Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Doa Keluar Rumah Bepergian Latin dan Keutamaannya

Daftar Isi [Tampil]

Mustafalan.com - Bacaan doa keluar rumah ketika bepergian. Saat keluar rumah, ketika meninggalkan hunian atau orang lain yang tinggal di rumah, kita harus berdoa untuk memohon perlindungan bagi diri kita sendiri maupun perlindungan bagi yang ditinggalkan.

doa keluar rumah dan bepergian

Perlindungan yang diharapkan untuk diri sendiri saat bepergian keluar rumah antara lain memohon perlindungan agar tidak ada halangan selama dalam perjalanan, terhindar dari berbagai marabahaya atau musibah, serta bisa sampai tujuan dengan selamat dan tepat waktu.

Sementara itu, perlindungan bagi yang ditinggalkan meliputi perlindungan kepada orang yang ditinggalkan agar dihindarkan dari bencana dan cobaan, serta mohon perlindungan agar rumah atau tempat tinggal dihindarkan dari kerusakan maupun yang diakibatkan oleh orang-orang tidak bertanggung jawab.

Sebelumnya kita telah membahas mengenai doa bepergian jauh, dan doa keluar rumah ini dapat dijadikan amalan tambahan sebelum membaca doa tersebut. Kedua amalan ini bisa dibaca secara berurutan mulai dari membaca doa keluar rumah terlebih dahulu baru kemudian doa bepergian jauh setelah rumah ditinggalkan atau dikunci.

Baca: Doa Masuk Rumah

Bagaimana bacaan doanya? Bagi yang belum tahu dan ingin belajar, silahkan baca teks lafadz dan bacaan doanya berikut ini. Doa ditulis dalam bahasa Arab, tulisan latin beserta terjemahannya atau arti dalam bahasa Indonesia. Silahkan disimak.

Doa Keluar Rumah Arab dan Latinnya

doa keluar rumah

Saat hendak memasuki rumah, bacalah doa singkat dan pendek berikut ini untuk mengusir syaitan yang mungkin ada di dalam rumah, untuk menghilangkan aura negatif serta mendatangkan keberkahan dari Allah SWT.

Makna dari doa ini adalah dengan berserta menyebut nama Allah Ta'ala, kita memohon pertolongan-Nya untuk mendatangkan kebaikan dan menghindarkan diri dari keburukan. Karena hanya Allah SWT, Tuhan yang memiliki kemampuan.

Berikut adalah bacaan doa lafadz keluar rumah menurut agama Islam dalam bahasa Arab, tulisan latin dan artinya atau terjemahan Indonesia ringkas dan pendek sesuai sunnah berdasarkan hadits yang shahih.

بِسْمِ اللهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللهِ لاَحَوْلَ وَلاَقُوَّةَ اِلاَّ بِالله

Bismillaahi tawakkaltu 'alallaahi laa hawlaa walaa quwwata illaa bilaahi.

Artinya:
"Dengan menyebut nama Allah aku bertawakal kepada Allah, tiada daya kekuatan melainkan dengan pertologan Allah."

Doa Ketika Bepergian dan Latinya

Ada banyak hal yang dilakukan ketika keluar rumah, contohnya seperti menjemur pakaian, duduk di teras, memanaskan mesin kendaraan, atau bepergian. Dan doa berikut dilafadzkan ketika keluar rumah dengan maksud untuk bepergian ke suatu tempat.

Makna atau fadhilah dari doa ini adalah kita memohon kepada Allah SWT agar diberi kemudahan selama melakukan perjalanan, dipersingkat waktunya agar segera sampai tujuan, dan meminta perlindungan-Nya selama bepergian. Berikut adalah bacaan doanya.

اَللّٰهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا سَفَرَنَا هَذَا وَاطْوِعَنَّابُعْدَهُ اَللّٰهُمَّ اَنْتَ الصَّاحِبُ فِى السَّفَرِوَالْخَلِيْفَةُفِى الْاَهْلِ

Allohumma hawwin ‘alainaa safaranaa hadzaa waatwi ‘annaa bu’dahu. Allohumma antashookhibu fiissafari walkholiifatu fiil ahli

Artinya:
"Ya Allah, mudahkanlah kami berpergian ini, dan dekatkanlah kejauhannya. Ya Allah yang menemani dalam berpergian, dan Engkau pula yang melindungi keluarga."

Keutamaan Doa Keluar Rumah dan Bepergian

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa ada banyak sekali keutamaan yang kita dapat apabila keluar rumahdan bepergian ke sebuah tempat yang dekat maupun jauh. Berikut adalah beberapa keutamaan dan berkah yang didapat bila kita mengamalkan doa tersebut:
  • Pertama, Allah SWT akan melindungi kita dari berbagai keburukan, marabahaya, dan bencana.
  • Allah SWT akan melindungi kita dari godaan syaitan yang terkutuk.
  • Selalu berada dalam lindungan-Nya.
  • Mengamalkan sunnah dari Nabi Muhammad SAW.
  • Mendekatkan diri kepada Allah SWT.
  • Dan masih banyak lagi yang lainnya.

Kesimpulan
Itulah penjelasan mengenai doa keluar rumah sesuai sunnah, latin dan artinya, doa meninggalkan rumah lama untuk merantau, keutamaan doa keluar rumah, doa ketika meninggalkan rumah, hunian, tempat tinggal, apartement, cluster,dll.

Posting Komentar untuk "Doa Keluar Rumah Bepergian Latin dan Keutamaannya"