Doa Keluar Masjid Sesuai Sunnah Arab Latin dan Artinya

Doa Keluar Masjid Sesuai Sunnah Arab Latin dan Artinya
Daftar Isi Artikel
Mustafalan.com - Doa keluar masjid lengkap sesuai sunnah. Ketika pertama kali memasuki masjid, seorang muslim atau muslimah dianjurkan membaca doa masuk masjid, begitu pula saat keluar kita juga harus mengucapkan doa keluar masjid.

doa keluar masjid sesuai sunnah

Sebelum keluar dari masjid, ada beberapa adab yang perlu dipatuhi. Yang pertama ialah menaruh seluruh perlengkapan masjid kembali ke tempat asalnya, mulai dari Al-Quran, mic, kursi, sajadah, mukena, sarung, peci, hingga yang lain.

Yang kedua adalah tetap menjaga kebersihan masjid. Oleh karena itu kadang terdapat larangan untuk membawa makanan atau minuman masuk ke dalam masjid kecuali dalam keadaan-keadaan tertentu. Barangsiapa menjaga adab tersebut insyaallah akan banyak rahmat menyertai kita.

Ketika keluar untuk meninggalkan masjid, kita harus mendahulukan kaki kiri terlebih dahulu karena kita beranjak dari tempat yang lebih suci (masjid) menuju tempat yang rentan terhadap najis, hadats, dan kotoran.

Bagi yang masih belum hafal mengenai doa keluar masjid, silahkan simak teks bacaan lafadz doa keluar masjid yang akan ditulis di bawah ini. Dapat pula diajarkan kepada anak-anak yang masih duduk di bangku TK, SD, SMP, atau PAUD.

Doa Keluar Masjid Sesuai Sunnah

doa keluar masjid

Pertama adalah doa keluar masjid yang singkat terlebih dahulu. Doa ini merupakan doa yang palign sering diamalkan karena mudah dihafal dan telah diajarkan sejak kita masih PAUD atau TK. Doa ini merupakan doa meninggalkan masjid yang paling banyak diamalkan.

Makna dari doa ini adalah kita memohon keutamaan dari Allah SWT. Maksudnya ialah kita memohon supaya Allah SWT memberikan beribu-ribu kebaikan dan ridha-Nya kepada kita karena setelah selesai beribadah di masjid.

Berikut adalah teks lafadz tulisan doa keluar masjid dalam bahasa Arab, tulisan latin dan artinya atau terjemahan bahasa Indonesia secara singkat, ringkas, dan pendek sesuai sunnah berdasarkan hadits yang shahih.

اَللهُمَّ اِنِّى اَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ

Allahumma innii as-aluka min fadlika.

Artinya:
"Ya Allah, sesungguhnya aku memohon keutamaan dari-Mu."

Doa Keluar Masjid Lengkap

Selain doa di atas, ada pula doa keluar dan meninggalkan masjid yang lebih lengkap. Dalam doa ini kita memohon kepada Tuhan meminta perlindungan dari-Nya, meminta ampunan atas segala dosa yang pernah kita perbuat, dan memohonkan sholawat kepada Rasul.

Jika kita menilik ke artikel sebelumnya tentang doa masuk masjid, kita akan mengetahui bahwa kalimat doa ini sangat mirip dengan kalimat doa masuk masjid. Memang tidak ada yang salah, karena pada intinya doa ini dimaksudkan untuk meminta perlindungan dan ampunan kepada-Nya.

أعُوْذُ بِاللهِ العَظِيْمِ وَبِوَجْهِهِ الْكَرِيْمِ وَسُلْطَانِهِ الْقَدِيْمِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ. بِسْمِ اللهِ وَالْحَمْدُ لِلهِ. أَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ. اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي ذُنُوْبِي وَافْتَحْ لِي أَبْوَابَ فَضْلِكَ

A‘udzu billahil ‘azhim wa biwajhihil karim wa sulthanihil qadim minas syaithanir rajim. Bismillahi wal hamdulillah. Allahumma shalli wa sallim ‘ala sayyidina muhammadin wa ‘ala ali sayyidina muhammadin. Allahummaghfirli dzunubi waftahli abwaba fadhlik.

Artinya:
"Aku berlindung kepada Allah Yang Maha Besar, kepada Dzat-Nya Yang Maha Mulia, dan kepada kerajaan-Nya Yang Sedia dari setan yang terlontar. Dengan nama Allah dan segala puji bagi Allah. Hai Tuhanku, berilah shalawat dan sejahtera atas Sayyidina Muhammad dan atas keluarga Sayyidina Muhammad. Hai Tuhanku, ampuni untukku segala dosaku. Bukakan lah bagiku segala pintu kemurahan-Mu."

Kesimpulan
Sekian penjelasan tentang doa keluar masjid yang panjang, menurut hadits shahih, bahasa indonesia, doa keluar masjid nabawi, masjidil haram, aqsa, doa pergi dari masjid, doa meninggalkan masjid, doa ketika beranjak dari masjid.

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>