Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

3 Hadits dan Dalil Tentang Amal Jariyah

Daftar Isi [Tampil]

Mustafalan.com - Hadist tentang amal jariyah. Amal jariyah merupakan perbuatan baik yang mendatangkan pahala bagi yang melakukannya. Meski ia telah berada di dalam akhirat, pahala dari amal perbuatan tersebut terus mengalir kepadanya.

hadist tentang amal jariyah

Pahala tersebut akan terus mengalir selama orang yang hidup mengikuti atau memanfaatkan hasil amal perbuatannya ketika di dunia. Di sinilah kelebihan dari amal jariyah dari amal-amal yang lain yang hanya diberi balasan sekali dalam satu perbuatan.

Sama halnya dengan sedekah jariyah, ini merupakan harta yang diwakafkan. Dalam hukum Islam, wakaf diartikan sebagai panahanan terhadap suatu harta yang tidak dijual, tidak dihibahkan, dan tidak diwariskan.

Agar lebih jelas mengenai amal jariyah, alangkah baiknya kita belajar dari hadist-hadist shahih atau dalil yang diriwayatkan oleh Sahabat Nabi dan para tokoh muslim terkenal dunia. Di sini, kami akan menjelaskan lebih lengkap untuk Anda.

Daftar Hadist Tentang Amal Jariyah

Tanpa banyak basa basi kembali, langsung saja silahkan simak pembahasan lengkap mengenai daftar kumpulan hadist dan dalil yang shahih tentang amal jariyah. Simak pembahasannya dalam bahasa Arab, latin, dan terjemahan Indonesia.

1. Sedekah Jariyah

إِذَا مَاتَ الْإِنْسَانُ انْقَطَعَ عَمَلُهُ إِلَّا مِنْ ثَلَاثَةٍ مِنْ صَدَقَةٍ جَارِيَةٍ وَعِلْمٍ يُنْتَفَعُ بِهِ وَوَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُو لَهُ

Artinya:
“Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara (yaitu): sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau do’a anak yang sholeh” (HR. Muslim no. 1631)

2. Ilmu yang Bermanfaat

"Barangsiapa membaca al-qur'an dan mengamalkannya maka kedua orang tuanya pada hari kiamat akan dipakaikan mahkota yang cahayanya lebih bagus daripada cahaya matahari menembus rumah-rumah di dunia." (HR. Abu Dawud dan al-Hakim dari Mu'adz bin Jabal. Shahih. Al- Matjarur-Rabih hlm. 524 nomor 1084).

3. Doa Anak Sholeh

Dari Abdullah bin Umar RA, Rasulullah SAW bersabda: "Keridhaan Allah bergantung kepada keridhaan kedua orangtua dan murka Allah juga bergantung kepada murka kedua orang tua." (HR At-Tirmidzi (no. 1900)).

Kesimpulan
Sekian dulu pembahasan mengenai hadist tentang amal jariyah, hadits 3 perkara yang ditinggalkan selepas mati, amal jariyah adalah, 3 amal jariyah, sedekah jariyah adalah, sebutkan 3 perkara apabila manusia sudah meninggal dunia, apa itu amal jariyah, dosa jariyah, hadist tentang sedekah.

Baca: