuh. Hal tersebut dapat terjadi pada laki-laki remaja, dewasa, hingga tua setelah mimpi basah atau berhubungan badan dengan lawan jenis. Jika hal tersebut terjadi, maka seorang laki-laki harus segera mandi wajib atau junub.

Mandi yang dilakukan bukan seperti mandi biasa, melainkan mandi khusus dengan doa dan tata cara yang telah ditentukan menurut hadits shahih. Untuk pelaksanaannya hampir mirip seperti mandi wiladah bagi wanita setelah melahirkan.

Barangsiapa yang tidak melaksanakan mandi junub ini, maka sholat dan puasa yang dikerjakan tidak akan sah di mata Allah SWT. Terlebih lagi, seorang laki-laki akan dianggap meninggalkan sholat dan mendapat dosa yang begitu besar.

Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas mengenai mandi wajib setelah mimpi basah atau berhubungan badan dengan istri bagi laki-laki, mulai dari niat hingga tata cara pelaksanaan. Silahkan disimak penjelasannya di bawah ini.

Niat Mandi Wajib Untuk Laki-laki

niat mandi wajib

Niat mandi wajib atau mandi junub ini dibaca tepat sebelum mandi. Setelah memasuki kamar mandi dan mengawalinya dengan doa masuk kamar mandi, setelah semua kain yang menempel ditanggalkan dari tubuh, barulah doa niat ini dibaca.

Sebagaimana mandi wiladah, mandi junub ini juga merupakan ibadah karena menyucikan diri dari hadats besar. Maka dari itu dalam membaca niat ini harus dilakukan dengan sungguh-sungguh untuk memohon ridho dari Allah SWT.

Silahkan simak di bawah ini bacaan lafadz doa niat mandi wajib untuk laki-laki sesudah mimpi basah dalam bahasa Arab, latin dan artinya atau terjemahan bahasa Indonesia lengkap sesuai sunnah berdasarkan hadits shahih yang benar.

نَوَيْتُ الْغُسْلَ لِرَفْعِ الْحَدَثِ اْلاَكْبَرِ فَرْضًا ِللهِ تَعَالَى

Nawaitul ghusla lirof’il hadatsil akbari fardhon lillaahi ta’aalaa.

Artinya:
"Aku berniat mandi untuk menghilangkan hadats besar, fardhu karena Allah Taala."

Tata Cara Mandi Wajib

Untuk tata cara melaksanakan mandi junub bagi pria ini sama seperti mandi wajib pada umumnya, yakni dimulai dari membaca niat, membasuh area vital, berwudhu, dan mulai mandi. Untuk lebih lengkapnya silahkan simak panduan mandi wajib di bawah ini.

1. Membaca Niat

Yang pertama harus dilakukan adalah membaca niat mandi wajib terlebih dahulu seperti yang telah disebutkan sebelumnya. Niat dibaca dengan sungguh-sungguh agar ibadah menyucikan diri kita diteirma oleh-Nya.

2. Membersihkan Area Vital

Kemudian basuhlah area vital dengan air bersih sebanyak tiga kali. Agar lebih bersih, gunakan sabun mandi dan ratakan ke sekujur kulit di area tersebut. Pastikan melakukannya sebanyak tiga kali karena ini merupakan sunnah.

3. Berwudhu

Kemudian, berwudhu seperti biasa. Yang perlu diketahui bahwa dalam mandi wajib, wudhu yang dilaksanakan juga dilakukan dengan membaca doa wudhu, mulai dari doa sebelum, ketika membasuh bagian tubuh, hingga sesudah wudhu.

4. Membasuh Sekujur Tubuh

Terakhir adalah membasuh sekujur tubuh mulai dari bagian tubuh yang kanan terlebih dahulu, ini merupakan sunnah yang dapat diamalkan karena sebagaimana yang kita ketahui bahwa kebaikan selau muncul dari sisi kanan.

Kesimpulan
Itu dia penjelasan lengkap mengenai mandi wajib laki-laki menurut agama islam, bahasa indonesia, yang benar, dan tata caranya, setelah berhubungan, jimak, tata cara mandi wajib untuk kami anak islam, penyebab mandi junub, rukun, syarat, dan sebagainya.

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>