Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

5 Hadits Tentang Kriteria Memilih Calon Istri

Daftar Isi [Tampil]

Mustafalan.com - Hadits tentang memilih calon istri. Mendapatkan jodoh adalah impian banyak pria lajang di dunia ini. Namun sepertinya hal tersebut tak semudah yang dibayangkan. Pasalnya, dalam Islam kita tidak hanya bisa mengikuti cinta saja.

hadits tentang memilih calon istri

Ada banyak aspek dan pertimbangan yang harus diketahui ketika memilih calon istri. Mulai dari istri harus sholehah dan beragama Islam, subur, dan tentunya masih lajang. Ketentuan ini merupakan mutlak dan harus dipenuhi oleh setiap lelaki.

Insyaallah dengan mencari calon istri yang demikian, kehidupan rumah tangga kita bisa berjalan harmonis. Insyaallah kita juga akan terhindar dari pertengkaran, pertikaian, dan hal-hal buruk yang menyebabkan perpecahan dalam rumah tangga.

Nah bagi yang belum mengertahui mengenai hadits tentang memilih calon istri, Anda bisa menyimak ulasan lengkapnya pada daftar hadits dan dalil shahih tentang memilih calon istri di bawah berikut ini. Silahkan disimak.

Kumpulan Hadits Tentang Memilih Calon Istri

Langsung saja tanpa banyak basa basi kembali, berikut adalah kumpulan daftar hadits dan dalil shahih dari Nabi Muhammad SAW tentang cara memilih calon istri sebagai pasangan hidup yang baik, dalam bahasa Arab, latin, dan terjemahannya.

1. Cari yang Soleh dan Solehah

الدُّنْيَا مَتَاعٌ وَخَيْرُ مَتَاعِ الدُّنْيَاالْمَرْأَةُ الصَّالِحَة

"Dunia adalah hiasan, dan sebaik-baik hiasan dunia adalah wanita Sholehah." (H.R Muslim)

2. Cari yang Subur

تزوجوا الودود الولود فاني مكاثر بكم الأمم

Artinya:
"Nikahilah wanita yang penyayang dan subur. Karena aku berbangga dengan banyaknya umatku." (HR Abu Dawud).

3. Cari yang Lajang

مَنْ أَرَادَ أَنْ يَلْقَى اللَّهَ طَاهِرًا مُطَهَّرًا فَلْيَتَزَوَّجْ الْحَرَائِرَ

"Barang siapa yang mau menghendaki Allah dalam keadaan suci dan disucikan, maka hendaklah dia mengawini wanita merdeka." (HR. Ibnu Majah).

أَنْ يَبِيعَ بَعْضُكُمْ عَلَى بَيْعِ بَعْضٍ وَلَا يَخْطُبَ الرَّجُلُ عَلَى خِطْبَةِ أَخِيهِ حَتَّى يَتْرُكَ الْخَاطِبُ قَبْلَهُ أَوْ يَأْذَنَ لَهُ الْخَاطِبُ

Artinya:
"Sesama mukmin adalah bersaudara, maka baginya tidak halal menawar barang yang telah ditawar (dibeli) oleh saudaranya dan tidak halal meminang perempuan yang telah dipinang oleh saudaranya, kecuali bila saudaranya telah membatalkan pinangan." (HR Bukhari dan Muslim)

4. Cari yang Beragama Islam

وَلَا تَنْكِحُوا الْمُشْرِكٰتِ حَتّٰى يُؤْمِنَّ ۗ وَلَاَمَةٌ مُّؤْمِنَةٌ خَيْرٌ مِّنْ مُّشْرِكَةٍ وَّلَوْ اَعْجَبَتْكُمْ ۚ وَلَا تُنْكِحُوا الْمُشْرِكِيْنَ حَتّٰى يُؤْمِنُوْا ۗ وَلَعَبْدٌ مُّؤْمِنٌ خَيْرٌ مِّنْ مُّشْرِكٍ وَّلَوْ اَعْجَبَكُمْ ۗ اُولٰۤىِٕكَ يَدْعُوْنَ اِلَى النَّارِ ۖ وَاللّٰهُ يَدْعُوْٓا اِلَى الْجَنَّةِ وَالْمَغْفِرَةِ بِاِذْنِهٖۚ وَيُبَيِّنُ اٰيٰتِهٖ لِلنَّاسِ لَعَلَّهُمْ يَتَذَكَّرُوْنَ ࣖ - ٢٢١

"Dan janganlah kamu nikahi perempuan musyrik, sebelum mereka beriman. Sungguh, hamba sahaya perempuan yang beriman lebih baik daripada perempuan musyrik meskipun dia menarik hatimu. Dan janganlah kamu nikahkan orang (laki-laki) musyrik (dengan perempuan yang beriman) sebelum mereka beriman. Sungguh, hamba sahaya laki-laki yang beriman lebih baik daripada laki-laki musyrik meskipun dia menarik hatimu. Mereka mengajak ke neraka, sedangkan Allah mengajak ke surga dan ampunan dengan izin-Nya. (Allah) menerangkan ayat-ayat-Nya kepada manusia agar mereka mengambil pelajaran." (QS Al Baqarah ayat 221).

Kesimpulan
Demikian ulasan singkat mengenai daftar hadits nabi tentang memilih calon istri, hadits memilih pasangan, hadits tentang memilih calon suami, 4 ciri memilih pasangan dalam islam, 4 perkara memilih calon istri, wanita dinikahi karena 4 hal hadits, ayat alquran tentang memilih istri, memilih calon istri menurut islam, cara memilih istri.

Baca:

Posting Komentar untuk "5 Hadits Tentang Kriteria Memilih Calon Istri"