Doa Sebelum dan Sesudah Makan Minum Arab dan Latinnya

Doa Sebelum dan Sesudah Makan Minum Arab dan Latinnya
Daftar Isi Artikel
Mustafalan.com - Bacaan doa sebelum dan sesudah makan minum. Makan dan minum adalah kebutuhan primer manusia. Jika tidak teratur, maka tubuh bisa saja terkena penyakit sehingga manusia tidak bisa mengerjakan ibadah seperti sholat dan puasa secara maksimal.

doa sebelum dan sesudah makan minum

Maka dari itu sebagai manusia kita harus makan dan minum secara teratur, minimal tiga kali sahari pada pagi hari (sarapan), siang hari (makan siang), dan malam hari (makan malam/dinner). Selain itu, ketika makan kita juga harus membaca doa baik sebelum dan sesudahnya.

Tujuannya ialah agar makanan dan minuman yang masuk ke tubuh kita menjadi berkah, bukannya menjadi penyakit. Karena pada beberapa kasus, tubuh manusia mungkin rentan terhadap beberapa jenis makanan. Oleh karena itu, berdoalah untuk meminta perlindungan dari Allah SWT.

Selain itu, berdoa pada saat makan dan minum juga dimaksudkan agar makanan yang telah masuk ke perut kita dapat menjadi penolong, penguat, pemberi energi tubuh sehingga kita dapat menjalankan aktifitas sehari-hari secara normal tanpa kendala apapun.

Mungkin pada saat kecil, ketika masuk TK atau SD, guru-guru sering mengajari kita untuk membaca doa makan. Bagi yang ingin mengetahui teks doa makan dalam bahasa Arab, tulisan latin beserta artinya atau terjemahan dalam bahasa Indonesia, silahkan simak di bawah ini.

Doa Sebelum dan Sesudah Makan

Saat sebelum makan dan sesudah makan, kita dianjurkan membaca dua kalimat lafadz berbeda. Berikut adalah bacaan doa ketika akan makan dan setelah selesai makan bersama atau sendiri. Silahkan disimak.

1. Doa Sebelum Makan Arab dan Latinnya

doa sebelum makan

Doa ketika akan makan berikut ini dimaksudkan untuk mengharap rezeki dari Allah SWT dari makanan yang telah diberikan-Nya kepada kita, serta memohon agar menjauhkan kita dari panasnya api neraka. Berikut ialah bacaan doanya.

اَللّٰهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْمَا رَزَقْتَنَا وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Allaahumma barik lanaa fiimaa razatanaa waqinaa 'adzaa bannar.

Artinya:
"Ya Allah, berkahilah kami dalam rezeki yang telah Engkau berikan kepada kami dan peliharalah kami dari siksa api neraka."

2. Doa Sesudah Makan Arab dan Latinnya

doa sesudah makan

Setelah selesai makan, bacalah doa berikut ini yang memiliki makna yaitu kita mengucap syukur dari makanan yang telah kita santap, serta berdoa agar kita dapat menjadi orang-orang yang shalih dan selalu taat kepada-Nya.

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِىْ اَطْعَمَنَا وَسَقَانَا وَجَعَلَنَا مُسْلِمِيْنَ

Alhamdu lillaahil ladzii ath'amanaa wa saqaanaa wa ja'alnaa muslimiin.

Artinya:
"Segala puji bagi Allah yang telah memberi makan kami dan minuman kami, serta menjadikan kami sebagai orang-orang islam."

Doa Sebelum dan Sesudah Minum

Makan selalu dibarengi dengan minum, namun minum tidak harus selalu didahului dengan makan. Kadang ketika kita haus, kita meminum air, tidak harus lapar terlebih dahulu untuk bisa minum. Berikut adalah penjelasan mengenai doa sebelum dan sesudah minum yang benar sesuai hadits shahih.

1. Doa Sebelum Minum Arab dan Latinnya

Saat akan hendak minum air putih, bening, teh, kopi, jus, dan sebagainya, bacalah doa berikut ini untuk mengawalinya, agar minuman yang kita tenggak dapat menjadi berkah bagi tubuh kita serta memberi kekuatan yang positif.

بِسْمِ اللهِ فِىِ أَوَّلِهِ وَآخِرِهِ

Bismillaahi fii awwalihi wa aakhirihi.

Artinya:
"Dengan menyebut nama Allah pada awal dan akhirnya."

2. Doa Sesudah Minum Arab dan Artinya

Setelah miuman selesai ditelan, untuk mengucap syukur bacalah doa pendek berikut ini agar minuman yang telah masuk ke dalam tubuh kita dapat menjadi rahmat, serta menjadikan minuman sebagai obat dan bukannya penyakit.

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِىْ جَعَلَهُ عَذْبًا فُرَاتًا بِرَحْمَتِهِ وَلَمْ يَجْعَلْهُ مِلْحًا اُجَاجًا بِذُنُوْبِنَا

Alhamdu lillaahil ladzi ja'alahuu 'adzbam furaatam birahmatihii wa lamyaj'alhu milhan ujaajam bidzunuubinaa.

Artinya:
"Segala puji bagi Allah yang telah menjadikan air ini (minuman) segar dan menggiatkan dengan rahmat-Nya dan tidak menjadikan air ini (minuman) asin lagi pahit karena dosa-dosa kami."

Kesimpulan
Itulah penjelasan mengenai doa sebelum dan sesudah makan serta minum, dan artinya per ayat, kurma ajwa, bahasa indonesia, sesuai sunnah, latin, dalam bahasa inggris, doa sebelum minum air zam zam, buah zuriat, susu, dan sebagainya.

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>