6 Hadits Tentang Gempa Bumi Tanda Kiamat

Mustafalan – Hadits tentang gempa bumi. Indonesia merupakan negara yang terletak di antara dua benua dan dua samudera. Hal ini mengakibatkan Indonesia menjadi pusat pergeseran lempeng bumi yang menyebabkan gempa bumi.

Coba perhatikan, dibanding negara lain, Indonesia memiliki lebih banyak kasus gempa bumi aktif. Baik gempa bumi tektonik maupun gempa bumi vulkanik yang diakibatkan letusan gunung api. Dalam Islam, ini disebut bala bencana yang datangnya dari Allah SWT.

Tentu saja sebagai umat Islam kita harus mengetahui apa yang menyebabkan gempa bumi terjadi di Indonesia. Salah satunya, mungkin karena kita telah kerap lalai akan perintah-Nya dan mendekati larangan-Nya.

Ada banyak hadits dan dalil shahih yang menjelaskan tentang petunjuk dari gempa bumi. Selengkapnya Anda bisa menyaksikan kumpulan daftar hadits dan dalil shahih tentang gempa bumi yang akan kami bahas di bawah berikut ini.

Kumpulan Hadits Tentang Gempa Bumi

Tanpa banyak basa basi lagi, langsung saja silahkan simak kumpulan daftar hadits dan dalil shahih tentang gempa bumi. Simak ulasannya secara lengkap berikut ini dalam bahasa Arab, latin, dan terjemahan Indonesia.

1. Pertanda Kiamat

اَ تَقُومُ السَّاعَةُ حَتَّى تَكْثُرَ الزَّلاَزِلُ

‘Tidak akan tiba hari Kiamat hingga banyak terjadi gempa bumi.” (HR. Bukhari)

كُنَّا جُلُوسًا عِنْدَ رَسُولِ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ. (وَذَكَرَ الْحَدِيْثَ وَفِيْهِ) وَبَيْنَ يَدَيِ السَّاعَةِ مُوتَانٌ شَدِيدٌ وَبَعْدَهُ سَنَوَاتُ الزَّلاَزِلِ

“Kami pernah duduk-duduk bersama Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam… (lalu beliau menuturkan haditsnya) dan sebelum Kiamat ada dua kematian yang sangat dahsyat, dan setelahnya terjadi tahun-tahun yang dipenuhi dengan gempa bumi.” (HR. Ibnu Majah, shahih)

2. Gempa Terus-menerus

قد وقع في كثير من البلاد الشمالية والشرقية والغربية كثير من الزلازل، ولكن الذي يظهر أن المراد بكثرتها: شمولها، ودوامها

“Sungguh gempa banyak terjadi pada negara-negara di utara, timur dan barat, namun yang nampak dari maksudnya lafadz ‘banyak’ adalah mencakup keseluruhan dan terjadi terus-menerus.” (Fahul Bari 31/93-94)

بَيْنَ يَدَيِ السَّاعَةِ مَسْخٌ وَخَسْفٌ وَقَذْفٌ

“Menjelang tibanya hari Kiamat akan ada (orang-orang) yang dirubah bentuknya, ditenggelamkan ke dalam bumi, dan dilempari batu.” (HR. Ibnu Majah, shahih)

3. Gempa Tiada Henti

وَضَعَ رَسُـوْلُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَدَيْ عَلَى رَأْسِي -أَوْ عَلىَ هَامَتِي- فَقَالَ: يَا ابْـنَ حَوَالَةَ! إِذَا رَأَيْتَ الْخِلاَفَةَ قَدْ نَزَلَتِ الأَرْضَ الْمُقَدَّسَةَ، فَقَدْ دَنَتِ الزَّلاَزِلُ وَالْبَلاَيَـا وَاْلأُمُورُ الْعِظَامُ، وَالسَّاعَةُ يَوْمَئِذٍ أَقْرَبُ إِلَى النَّاسِ مِنْ يَدَيَّ هَذِهِ مِنْ رَأْسِكَ

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam meletakkan kedua tangannya di atas kepalaku, lalu beliau berkata, ‘Wahai Ibnu Hawalah! Jika engkau melihat kekhilafahan telah turun di atas bumi-bumi yang disucikan, maka telah dekatlah gempa, bencana dan masalah-masalah besar, dan hari Kiamat saat itu lebih dekat kepada manusia daripada dekatnya kedua tanganku ini dari kepalamu.’” (HR. Ahmad, shahih)

يا أيها الناس ! إن ربكم يستعتبكم فأعتبوه

“Wahai manusia, sesungguhnya Allah menginginkan kalian untuk kembali, maka kembalilah pada-Nya.” (Tafsir At-Thabari 17/478)

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai hadits tentang gempa bumi, ayat al-qur’an tentang gempa bumi, hadits tentang bencana alam, kiamat sugra, gempa bumi adalah.

Baca:

Tinggalkan komentar