Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Jenis-jenis Komunikasi Daring, Kekurangan dan Kelebihannya

Daftar Isi [Tampil]

Mustafalan.com - Jenis komunikasi daring. Kemajuan teknologi komunikasi kini semakin dapat dirasakan seluruh kalangan masyarakat. Komunikasi antar pulau bahkan negara pun kini sudah tidak menjadi masalah lagi.

jenis jenis komunikasi daring

Anda tidak perlu membuang waktu menunggu tukang pos, atau mengeluarkan biaya yang lebih untuk sekedar ingin bertatap muka. Di zaman serba digital, kini interaksi dapat dilakukan dengan komunikasi daring. 

Komunikasi daring dibedakan menjadi dua, yaitu komunikasi daring sinkron (bersamaan) dan komunikasi daring asinkron (tidak bersamaan). Sebelum membahas jenis-jenis komunikasi daring, apakah Anda tahu apa itu komunikasi daring?

Apa Itu Komunikasi Daring?

Komunikasi daring adalah komunikasi yang mana penerimaan serta penyampaian data atau informasi dilakukan melalui jaringan internet. Komunikasi yang dilakukan di dunia maya disebut cyberspace atau komunikasi dunia maya.

Perkembangan komunikasi daring pertama kali terjadi pada tahun 1960-an, yakni saat ilmuwan asal Amerika yang berhasil mengembangkan protokol yang memungkinkan menerima dan mengirim pesan atau informasi melalui komputer (Lyon & Hafner, 1996). Protokol yang berhasil dikembangkan tersebut bernama ARPANET, yang dirilis pada tahun 1969, yang kemudian terus berkembang hingga menjadi internet.

Kata internet merupakan kepanjangan dari interconnected networks yang selanjutnya disingkat menjadi internetwork atau internet, yang kini digunakan oleh 200 jutaan orang di seluruh penjuru dunia. 

Latar belakang komunikasi daring bagi pembelajaran di dunia pendidikan, pertama kali dikemukakan pada tahun 1980-an, sesudah penyebaran dan pengembangan PC (personal computer) atau komputer pribadi. Kemudian pada pertengahan tahun 1990-an muncullah world wide website atau blog (www).

Komunikasi daring saat ini lebih dikenal dengan istilah komunikasi virtual, yaitu cara komunikasi dengan penerimaan serta penyampaian pesan menggunakan jaringan internet atau dunia maya (cyberspace). 

Jenis-jenis Komunikasi Daring

Komunikasi daring atau virtual memiliki 2 jenis komunikasi dalam jaringan, yaitu komunikasi dalam jaringan sinkron dan asinkron. Lantas apa sebenarnya maksud dari kedua jenis komunikasi daring tersebut? simak informasinya di bawah ini:

1. Komunikasi Daring Sinkron (Bersamaan)

Komunikasi daring (dalam jaringan) sinkron merupakan jenis komunikasi yang dilakukan secara virtual menggunakan perangkat secara real-time atau bersamaan. Komunikasi sinkron yakni ketika Anda melihat informasi tersebut, maka saat itulah informasi sedang dibuat. Contoh komunikasi daring sinkron, seperti:

- Video Chat
Adalah teknologi guna melakukan interaksi video serta audio secara nyata atu real-time dalam waktu yang bersamaan antara pengguna satu dengan yang lain di lokasi atau tempat yang berbeda.
Video chat biasa dikenal dengan video call, jenis komunikasi ini dapat dilakukan secara point to point contohnya Skype atau komunikasi multipoint contohnya Google+ Hangouts.

- Teks Chat
Adalah suatu layanan atau fitur, aplikasi dalam jaringan internet guna bersosialisasi dan berkomunikasi secara langsung dengan pengguna yang sedang online saat itu juga secara bersamaan.

2. Komunikasi Daring Asinkron (Tidak Bersamaan)

Komunikasi virtual asinkron merupakan komunikasi dengan perangkat komputer ataupun perangkat lain yang dilakukan secara tunda. Contoh dari komunikasi daring asinkron seperti email, forum, rekaman simulasi visual dan membaca serta menulis file daring melalui www.

Kelebihan dan Kekurangan Komunikasi Daring

Komunikasi daring adalah komunikasi yang bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja selama terdapat perangkat yang memadai dan adanya jaringan internet. Sebagai sistem komunikasi yang modern di era digital, komunikasi daring memiliki kelebihan seperti:
  • Efisiensi Waktu, Komunikasi secara virtual dapat dilakukan secara cepat tanpa membuang waktu.
  • Efisiensi Biaya, Tidak membutuhkan biaya yang lebih untuk sekedar bertatap muka seperti halnya komunikasi konvensional. Komunikasi virtual dapat melakukan tatap muka dengan video chat misalnya.
  • Meningkatkan Intensitas Berkomunikasi, Komunikasi daring memberikan kemungkinan bagi yang pasif di dunia nyata menjadi aktif dan dapat berkomunikasi dengan baik di dunia maya.
  • Terintegrasi Dengan Layanan TIK Lainnya, Di samping melakukan komunikasi melalui jaringan internet, Anda dapat menggunakan fitur penyimpanan dokumen pada hosting seperti dokumen, presentasi file dan berbagai layar.
  • Meningkatkan Partisipasi, Karena kemudahan serta terbukanya jalur untuk berkomunikasi, maka mendorong semakin banyak pengguna untuk turut berdiskusi (berpartisipasi).

Terlepas dari sederet kelebihan yang dimiliki, komunikasi daring juga mempunyai beberapa sisi kekurangan, yaitu:
  • Tidak mewakili emosi pengguna secara menyeluruh. Karena hanya dilakukan secara virtual, maka lawan komunikasi tidak dapat melihat raut muka, gerakan tubuh dan intonasi berbicara dari penyampai pesan, sehingga salah paham kadang dapat terjadi.
  • Menyita konsentrasi. Komunikasi daring yang sangat mudah dilakukan, terkadang membuat orang lupa waktu dan lupa tempat. Sehingga dapat menunda pekerjaan penting dan bahkan dapat membahayakan keselamatan diri sendiri dan orang lain.
  • Memerlukan perangkat khusus. Dalam melakukan komunikasi daring, Anda akan membutuhkan hardware dan juga software yang memadai.
  • Terlalu banyak informasi yang kurang penting. Karena kemudahan dan kebebasan dalam mengakses informasi, maka menyebabkan informasi yang diterima terlalu banyak dan justru membuat bingung pengguna.

10 Jenis Komunikasi Daring Lainnya

Untuk jenis komunikasi daring atau komunikasi virtual yang lebih spesifik dan sering diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, komunikasi dalam jaringan memiliki beberapa jenis komunikasi. Antara lain:

1. Komunikasi Sinkron Call

Untuk dapat berkomunikasi sinkron call, Anda dapat menggunakan software atau perangkat tambahan yang diunduh dan dipasang pada smartphone. Komunikasi sinkron call tidak membutuhkan pulsa seluler, melainkan kuota internet sehingga pastikan terlebih dahulu Anda telah terhubung dengan jaringan internet sebelum melakukan panggilan langsung.

2. Komunikasi Sinkron Chat

Komunikasi sinkron chat adalah jenis komunikasi yang paling umum digunakan oleh masyarakat milenial masa kini. Jika pada zaman dahulu menggunakan SMS dengan pulsa seluler, maka kini sinkron chat dilakukan melalui aplikasi atau platform tertentu. Seperti WhatsApp, Telegram, Line, Facebook Messenger dan lain sebagainya.

3. Komunikasi Sinkron Video Call

Jenis komunikasi ini lebih dikenal dengan istilah video call. Tidak hanya dapat mendengar suara lawan bicara (audio) namun Anda juga dapat melihat wajah lawan bicara, begitu juga sebaliknya, lawan bicara dapat melihat wajah Anda.

4. Komunikasi Asinkron Chat

Komunikasi asinkron chat memungkinkan Anda untuk berkomunikasi dengan mengirimkan pesan melalui platform yang tersedia. Namun jenis komunikasi yang terjadi adalah komunikasi tunda atau tidak real-time. Seperti email.

5. Komunikasi Asinkron Video

Berbeda dengan video call yang dilakukan secara real-time, asinkron video hanya memungkinkan Anda untuk berbagi file video dengan pengguna lain.

6. Komunikasi Formal

Adalah komunikasi yang dilakukan secara resmi dan informasi yang disampaikan bersifat penting. Seperti video conference, komunikasi rapat maupun surat perintah.

7. Komunikasi Informal

Komunikasi dengan tujuan menjaga hubungan sosial dan informasi yang ditukarkan bersifat tidak terencana.

8. Komunikasi Non Formal

Komunikasi yang bersifat lebih personal atau pribadi.

9. Komunikasi Kelompok

Dilakukan oleh lebih dari satu orang, biasanya berupa komunitas atau kelompok.

10. Komunikasi Jaringan Kerja

Komunikasi dalam jaringan yang bersifat pribadi dan berkaitan dengan kepentingan pekerjaan.

Kesimpulan
Komunikasi virtual adalah komunikasi yang dilakukan secara virtual antar pengguna satu dengan yang lainnya dan memanfaatkan jaringan internet. Komunikasi dalam jaringan atau komunikasi daring dibedakan menjadi dua, yaitu komunikasi dari sinkron dan asinkron.

Baca: