Niat dan Tata Cara Mandi Hari Jumat Sesuai Sunnah

Niat dan Tata Cara Mandi Hari Jumat Sesuai Sunnah
Konten []
    Mustafalan.com - Niat dan tata cara mandi hari jumat. Sebelum berangkat ke masjid untuk menunaikan sholat jumat, seorang muslim disunnahkan untuk mandi terlebih dahulu agar badan bersih dan tubuh menjadi lebih segar.

    niat mandi hari jumat sesuai sunnah

    Mandi menjelang sholat jumat merupakan amalan yang sangat dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Barang siapa yang melaksanakannya, maka insya Allah sholat jum'atnya akan menjadi semakin sempurna.

    Setelah mandi, seorang pria juga dianjurkan menggunakan pakaian yang baik, yakni pakaian yang bersih dan menutupi seluruh aurat, boleh menggunakan baju koko, baju muslim, hem, kemeja, atau kaos yang sopan alias tidak sobek-sobek.

    Sunnah lain yang dapat dikerjakan untuk menambah pahala di hari jumat adalah memakai parfum atau wewangian, memotong kuku tangan dan kaki serta memotong rambut agar tidak terlalu panjang dan rapi.

    Di sini, kita akan membahas doa niat mandi hari jumat beserta tata caranya yang benar dan sesuai sunnah. Silahkan simak penjelasan secara lengkapnya berikut di bawah ini.

    Niat Mandi Hari Jumat Sesuai Sunnah

    niat mandi hari jumat

    Bacalah niat berikut ini sebelum mandi untuk berangkat menunaikan sholat jumat. Mandi jelang sholat jumat merupakan sunnah yang sangat dianjurkan, bagi siapapun yang mengerjakannya maka ia akan mendapat pahala yang berlimpah.

    Lafadz niat bisa dibaca pada saat sebelum masuk ke kamar mandi, ataupun ketika sudah berada di dalam kamar mandi. Bacalah niat terlebih dahulu sebelum mengguyur air untuk membasahi seluruh anggota tubuh.

    Berikut adalah bacaan doa untuk niat mandi hari jumat sesuai sunnah, berdasarkan hadits yang shahih, niat ditulis dalam bahasa Arab, tulisan latin dan artinya atau terjemahan bahasa Indonesia yang benar.

    نَوَيْتُ الْغُسْلَ لِحُضُوْرِ صَلاَةِ الْجُمْعَةِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَ

    Nawaitul Ghusla Lihudhuuri Sholaatil Jum’ati Sunnatan Lillaahi Ta’aalaa.

    Artinya :
    “Saya niat mandi untuk shalat pada hari jum’at (mandi jum’at) sunnah karena Allah Ta’ala.”

    Tata Cara Mandi Hari Jumat Sesuai Sunnah

    Cara mandi hari jumat berbeda dengan mandi wajib atau mandi wiladah, kita tidak perlu membersihkan area kemaluan, dan cukup langsung membasuh seluruh tubuh menggunakan air yang besih setelah membaca niat.

    Basuh tubuh dengan air mulai bagian atas hingga bagian bawah, pastikan seluruh bagian tubuh telah tersiram air, termasuk ketiak, bagian dalam telinga, dahi, rambut, dan seluruh bagian tubuh lainnya. Setelah itu, gunakan sabun untuk membersihkan kuman yang menempel pada tubuh.

    Ratakan sabun ke seluruh anggota tubuh, kemudian bilas menggunakan air bersih. Ulangi setidaknya tiga kali agat tubuh benar-benar bersih dan wangi. Setelah itu, keringkan menggunakan handuk, termasuk bagian rambut jangan sampai basah.

    Setelah mandi, pilihlah pakaian yang rapi, karena kita akan beribadah, maka sebaiknya gunakan baju muslim, hem, kemeja, kaos berkerah, atau kaos polo yang tidak kusut, gunakan pakaian yang menutupi seluruh aurat pria.

    Jangan lupa pakai parfum atau wewangian secukupnya, jangan terlalu banyak agar baunya tidak semerbak. Kemudian berangkatlah ke masjid dengan cara berjalan kaki karena Rasul menyunnahkan kita untuk tidak memakai kendaraan saat menuju masjid atau mushola.

    Kesimpulan

    Itulah niat mandi hari jumat, mandi menjelang, sebelum, ketika akan berangkat sholat jumat, mandi sholat jumat, niat mandi sunnah sebelum berangkat jumatan, niat dan tata cara mandi sunnah sebelum berangkat sholat jumat.

    Baca :

    1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
    2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
    3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
    4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
    5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
    6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
    7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
    8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>