Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

7 Hadits Tentang Pendidikan dan Menuntut Ilmu

Daftar Isi [Tampil]

Mustafalan.com - Hadits tentang pendidikan. Di kesempatan sebelumnya kami telah menjelaskan mengenai hadits tentang pendidikan anak. Bahwa pendidikan untuk anak itu benar-benar penting, ibarat menjadi bekalnya di masa depan.

hadits tentang pendidikan

Namun tidak hanya anak-anak yang wajib mendapat pendidikan, usia remaja, dewasa, hingga tua pun perlu mendapat pendidikan sesuai porsinya masing-masing. Entah pendidikan untuk urusan dunia, maupun pendidikan dalam menghadapi akhirat kelak.

Kewajiban belajar manusia tidak berhenti setelah ia lulus sekolah atau kuliah saja, belajar perlu dilakukan sampai kapan pun dan di mana pun. Hal tersebut, juga telah dijelaskan secara gamblang dalam hadits dan dalil shahih Nabi Muhammad SAW.

Di sini, kami akan memberikan daftar hadits dan dalil shahih tentang pendidikan tersebut, Anda bisa langsung menyimak ulasannya pada pembahasan lengkap di bawah berikut ini. Silahkan simak pembahasan selengkapnya berikut.

Kumpulan Hadits Tentang Pendidikan

Tanpa banyak basa basi kembali, langsung saja silahkan simak ulasan lengkap mengenai daftar hadits dan dalil shahih tentang pendidikan, pentingnya belajar dan menuntut ilu dalam agama Islam, ditulis menggunakan bahasa Arab, latin, dan artinya.

1. Keutamaan Belajar

مَنْ أَرَادَ الدُّنْيَا فَعَلَيْهِ بِاْلعِلْمِ، وَمَنْ أَرَادَ الآخِرَهَ فَعَلَيْهِ بِالْعِلْمِ، وَمَنْ أَرَادَهُمَا فَعَلَيْهِ باِلعِلْمِ

Artinya: "Barangsiapa yang hendak menginginkan dunia, maka hendaklah ia menguasai ilmu. Barangsiapa menginginkan akhirat, hendaklah ia menguasai ilmu. Dan barang siapa yang menginginkan keduanya (dunia dan akhirat), hendaklah ia menguasai ilmu." (HR. Ahmad)

2. Perintah Mendidik dengan Santun

كُوْنـُـوْا رَبَّانِيِّـْينَ حُلَمَاءَ فُقَهَاءَ عُلَمَاءَ وَيُقَالُ اَلرَّبَّانِيُّ الَّذِى يُــرَبِــّى النَّاسَ بِصِغَارِ اْلعِلْمِ قَبْلَ كِبَارِهِ

Artinya: "Jadilah pendidik yang penyantun, ahli fikih, dan ulama. Disebut pendidik apabila seseorang mendidik manudia dengan memberikan ilmu sedikit-sedikit yang lama-lama menjadi banyak." (HR. Bukhari)

3. Kewajiban Menuntut Ilmu

طَلَبُ الْعِلْمِ فَرِيضَةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ

Artinya: "Menuntut ilmu adalah kewajiban bagi setiap muslim." (HR. Ibnu Majah)

4. Keutamaan Mencari Ilmu

مَنْ سَلَكَ طَرِيْقًا يَلْتَمِسُ فِيْهِ عِلْمًا سَهَّلَ اللهُ بِهِ طَرِيْقًا إِلَى الْجَنَّةِ

Aetinya: "Barangsiapa yang menempuh suatu jalan untuk menuntut ilmu, maka Allah Swt akan memudahkan baginya jalan menuju surga.” (HR. Muslim).

5. Mahalnya Ilmu

إِنَّ الْأَنْبِيَاءَ لَمْ يُوَرِّثُوا دِينَارًا وَلَا دِرْهَمًا إِنَّمَا وَرَّثُوا الْعِلْمَ فَمَنْ أَخَذَ بِهِ أَخَذَ بِحَظٍّ وَافِرٍ

Artinya: “Sesungguhnya para Nabi tidak mewariskan dinar dan dirham, sesungguhnya mereka hanyalah mewariskan ilmu, maka barangsiapa yang telah mengambilnya, maka ia telah mengambil bagian yang banyak.” (HR. Abu Dawud dan At-Tirmidzi).

6. Tingginya Nilai Ilmu

مَا نَحَلَ وَالِدٌ وَلَدًا مِنْ نَحْلٍ أَفْضَلَ مِنْ أَدَبٍ حَسَنٍ

Artinya: "Tiada suatu pemberian yang lebih utama dari orang tua kepada anaknya selain pendidikan yang baik. (HR. Al-Hakim)

7. Perintah Belajar untuk Ketenangan Jiwa

تَعَلّمُواالعِلْمَ وَتَعَلّمُوْا لِلْعِلْمِ السّكِيْنَةَ وَالْوَقَا رَ وَتَوَاضَعُوْا لِمَنْ تَتَعَلّمُوانَ مِنْهُ

Artinya: "Belajarlah kalian ilmu untuk ketenteraman dan ketenangan, serta rendah hatilah pada orang yang kamu belajar darinya."  (HR. Ath-Thabrani).

Kesimpulan
Sekian pembahasan singkat mengenai hadits tentang pendidikan, hadits tentang pendidikan anak usia dini, hadits tentang pendidikan matematika, hadits tentang menuntut ilmu, kumpulan hadits tentang pendidikan anak, hadits tentang pendidikan akhlak, hadits tentang ilmu pengetahuan, makalah hadits tentang pendidikan, hadits tentang pendidikan keluarga.

Baca: