Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Doa Keluar Kamar Mandi Arab Latin dan Artinya

Daftar Isi [Tampil]

Mustafalan.com - Doa keluar kamar mandi sesuai sunnah. Saat hendak mandi, hal pertama yang kita lakukan tentu memasuki kamar mandi dan mengawalinya dengan bacaan doa masuk kamar mandi. Setelah selesai, kita juga danjurkan membaca doa keluar kamar mandi.

doa keluar kamar mandi arab latin dan artinya

Manusia mandi minimal dua kali sehari, yakni pada saat hendak berangkat kerja atau sekolah dan juga ketika pulang ke rumah setelah menjalani rutinitas harian. Kadang bahkan ada yang mandi lebih dari dua kali contohnya seperti ketika akan menghadiri pesta atau menunaikan mandi wajib atau mandi wiladah.

Apapun jenis mandi yang kita lakukan, baik mandi biasa atau mandi dengan alasan khusus, sebagai umat muslim kita diajurkan mengamalkan doa ketika meninggalkan kamar mandi. Dalam beberapa hadits bahkan amalan ini sangat dianjurkan.

Pada kesempatan yang baik ini kami akan menuliskan bacaan doa ketika keluar dari kamar mandi yang ditulis dalam bahasa Arab, latin dan artinya. Doa yang bersumber dari hadits shahih sesuai sunnah yang benar.

Silahkan simak di bawah ini doa keluar kamar mandi yang diajarkan sejak kita masih kecil ketika PAUD, TK, SD, hingga SMP. Doa meninggalkan kamar mandi, toilet, WC, jamban, bathroom, tempat mandi, dan sebagainya.

Doa Keluar Kamar Mandi

doa keluar kamar mandi

Ketika keluar atau meninggalkan kamar mandi, baik kamar mandi yang terdapat di rumah pribadi maupun kamar mandi atau toilet umum, bacalah doa di bawah ini untuk meminta ampunan dan pertolongan agar kita dijauhkan dari kotoran di badan.

Waktu pembacaan doa ini ialah tepat ketika kaki kiri kita pertama kali melangkah menuju area luar kamar mandi. Sedangkan ketika kaki sudah sampai ke tanah, dianjurkan doa keluar dari kamar mandi menurut Islam ini telah selesai dibaca.

Langsung saja tanpa basa basi, berikut adalah teks lafadz bacaan doa keluar kamar mandi dalam bahasa Arab, tulisan latin dan artinya atau terjemahan bahasa Indonesia secara singkat, ringkas, pendek, sesuai sunnah berdasarkan hadits shahih.

غُفْرَانَكَ الْحَمْدُ ِللهِ الَّذِىْ اَذْهَبَ عَنِّى اْلاَذَى وَعَافَانِىْ

Ghufraanaka. Alhamdulillaahil ladzii adzhaba ‘annil adzaa wa’aafaanii.

Artinya:
"Dengan mengharap ampunanMu, segala puji milik Allah yang telah menghilangkan kotoran dari badanku dan yang telah menyejahterakan."

Adab Keluar Kamar Mandi Dalam Islam

Ada beberapa adab yang perlu dipatuhi sebagai seorang muslim atau muslimah ketika meninggalkan kamar mandi menurut agama Islam. Adab, kebiasaan, atau adat saat meninggalkan kamar mandi bagi orang Islam antara lain sebagai berikut:
  • Tidak meninggalkan air kotor di dalam kamar mandi.
  • Mematikan kran air agar tidak mengalir terus.
  • Menempatkan peralatan mandi kembali ke tempat semula.
  • Keluar dari kamar mandi dengan keadaan aurat tertutup.
  • Keluar dari kamar mandi dengan kaki kiri terlebih dahulu.
  • Matikan lampu kamar mandi apabila sudah tidak digunakan.

Kesimpulan
Nah itulah mengenai doa keluar kamar mandi muhammadiyah, nu, nahdatul ulama, yang panjang, lengkap, doa keluar wc latin dan artinya, doa setelah keluar toilet, doa keluar wc bahasa latin, anak, yang shahih, doa keluar jamban, kloset, dan sebagainya.

Posting Komentar untuk "Doa Keluar Kamar Mandi Arab Latin dan Artinya"