Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

7 Hadits Tentang Menjaga Perasaan Wanita

Daftar Isi [Tampil]

Mustafalan.com - Hadits tentang perasaan wanita. Ada pepatah mengatakan hati dan pikiran wanita itu sulit dipahami oleh seorang pria. Hal tersebut memang benar adanya, terlebih bagi wanita yang kerap menutupi segala permasalahan hidupnya.

hadits tentang menjaga perasaan wanita

Ketika seorang wanita tidak jujur terhadap pasangannya, dan memendam perasaannya sendiri, ia hanya akan menderita sampai waktu yang tidak ditentukan. Sementara dari sisi laki-laki, mereka hanya akan menerima imbasnya dengan disalahkan dan tak mengetahui apa-apa.

Namun itulah wanita, makhluk yang istimewa. Sebagai makhluk ciptaan Allah SWT yang lebih kuat, lelaki diminta untuk menjaga perasaan wanita, jangan sampai membuat wanita bersedih atau bahkan menitikkan air mata.

Hal tersebut telah dibahas jelas di dalam hadits shahih tentang perasaan wanita. Bagi yang belum mengetahui tentang hadits tersebut, Anda bisa langsung menyimak ulasannya pada pembahasan di bawah berikut ini.

Kumpulan Hadits Tentang Perasaan Wanita

Tanpa banyak basa basi kembali, langsung saja silahkan simak ulasan legkap mengenai kumpulan daftar hadits tentang perasaan wanita, simak ulasan lengkapnya dalam bacaan lafadz bahasa Arab, latin, dan terjemahan Indonesia berikut.

1. Berbakti kepada Ibu

“Datanglah seorang laki-laki kepada Rasulullah saw.. Laki-laki itu bernama Jahimah. Lalu laki-laki itu bertanya, “Wahai Rasulullah, aku ingin berperang, aku ingin meminta pendapatmu.”

Rasulullah pun bertanya kepadanya, “Apakah engkau punya ibu?” Laki-laki itu menjawab, “Iya.” Kemudian Rasulullah memberinya arahan, “Tetaplah bersama ibumu, karena surga ada di bawah kedua kakinya.” (HR. Imam Baihaqi)

2. Sayangi Istri

“Paling baiknya kalian adalah yang paling baik kepada keluarganya. Dan aku paling baik untuk keluargaku. Tidak memuliakan perempuan kecuali laki-laki yang mulia. Tidak menghinakan perempuan kecuali laki-laki hina.” (HR. Imam Hakim)

3. Berani Mencintai Kelebihan dan Kekurangannya

“Orang laki-laki mu’min tidak boleh benci pada perempuan mu’min. (Sebab) jika dia membenci suatu budi pekerti darinya, dia (pasti) menyukai budi pekerti yang lain.” (HR. Imam Muslim)

4. Anak Perempuan Penyejuk Jiwa

“Janganlah engkau membenci anak perempuan. Karena sesungguhnya mereka adalah sumber bahagia yang mahal harganya.” (Imam Ahmad bin Hambal)

5. Merawat Anak Perempuan

“Barang siapa yang menanggung nafkah tiga anak perempuan, lalu dia mendidik mereka, menikahkan mereka, dan baik kepada mereka, maka dia akan mendapatkan surga.” (HR. Imam Ahmad bin Hambal)

6. Berbakti kepada Saudari Perempuan

“Tidak seorang pun dari umatku yang menanggung nafkah tiga anak perempuan atau tiga suadari perempuan, lalu dia memperlakukannya dengan baik kecuali mereka akan menjadi tameng baginya dari api neraka.” (HR. Imam Suyuthi)

Kesimpulan
Demikian ulasan singkat mengenai daftar hadits nabi tentang perasaan wanita, hadits tentang keistimewaan wanita, hadits tentang wanita kuat, hadits tentang mempermainkan wanita, hadits tentang memuliakan wanita, hadits tentang kecantikan wanita, 1 tetes air mata perempuan sama dengan, karma menyakiti hati wanita, balasan mempermainkan perasaan wanita.

Baca: