Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

3 Hadits Tentang Kontrol Diri Beserta Artinya

Daftar Isi [Tampil]

Mustafalan.com - Hadits tentang kontrol diri. Emosi kadang meluap diakibatkan bukan karena perbuatan orang lain, melainkan karena kita tidak bisa mengontrol diri akibat dibisikkan oleh syaitan. Ya benar, kunci dari luapan emosi sebenarnya ada dalam diri kita.

hadits tentang kontrol diri

Seperti kita ketahui, musuh utama manusia adalah syaitan. Mereka sangat suka membisikkan perintah kepada manusia untuk melakukan tindakan buruk. Syaitan pasti akan berusaha sekuat tenaga untuk menjerumuskan kita kepada kejahatan.

Namun jika bisa bersikap sabar, bisa mengontrol emosi dan diri, kita tentu bisa menghambat hal-hal buruk yang mungkin terjadi. Hal ini juga telah kami sedikit sampaikan pada pembahasan yang lalu, yaitu hadits tentang keutamaan orang sabar.

Di sini, kami juga akan membagikan daftar kumpulan hadits shahih tentang kontrol diri. Anda bisa menyimak selengkapnya pada pembahasan di bawah sekaligus menjadikannya seagai pelajaran di kala waktu senggang.

Daftar Hadits Tentang Kontrol Diri

Langsung saja, silahkan simak kumpulan daftar hadits dan dalil shahih tentang kontrol diri dalam bahasa Arab, latin, dan terjemahan Indonesia sesuai sunnah. Simak ulasan lengkapnya pada pembahasan di bawah berikut ini.

1. Mengontrol Diri

لَا يَمُوتَنَّ أَحَدُكُمْ إِلَّا وَهُوَ يُحْسِنُ الظَّنَّ بِاللَّهِ عَزَّ وَجَلَّ

Artinya : "Janganlah salah satu diantara kalian mati, kecuali berprasangka baik terhadap Allah." (Muslim)

2. Diam Saat Marah

إِذَا غَضِبَ أَحَدُكُمْ فَلْيَسْكُتْ

Artinya : “Jika kalian marah, diamlah.” (HR. Ahmad dan Syuaib Al-Arnauth menilai Hasan lighairih).

3. Orang yang Kuat

قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : لَيْسَ الشَّدِيدُ بِالصُّرَعَةِ ، إِنَّمَا الشَّدِيدُ الَّذِى يَمْلِكُ نَفْسَهُ عِنْدَ الْغَضَبِ

Artinya: “Rasulullah SAW bersabda : Bukanlah orang kuat itu yang (biasa menang) saat bertarung atau bergulat, tetapi orang kuat itu adalah yang (mampu) mengendalikan nafsunya ketika marah“ (HR. Bukhari, Muslim, Ahmad).

Kesimpulan
Sekian pembahasan lengkap mengenai daftar hadits tentang kontrol diri, hadits tentang kontrol diri (mujahadah an-nafs), hadits tentang husnudzon, hadits tentang persaudaraan, hadits tentang ukhuwah, hadits tentang pengendalian diri latin, hadits tentang prasangka baik latin, ayat tentang pengendalian diri, jelaskan perilaku hubungan keimanan dengan kontrol diri.

Baca: