Lafadz Niat Mandi Hari Raya Idul Fitri dan Idul Adha

Lafadz Niat Mandi Hari Raya Idul Fitri dan Idul Adha
Konten []
    Mustafalan.com - Niat mandi idul fitri dan idul adha. Sebelum berangkat ke masjid pada hari raya idul fitri maupu idul adha untuk menunaikan sholat ied, kita dianjurkan untuk mandi terlebih dahulu baik laki-laki maupun perempuan.

    niat mandi hari raya idul fitri dan idul adha

    Mandi pada pagi hari di hari raya dilaksanakan untuk membersihkan sekujur tubuh dari hadats dan najis baik besar maupun kecil. Karena kita akan memasuki rumah Allah SWT, sudah sepantasnya kita datang dengan kondisi tubuh yang suci.

    Mandi juga dilakukan untuk berlindung dari segala keburukan dan kejelekan, seperti contohnya jika tidak mandi dan nekat melaksanakan sholat ied, ditakutkan hal tersebut akan mengganggu orang yang sholat di sebelah kita karena bau kecut dan keringat.

    Adapun doa atau lafadz niat mandi sunnah pada hari raya untuk hari raya lebaran dan hari raya qurban sedikit berbeda. Untuk itu, pada kesempatan yang baik ini kita akan sama-sama membahas mengenai bacaan niat mandi idul fitri dan idul adha.

    Silahkan simak artikel di bawah ini untuk mengetahui bacaan dan teks bahasa Arab serta latin dari niat mandi idul fitri serta idul adha, ditulis dalam bahasa Arab, latin dan artinya atau terjemahan bahasa Indonesia.

    Lafadz Niat Mandi Idul Fitri

    niat mandi idul fitri

    Idul fitri jatuh pada tanggal 1 Syawal, merupakan hari kemenangan bagi umat Islam setelah menunaikan ibadah puasa ramadhan selama 30 hari atau satu bulan penuh. Ibadah sholat idul fitri juga disebut dengan sholat lebaran, sholae i'ed, atau sholat hari raya.

    Mengawalinya dengan membersihkan tubuh melalui mandi merupakan sunnah yang sangat dianjurkan. Terlebih karena sholat idul fitri merupakan salah satu ibadah hari raya yang hanya satu tahun sekali dilaksanakan.

    Untuk itu, sangat bagus apabila kita menyiapkan diri dengan sebaik-baiknya sebelum berangkat ke masjid termasuk merawat diri dengan mandi, memotong kuku, memakai wewangian, memangkas rambut dan sebagainya.

    Berikut adalah bacaan lafadz doa niat mandi pada hari raya idul fitri atau lebaran sesuai sunnah, berdasarkan hadits shahih, ditulis dalam bahasa Arab, tulisan latin dan artinya atau terjemahan bahasa Indonesia yang benar.

    نَوَيْتُ الْغُسْلَ لِيَوْمِ عِيْدِ الْفِطْرِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

    Nawaitul ghusla liyaumi ‘iidil fithri sunnatan lillaati ta’aala.

    Artinya:
    “Sengaja saya mandi pada hari Raya Idul Fitri sunnah karena Allah Taala.”

    Lafadz Niat Mandi Idul Adha

    niat mandi idul adha

    Begitu pula dengan mandi pada pagi hari sebelum berangkat ke masjid untuk mengerjakan shoalt idul adha, merupakan sunnah yang sangat dianjurkan dan apabila mengerjakannya, kita akan mendapat limpahan pahala dari Allah SWT.

    Banyak pula keutamaan yang bisa kita peroleh dari mengerjakan mandi ini, salah satunya adalah mengikuti sunnah Rasul, menjaga keharmonisan jamaah sholat idul adha, serta menjaga tubuh karena kebersihan adalah sebagian dari iman.

    Sedangkan untuk niat mandi pada hari raya qurban atau hari raya idul adha tidak jauh berbeda dengan niat mandi pada hari raya idul fitri, bedanya hanya terletak pada nama hari rayanya saja. Untuk lebih jelasnya, silahkan baca teks lafadz doa berikut.

    نَوَي’تُ الغُسلَ لِيَومِ عِي’دِ الاَض’حَى سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

    Nawaitul ghusla liyaumi ‘iidil adhaa sunnatan lillaati ta’aala

    Artinya:
    “Aku berniat mandi pada hari Raya Idul Adha Sunnah karena Allah Ta’ala.”

    Kesimpulan

    Itulah niat mandi hari raya, niat mandi sholat idul fitri, idul adha, mandi sunnah saat lebaran, hari raya qurban, niat mandi sunnah sebelum berangkat menunaikan sholat idul fitri atau idul adha, sholat ied, doa mandi sholat 'id, dan sebagainya.

    Baca:

    1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
    2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
    3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
    4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
    5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
    6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
    7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
    8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>